Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings merupakan salah satu film Fase 4 Marvel Cinematic Universe yang memberikan warna baru dengan makhluk-makhluk mitologi di filmnya. Sebagai film pahlawan super Asia pertama di MCU, film ini banyak memperlihatkan nuansa Asia khususnya mitologi Tiongkok, seperti Foo Dogs atau Foo Lions yaitu singa penjaga dalam mitologi Tiongkok yang terlihat di trailer pertamanya. Selain Foo Lions, ada juga naga yang terlihat di dalam air, yang penampilannnya terlihat di trailer pertamanya. Selain itu, ada juga naga putih yang terlihat jelas di poster terbaru film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings.

Jika melihat naga putih di beberapa media promosi film Shang-Chi, kemungkinan besar makhluk mitologi tersebut akan memerankan peran penting di filmnya nanti. Namun, banyak penggemar yang bertanya-tanya siapa sebenarnya naga putih tersebut? Belum bisa dipastikan apakah naga air di trailer pertamanya adalah naga yang sama seperti yang terlihat di poster film Shang-Chi. Fisik naga yang terlihat di posternya mempunyai tubuh seperti naga di mitologi Tiongkok yang panjang, lengkap dengan sisik putih dan bulu merah. Ternyata, di Marvel Comics ada naga dalam sejarah Mandarin dan Ten Rings yang bisa saja merupakan referensi naga putih di film Shang-Chi ini.

Di komik Tales of Suspense #62, diceritakan bahwa sebuah pesawat alien terjatuh di Tiongkok saat revolusi komunis pada awal-awal tahun 50-an. Mandarin yang saat itu masih muda menghampiri pesawat tersebut yang ternyata adalah pesawat alien Makluan, ras naga dari luar angkasa. Di dalam pesawat tersebut Mandarin menemukan naga Makluan bernama Axonn-Karr yang sedang terluka. Bukannya menolongnya, Mandarin justru mengambil sepuluh silinder pesawat yang nantinya menjadi senjata andalan yang sering dia gunakan, yaitu Ten Rings.

Sementara sedikit informasi mengenari Axonn-Karr, cukup jelas bahwa sejarahnya sangat erat dengan Ten Rings. Bisa jadi sesaat sebelum diambil oleh Mandarin, Ten Rings sebenarnya sedang dijaga oleh Axonn-Karr, karena hanya itu satu-satunya ‘kunci’ yang bisa menghidupkan kembali pesawatnya. Berdasarkan Funko film Shang-Chi yang beredar, terlihat beberapa karakter di film Shang-Chi, termasuk naga putih di filmnya. Funko menamai mainan naga putihnya sebagai The Great Protector yang artinya sang Pelindung Hebat. Hal tersebut mengindikasikan bahwa naga di film Shang-Chi nanti bertugas untuk menjaga sesuatu, atau setidaknya terpaksa menjaga sesuatu karena tidak bisa pulang ke tempat asalnya.

Jika benar, naga putih berbulu merah di film Shang-Chi adalah naga Makluan bernama Axonn-Karr yang bertemu Mandarin di komik, berarti cukup jelas bahwa posisinya di film nanti berada di pihak Shang-Chi. Kemungkinan mereka bekerja sama untuk mengambil kembali Ten Rings dari tangan Mandarin. Axonn-Karr membutuhkan cincin tersebut agar bisa pulang sementara Shang-Chi untuk terlepas dari bayang-bayang ayahnya. Walaupun teori ini belum dikonfirmasi, tetapi sudah menjadi kebiasaan Marvel Studios mengambil referensi dari Marvel Comics untuk tayangan MCU-nya. Dan apakah teori ini benar? Kita buktikan saja di film Shang-Chi saat nanti rilis pada tanggal 3 September 2021.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.