Shang-Chi akan melakukan debutnya di film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings sebagai salah satu pahlawan super Marvel Cinematic Universe. Sejauh ini belum banyak karakter baru yang diperkenalkan Marvel Studios di Fase 4 MCU. Beberapa karakter baru yang melakukan debut di Fase 4 MCU adalah Monica Rambeau yang muncul dengan kekuatan supernya di akhir serial WandaVision. Kemudian ada Yelena Belova yang debut di film Black Widow, dan masih ada beberapa karakter lainnya. Berbeda dengan karakter baru d Fase 4 lainnya, Shang-Chi akan menjadi salah satu pahlawan utama di MCU.

Di film pertamanya, latar belakang Shang-Chi akan dibangun sebagai orang yang berusaha lari dari masa lalu dan bayang-bayang ayahnya yang bernama Wenwu alias Mandarin. Dengan menempatkan Shang-Chi berlawanan dengan Mandarin, yang merupakan seorang penjahat sekaligus pemimpin organisasi misterius Ten Rings, cukup jelas bahwa Shang-Chi adalah pahwalan super MCU berikutnya. Hal itu membuatnya berpotensi menjadi anggota baru Avengers. Namun, apakah dengan kekuatan Kung Fu Shang-Chi membuatnya layak bersanding dengan pahlawan super MCU lainnya?

Saat Shang-Chi pertama kali diperkenalkan, banyak yang meragukan apakah ia layak menjadi pahlawan super MCU berikutnya, mengingat dibandingkan Thor atau Captain America Sam Wilson, Shang-Chi mungkin hanya terlihat sebagai ahli bela diri biasa. Namun, itu semua hanya spekulasi awal karena kita belum melihat filmnya secara keseluruhan. Sebenarnya di atas kertas, Shang-Chi cukup hebat, dia adalah keturunan Mandarin yang terkenal sebagai penjahat Iron Man di Marvel Comics. Perkembangan karakternya nanti mungkin akan membuat Shang-Chi tidak bisa dianggap remeh, apalagi jika pada akhirnya dia menguasai senjata Ten Rings yang mempunyai kekuatan luar biasa.

Di berbagai media promosi film Shang-Chi, penggemar diperlihatkan kekuatan Ten Rings yang digunakan oleh Mandarin. Senjata berbentuk gelang dan berjumlah sepuluh tersebut memberikan kekuatan luar biasa kepada Mandarin. Senjata tersebut bisa menembakan medan energi seperti listrik. Selain itu, gelangnya juga bisa ditembakan sebagai proyektil, dan mungkin akan lebih kemampuan yang diperlihatkan. Di akhir trailer kedua, Shang-Chi terlihat berebut Ten Rings dengan Mandarin, dan berhasil mendapatkan setengahnya. Jika Ten Rings mengeluarkan cahaya biru saat di tangan Mandarin, di tangan Shang-Chi senjata tersebut mengeluarkan cahaya kuning keemasan.

Jika pada akhirnya Mandarin berhasil dikalahkan oleh Shang-Chi, dan Ten Rings jatuh ke tangan Shang-Chi, cukup jelas bahwa Shang-Chi bukan lagi pahlawan yang bisa diremehkan. Dengan ilmu bela diri yang dia kuasai sejak awal, kemudian dengan karakter dan hati yang dia bangun sepanjang film, ditambah lagi dengan kesaktian Ten Rings yang sekarang menjadi senjatanya, tidak diragukan lagi Shnag-Chi akan menjadi salah satu pahlawan super terkuat MCU berikutnya, membuatnya sangat layak berada di Avengers atau tim super lainnya. Apakah Ten Rings akan menjadi senjata baru Shang-Chi? Kita lihat saja nanti saat film Shang-Chi rilis pada tanggal 3 September 2021.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.