Sementara Marvel Cinematic Universe sudah kembali ke layar lebar dengan film Black Widow, sejak awal tahun ini Fase 4 MCU juga diceritakan melalui serial menarik yang tayang di Disney+, seperti WandaVision, The Falcon and the Winter Soldier, dan Loki. Dengan ending Loki season 1 yang memperlihatkan pecahnya multiverse, hal itu akan mendukung juga tayangan Disney+ berikutnya yaitu What If…?, sebuah serial animasi pertama Marvel Studios yang menceritakan cerita alternatif MCU.

Setiap episode What If…? akan menceritakan kemungkinan lain selain yang pernah kita lihat di tayangan live-action MCU, misalnya orang pertama yang menggunakan serum tentara super saat perang dunia II bukanlah Steve Rogers melainkan Peggy Carter. Season pertamanya akan rilis pada tanggal 11 Agustus nanti dan terdiri dari 10 episode, yang setiap ceritanya akan menjadi bagian dari Fase 4 MCU. Wakil Presiden Eksekutif Produksi Film Marvel Studios, Victoria Alonso, mengatakan bahwa What If…? bukanlah satu-satunya tayangan animasi di MCU kedepannya.

Saat berbicara dengan Variety, Alonso mengungkapkan kecintaannya pada konten animasi dan betapa berdedikasinya Marvel untuk menghadirkan lebih banyak konten tersebut. “Kami akan memiliki cabang animasi dan studio mini kami sendiri, dan akan ada lebih banyak lagi [animasi] yang akan datang dari itu [studio mini].” kata Alonso. “Kami sangat senang dengan animasi, yang merupakan cinta pertama saya. Ketika kesempatan untuk menjadi bagian dari streaming ini muncul, kami sangat senang karena kami dapat memberikan [tayangan] lebih keren kepada para penggemar.”

Meskipun Marvel baru pertama kalinya memasukan tayangan animasi di MCU, tetapa para karakter pahlawan super dan pengisi suaranya adalah orang-orang yang terlibat langsung dengan MCU. Konten animasi akan memungkinkan MCU untuk menjelajahi lebih banyak sisi kreatif dan area baru yang tidak pernah tersentuh oleh versi live action-nya. Selain itu juga, beberapa ancaman tingkat kosmik yang lebih besar memang lebih cocok untuk dihadirkan melalui tayangan animasi MCU. Semoga saja tayangan animasi MCU bisa diterima dengan baik oleh penggemar dan bisa sesukses MCU lainnya.