Siapa sosok “Nika” yang dimaksud oleh Who’s Who? Apakah itu merupakan nama asli atau justru merupakan nama panggilan? Cerita One Piece selalu menghadirkan sesuatu yang menarik. Dan terkadang, Oda Sensei juga selalu menghadirkan kejutan yang mampu mengguncang seluruh fandom. Kejutan besar terjadi di chapter terbaru, di mana kita diperkenalkan dengan sosok legendaris baru.

Dalam chapter 1018, kita kembali melihat kelanjutan pertarungan antara Jinbe dan Who’s Who. Selama satu pekan terakhir, pertarungan diantara keduanya menjadi perhatian besar para fans. Bagaimana tidak, fakta yang mengejutkan muncul di tengah-tengah pertarungan. Sebelumnya, Who’s Who menjelaskan bahwa dia dahulu adalah bagian dari organisasai CP9.

Kemudian kejutan lainnya adalah ternyata buah iblis Gomu Gomu – yang sekarang ada di tangan Luffy – merupakan incaran dari Pemerintah Dunia, sebelum kemudian dicuri oleh kelompok Rambut Merah. Yang paling baru, Who’s Who menjelaskan tentang sosok legendaris bernama “Nika” yang memiliki julukan “Sun God” atau dewa matahari. Sosok tersebut pertama kali Who’s Who dengan ketika dia dipenjara.

Who’s Who mendapatkan cerita dari salah satu penjaga bahwa ada sosok misterius bernama Nika, yang selalu menolong para budak. Cerita ini juga yang kemudian diyakini oleh Who’s Who bahwa dia akan datang dan kemudian menolongnya. Namun, sepertinya sosok Nika adalah sosok yang “berbahaya” karena penjaga yang menceritakan sosoknya kemudian menghilang. Ini juga yang kemudian membuat Who’s Who kabur dari penjara karena dia merasa nyawanya terancam.

Tapi, yang kemudian menjadi pertanyaan adalah siapa sosok legendaris Nika tersebut? Apakah sosok legendaris tersebut merupakan karakter baru? Perlu dicatat ya Geeks bahwa sosok Nika yang dimaksud adalah bukan duyung kembar yang menjadi rekan dari Chamie. Berdasarkan petunjuk yang ada, kemungkinan bahwa sosok Nika adalah Fisher Tiger.

Lalu, apa saja petunjuknya? Pertama, Who’s Who menjelaskan bahwa dia adalah sosok “pahlawan” yang selalu berusaha membebaskan para budak. Fisher Tiger adalah sosok legendaris yang memang dikenal sering kali membebaskan para budak, terutama budak yang menjadi kaum naga langit. Boa Hancock dan kedua saudarinya dahulu sempat diselamatkan oleh Fisher Tiger.

Fisher Tiger defeats Rear Admiral Kadar - YouTubeKemudian bukti kedua adalah sosok Nika diketahui berasal dari kelompok bajak laut Matahari. Berdasarkan informasi inilah Who’s Who kemudian bertanya kepada Jinbe, karena dia tahu bahwa Jinbe merupakan pemimpin dari kelompok bajak laut Matahari. Fisher Tiger memang merupakan bagian dari kelompok bajak laut tersebut. Dialah yang membentuk kelompok bajak lautnya.

Kelompok bajak laut Matahari adalah kelompok bajak laut yang berisikan ras manusia ikan dari pulau duyung. Meskipun mereka adalah bajak laut, tujuan dari Fisher Tiger membentuk bajak laut ini adalah untuk menyelamatkan manusia ikan dan para budak lainnya. Penyerangan ke Mary Geoise yang terjadi di masa lalu, juga dilakukan oleh Fisher Tiger dan juga kelompok Matahari.

Dan petunjuk ketiga adalah bagaimana reaksi yang diperlihatkan oleh Jinbe setelah mendengar cerita dari Who’s Who mengenai sosok Nika tersebut. Seperti yang diungkapkan oleh Who’s Who di akhir chapter, Jinbe tiba-tiba marah di tengah pertarungan. Hal ini membuat Who’s Who kebingungan. Jinbe sendiri menegaskan bahwa jika ingin mengetahui masa lalu atau rahasia seseorang jangan setengah-setengah.

Dengan tiga poin bukti ini maka bisa diasumsikan bahwa sosok “Nika” yang dimaksud oleh Who’s Who adalah Fisher Tiger. Mungkin di chapter yang akan datang kita akan mendapatkan cerita lebih jelas mengenai sosok Fisher Tiger, berupa momen flashback. Namun, apakah ada sosok lainnya yang mungkin saja memiliki julukan tersebut? Spekulasi yang juga banyak muncul adalah sosok tersebut adalah Joy Boy.

Rasanya sudah bukan rahasia lagi bahwa Joy Boy adalah sosok yang misterius. Sampai saat ini pun informasi yang disampaikan masih sangat sedikit. Satu-satunya hal yang mungkin bisa menjadi bukti bahwa Joy Boy adalah Nika adalah bagaimana upaya Joy Boy untuk meningkatkan derajat para manusia ikan. Dia bahkan berjanji untuk membawa mereka semua tinggal di daratan.

Sayangnya, Joy Boy harus tewas dan dia gagal memenuhi janjinya. Bukti lainnya yang mungkin bisa mengkoneksikan bahwa Nika adalah Joy Boy adalah perkataan Who’s Who yaitu “ancient slave” atau budak dari masa lalu. Penggunaan kata “ancient” bisa jadi merujuk pada ratusan tahun, yang mana artinya sosok Nika yang dimaksud adalah Joy Boy. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian setuju bahwa Nika adalah Joy Boy? Atau justru kalian yakin bahwa dia adalah Fisher Tiger? Atau justru sosok lain?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.