Pertempuran di Onigashima saat ini sudah berubah menjadi sangat kacau balau. Istana Kaido sudah benar-benar menjadi medan pertempuran epik antara aliansi kelompok Topi Jerami serta kelompok bajak laut Beast. Di chapter sebelumnya diperlihatkan bagaimana Otama akhirnya bisa memberikan perintah kepada para Gifters dan Pleasures yang sudah memakan Kibi Dango.

Otama memerintahkan mereka untuk berpihak kepada para samurai. Dan efeknya dari hal tersebut sangat terasa, di mana kekuatan pasukan aliansi meningkat cukup drastis. Kita juga melihat bagaimana mode Beast dari Queen saat menghadapi Sanji. Artinya Queen siap untuk bertarung secara serius melawan salah satu trio monster tersebut. Dan yang paling menarik perhatian para fans tentunya adalah pengungkapan fakta tentang Who’s Who di akhir chapternya. Lalu, apa saja hal menarik yang muncul di chapter 1018 ini?

CP-0 Sadar Kaido Akan Kalah

Seperti dijelaskan di atas, dengan membelotnya sebagian besar Gifters dan Pleasures ke pihak aliansi Luffy berkat Kibi Dango membuat situasi perlahan berubah. Para pasukan aliansi yang tadinya kekurangan pasukan dan kesulitan menghadapi kelompok Beast, sudah mampu menghancurkan mereka. Dan hal ini juga ternyata disadari oleh para anggota CP-0.

Menurut perhitungan mereka, kelompok bajak laut Beasts sudah menurun dari 30.000 pasukan menjadi 10.000 pasukan. Jika kemudian berbagai korban jiwa dari kelompok mereka dihitung, maka kelompok Beast saat ini kemungkinan memiliki 16.000 pasukan. Di sisi lain, kelompok aliansi Topi Jerami saat ini memiliki 9.000 pasukan. Dengan kata lain, perbandingan diantara kedua kubu adalah 16 : 9. Menurut mereka, jika hal ini terus berlanjut bukan tidak mungkin jika kemudian pasukan aliansi akan memenangkan pertempuran epik ini.

Who’s Who Adalah Ancaman Bagi Pemerintah?

Seperti yang dijelaskan di chapter sebelumnya, Who’s Who ternyata dahulu adalah bagian dari Pemerintah Dunia. Dia adalah salah satu anggota dari CP9. Namun, karena dia gagal dalam menjalankan tugas untuk menjaga buah iblis Gomu Gomu – yang dicuri oleh Shanks – dia harus dipenjara. Anggota CP-0 sendiri sepertinya menyadari tentang hal ini.

Mereka menyadari bahwa ada salah satu agen Pemerintah Dunia yang membelot di pertempuran ini. Ada hal yang menarik dalam percakapan diantara mereka. Meskipun dia bukan menjadi ancaman bagi Pemerintah, namun salah satu agen menyebutkan bahwa belum tentu dia selamat dalam pertempuran ini. Apakah artinya mereka berniat menghabisi Who’s Who?

Mereka tahu bahwa Who’s Who sedang menghadapi Jinbe dan mereka juga tahu bahwa peluang Who’s Who untuk menang sangat tipis. Kalah atau pun menang, sepertinya mereka akan menghabisi Who’s Who. Mengapa? Seperti yang disebutkan salah satu dari mereka, “membiarkan seorang pembelot untuk tetap hidup akan menjadi contoh/reputasi yang buruk.”

Legenda Baru Dari One Piece

Pertarungan Jinbe dan Who’s Who masih berlanjut di chapter ini. Namun, lagi-lagi kita mendapatkan sebuah fakta baru yang luar biasa dari sosok Who’s Who. Di tengah-tengah pertarungan, Who’s Who sempat bertanya tentang sosok legendaris yang pernah dia dengar di penjara. Salah satu penjaga mengatakan kepada Who’s Who untuk berharap sosok legendaris “Sun God” Nika akan menolongnya.

Menurut ceritanya, sosok Nika adalah pahlawan yang legendaris yang dikenal sering menolong para budak. Who’s Who sendiri kemudian percaya akan cerita tersebut. Ketika penjaga yang menceritakan kisah tersebut keesokan harinya menghilang, Who’s Who panik dan takut akan nyawanya menghilang. Ini pula yang kemudian membuatnya kabur dari penjara. Siapa sebenarnya sosok Nika? Apakah dia memang Fisher Tiger, karena menurut Who’s Who sosok Nika merupakan bagian dari kelompok bajak laut Matahari.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.