Sosok Who’s Who saat ini sedang menjadi sorotan para fans One Piece. Selain karena masa lalunya yang ternyata sangat mengejutkan, Who’s Who sepertinya menjadi yang pertama dari kelompok Flying Six yang sudah memperlihatkan kemampuan dari buah iblis Zoan yang dibangkitkan. Who’s Who merupakan lawan yang sedang dihadapi oleh Jinbe saat ini.

Ternyata Who’s Who sudah sejak lama mengenal Jinbe. Bahkan, sejak dia masih menjadi bagian dari Shichibukai. Di chapter 1016 kemarin, kita kemudian melihat situasi terbaru dari pertarungannya. Meskipun Jinbe masih bisa bertahan, namun dia terlihat kewalahan menghadapi serangan dari Who’s Who dan pasukannya. Ada yang menarik dari pertarungan ini.

Ada kemungkinan bahwa Who’s Who sudah berhasil membangkitkan kemampuan dari buah iblis Zoan Neko Neko no Mi, Model: Sabertooth yang dia makan. Buah iblis tipe Zoan adalah buah iblis yang memberikan kekuatan binatang kepada mereka yang memakannya. Buah iblis ini akan memberikan peningkatan kekuatan yang signifikan, terutama kemampuan bertarung.

Pengguna buah iblis berjenis Zoan akan memiliki tiga bentuk utama yaitu bentuk manusia, bentuk hewannya, dan bentuk hybrid alias gabungan manusia dan binatangnya.  Banyak yang percaya bahwa mode hybrid adalah mode yang terbaik ketika sedang bertarung. Mode hybrid diyakini menjadi mode terkuat pengguna buah iblis Zoan. Namun, yang paling tinggi tentunya mode Awakening.

Bagaimana kemudian kita mengetahui bahwa Who’s Who sudah berhasil membangkitkan buah iblisnya? Biasanya, form Hybrid Zoan masih akan memperlihatkan sisi manusia dari pengguanya. Hal ini bisa dilihat dari bagian bawah wajah seperti mulut, yang mempertahankan bentuk aslinya. Sedangkan bagian tubuh lainya tetap dalam form binatang. Hal ini bisa kita lihat dari pengguna Zoan lain seperti Kaku, Rob Lucci, Drake, King, atau bahkan Kaido.

Namun, untuk para pengguna buah ibliz Zoan yang berhasil membangkitkan buah iblisnya mereka akan memiliki bagian wajah dan mulut yang sepenuhnya mirip seperti binatang. Kita bisa melihat para penjaga di Impel Down. Dan bentuk tersebut terlihat sangat mirip dengan transformasi yang saat ini diperlihatkan oleh Who’s Who.

Jika memang benar bahwa itu adalah form awakening dari Neko Neko no Mi milik Who’s Who maka artinya dia melakukan pencapaian yang luar biasa. Selain itu, ini artinya Jinbe tidak akan mudah untuk bisa menang menghadapi Who’s Who. Memang masih belum diketahui kapan Who’s Who membangkitkan buah iblisnya, namun ada kemungkinan sudah sejak lama.

Ini bisa menjadi bukti bahwa Who’s Who siap untuk menghadapi siapa pun, termasuk Jinbe. Ini juga bisa diartikan bahwa Who’s Who sudah siap untuk menggeser posisi All-Stars yang sekarang, seperti yang diperlihatkan di chapter sebelumnya. Kita nantikan saja ya Geeks sekuat apa kemampuan awakening Zoan milik Who’s Who ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.