Sosok Who’s Who menjadi bahan perbincangan hangat para fans One Piece setelah dia mengungkapkan sebuah fakta mengejutkan di chapter terbaru kemarin. Sebelumnya, Who’s Who mengatakan kepada Jinbe bahwa dia mengenal sosoknya. Dia sudah mengenal Jinbe sejak dia masih menjadi bagian dari Shichibukai. Hal ini lantas membunculkan banyak spekulasi di kalangan fans.

Bagaimana kemudian kemudian Who’s Who bisa mengenal Jinbe? Apakah dia dahulu juga mantan Shichibukai? Itulah yang kemudian menjadi pertanyan para fans One Piece. Namun, di chapter 1017 kemarin akhirnya kita mengetahui fakta mengejutkan dari Who’s Who yang menyebutkan bahwa dia dahulu sempat menjadi bagian dari organisasi Pemerintah Dunia, yang mana hal itu menjelaskan mengapa dia bisa mengenal Jinbe saat masih menjadi Shichibukai.

Who’s Who sendiri adalah salah satu dari Tobiroppo atau Flying Six, kelompok yang berada di bawah kepimpinan Kaido di kelompok bajak laut Beasts. Posisi mereka berada di bawah All-Stars. Sosok Who’s Who sebagai karakter pertama kali diperkenalkan pada chapter 977, sebelum kemudian dia muncul secara fisik pada chapter 978.

Who's Who's Devil Fruit | One Piece | Know Your MemeSeperti halnya para kelompok Beast lainnya, Who’s Who juga adalah pengguna buah iblis Zoan yaitu Neko Neko no Mi, Model: Sabertooth. Sebelum bergabung dengan Flying Six dan kelompok bajak laut Beast, Who’s Who merupakan bagian dari kelompok Pemerintah Dunia, Cipher Pol 9 (CP9), sekitar 12 tahun yang lalu. Namun, sayangnya, karena sebuah kesalahan yang dia buat dia harus dipenjara.

Pada saat itu, Who’s Who ditugaskan untuk menjaga kapal Pemerintah Dunia yang membawa buah iblis Gomu Gomu. Masih belum diketahui alasan mengapa Pemerintah Dunia begitu menginginkan buah iblis tersebut, namun dengan buah iblis tersebut harus dijaga oleh CP9, artinya buah iblisnya menjadi sangat penting. Peristiwa tidak terduga pun terjadi, di mana buah iblisnya kemudian dicuri.

Ternyata yang mencuri buah iblis tersebut adalah Shanks dan kelompok rambut merah. Akibat hal tersebut, Who’s Who kemudian dihukum penjara di Impel Down. Who’s Who kemudian kabur dari penjara. Dia kemudian menjadi bajak laut dan membentuk kelompoknya sendiri sebelum kemudian dia bergabung dan menjadi bagian dari kelompok Beast serta diangkat menjadi salah satu Flying Six.

Dalam salah satu chapter diperlihatkan bahwa Who’s Who ingin membunuh seseorang, yang belum diketahui siapa targetnya. Namun, banyak spekulasi menyebutkan bahwa dia mengincar nyawa Queen untuk menggeser posisinya di All-Stars. Berbagai informasi terbaru mengenai Who’s Who memberikan kita pandangan baru, sekaligus berbagai pertanyaan lainnya mengenai sosok ini.

Mengapa kemudian dia ingin menjadi Calamities di kelompok Beast? Siapa yang sebenarnya ingin dia habisi? Dan juga apa sebenarnya tujuan Who’s Who? Kita tahu bahwa Who’s Who, terlepas dari apa yang terjadi di masa lalunya, sudah puas dengan posisinya saat ini. Mungkin, motivasinya menjadi bagian dari Calamties diawali dari kegagalannya sebagai agen CP9.

One Piece Chapter #1017 Recap & Spoilers: The Order | CBRBerdasarkan pengungkapan ini, bisa dipastikan bahwa Who’s Who bukanlah karakter biasa. Oda sepertinya sudah mempersiapkan Who’s Who menjadi karakter lain yang akan memberikan pengaruh terhadap cerita. Yang menarik juga adalah muncul spekulasi bahwa Who’s Who merupakan mata-mata bagi kelompok Blackbeard.

Serta bisa jadi, Who’s Who masih aktif memberikan informasi kepada Pemerintah Dunia – seperti halnya Kanjuro – sebagai bentuk hukuman dari apa yang terjadi. Kita nantikan saja ya Geeks apa yang akan dihadirkan oleh Oda terkait dengan sosok Who’s Who pada masa yang akan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.