Franchise film horror paling sukses, The Conjuring, resmi merilis film terbaru mereka yaitu The Conjuring: The Devil Made Me Do It pada 4 Juni kemarin di bioskop dan juga paltform streaming HBO Max. Dijadwalkan pada awalnya dirilis pada September 2020 kemarin, Warner Bros. memutuskan untuk memundurkan jadwal filmnya menjadi musim panas 2021.

Film terbaru ini masih berfokus pada pasangan paranormal Ed dan Lorraine Warren di mana mereka harus menginvestigasi sebuah kasus paranormal mengerikan. Yang membedakan adalah kasus kali ini tidak terjadik di sebuah rumah, melainkan di jalanan. The Conjuring 3 bersetting di awal 1980an, sekitar satu dekade dari setting film sebelumnya, Annabelle Comes Home, yang bersetting di era 1970an.

Seperti biasanya, selalu ada petunjuk mengenai film sekuel di akhir filmnya. Lalu, apakah di film terbaru ini ada post-credit scene? Sayangnya, The Devil Made Me Do It tidak memiliki post-credit scene. Namun, hal itu bukan berarti kita tidak bisa duduk lebih lama setelah filmnya selesai. Ada sesuatu yang spesial yang disuguhkan di filmnya, yaitu mereka menyuguhkan hasil rekaman asli dari Ed dan Lorraine Warrens, yang menjadi sebuah callback untuk adegan pertama filmnya.

Membandingkan apa yang terjadi di filmnya dan apa yang terjadi di dunia nyata yang terjadi pada pasangan tersebut benar-benar sangat mengerikan. Dan hasil rekaman tersebut menjadi pengganti yang sempurna bagi para penonton. Meskipun biasanya film terakhir dari trilogi kurang begitu menarik, pada faktanya film ini justru bisa mempertahankan kualitas cerita.

Bukan hanya filmnya mengembangkan lagi format inti dari franchisenya secara keseluruhan, tetapi juga memperkenalkan sebuah konsep baru yang sebelumnya belum dieksplor. Sebuah fakta menarik tentang film ini adalah sebenarnya di rencana awal film ini hendak memiliki sebuah post-credit scene yang menjadi petunjuk untuk film selanjutnya. Namun, pembuat film merasa bahwa cerita akhir di filmnya akan lebih baik menjadi penutup untuk keluarga Warrens.

Michael Chaves, selaku sutradara filmnya, mengatakan bahwa potongan adegan dari post-credit scene tersebut bisa saja muncul di film selanjutnya atau dibuat sebagai teaser untuk film lain. Sayangnya, Chaves tidak memberikan informasi detail mengenai adegan apa atau momen apa yang dimunculkan di post-credit scene tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.