Whitebeard dan Roger merupakan dua seteru abadi. Keduanya sama-sama karakter terkuat di One Piece. Hanya saja, Whitebeard tidak memiliki gelar raja bajak laut, sementara Roger menyandang gelar tersebut. Namun walau bukan raja bajak laut, Whitebeard mampu menyaingi kekuatan Roger. Bisa dibilang kekuatan mereka tidak berbeda jauh. Tetapi, ada lebih banyak bukti yang menunjukkan Whitebeard lebih baik dari Roger. Apa saja? Simak di bawah ini Geeks!

Kekeluargaan

Whitebeard tidak pernah menjelajahi lautan seorang diri karena selalu ditemani keluarganya. Yap, Whitebeard melakukan perjalanan mengarungi lautan hanya untuk menyelesaikan perjalanan mengelilingi dunia. Ia tidak pernah berniat mencari Laugh Tale dan menemukan One Piece. Sebaliknya, Whitebeard hanya ingin menemukan harta karun versinya sendiri, yaitu keluarga. Selama bertahun-tahun, Whitebeard membentuk keluarganya sendiri. Bahkan para krunya  sudah dianggap keluarga baginya. Sayangnya, keluarga Whitebeard harus mendapatkan cobaan besar ketika Blackbeard menjadi pengkhianat.

Bertanggung Jawab

Ketika membicarakan tentang tanggung jawab, tidak ada bajak laut lainnya yang mirip Whitebeard. Whitebeard adalah sosok yang sangat bertanggung jawab. Dengan total 1600 awak di kapalnya, dan 43 kapal sekutu, Whitebeard memiliki keluarga dalam jumlah besar yang harus ia jaga. Terlebih lagi nih Geeks, harta yang didapat Whitebeard dikirim kembali ke pulau Sphinx, yang merupakan kampung halamannya. Orang-orang Sphinx sangat menderita karena mereka menolak bersekutu dengan pemerintah dunia. Oleh sebab itulah penduduk di Sphinx kesulitan untuk hidup. Beruntung Whitebeard menjadi penyelamat pulau Spinx dan ia memberi bantuan bagi penduduk Sphinx.

Figure Ayah yang Baik

Bertolak belakang dengan sifat Roger, Whitebeard adalah sosok ayah yang baik. Saat Roger mengetahui bahwa pemerintah dunia akan membunuh anak dan istrinya, Rogers seharusnya merasa lebih bertanggung jawab, baik terhadap Rouge maupun Ace. Namun kenyataannya saat Ace dilahirkan, kondisinya sangat menyedihkan, terutama ketika mengetahui bahwa Ace adalah putra Gol D. Roger, seorang raja bajak laut. Whitebeard di sisi lain merupakan figure ayah yang baik, di mana Whitebeard mampu membesarkan Ace seperti anaknya sendiri. Bahkan Whitebeard sukses melatih Ace hingga menjadi salah satu karakter terkuat di One Piece.

Ahli Strategi

Jika Roger adalah seorang yang kuat namun ceroboh, berbeda dengan Whitebeard di mana ia merupakan ahli strategi dan penuh perhitungan. Kemampuan tersebut pernah Whitebeard tunjukkan selama perang di Marineford, di mana Whitebeard berhasil membalas setiap strategi yang dilemparkan Sengoku. Sengoku sendiri mengakui bahwa Whitebeard adalah sosok yang jenius. Ketika Sengoku mencoba menyudutkan Whitebeard, rencana tersebut gagal total, dan Whitebeard berhasil mengendalikan situasi. Selain kekuatan, kemampuan menyusun strategi menjadi hal wajib yang harus dimiliki oleh karakter terkuat.

Kekuatan

Dengan kekuatan yang dihasilkan dari buah iblis Whitebeard, Gura Gura, Whitebeard menjadi karakter yang sangat kuat. Buah iblis Gura Gura adalah buah iblis jenis Paramecia terkuat yang pernah ada. Kekuatannya sedemikian rupa sehingga bisa menciptakan gelombang kejut dan gempa. Bahkan ia mampu untuk menenggelamkan sebuah pulau dalam hitungan detik. Sengoku pun pernah membandingkan Whitebeard dengan kekuatan senjata kuno itu sendiri, dan mengklaim bahwa Whitebeard cukup kuat untuk menghancurkan seluruh dunia dengan mudah. Tentu hal itu tidak bisa dilakukan oleh Roger.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/