Fakta mengenai Aokiji alias Kuzan yang bergabung dengan Blackbeard membuat banyak fans terkejut. Pasalnya, tidak ada yang menebak hal ini akan terjadi. Sebelumnya, Sakazuki alias Akainu sempat ditunjuk untuk menjadi kandidat pengganti dari Sengoku yang memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai kepala angkatan laut di markas pusat. Namun, Kuzan menolak rencana itu.

Dan akhirnya demi memperebutkan jabatan dan kekuasaan tersebut, mereka berdua pun akhirnya bertarung di Punk Hazard. Mereka berdua bertarung selama 10 hari tanpa henti, dan akibat dari pertarungan mereka cuaca dan kondisi di Punk Hazard menjadi tidak menentu. Dalam pertarungan itu, Sakazuki yang kemudian menjadi pemenangnya.

Dan karena Kuzan tidak mau berada di bawah kendali Sakazuki, akhirnya Kuzan memutuskan untuk mundur dari angkatan laut dan dia pun memutuskan untuk bergabung dengan kelompok bajak laut Blackbeard. Namun, ada sebuah catatan penting dalam hal ini yaitu sebagai seorang mantan admiral Kuzan tentunya memiliki banyak informasi mengenai angkatan laut – dan Pemerintah Dunia.

Tentu bisa dipastikan bahwa informasi yang diketahui oleh Kuzan tersebut bukanlah informasi sembarangan. Ada kemungkinan Kuzan mengetahui tentang informasi rahasia dari angkatan laut. Blackbeard tentunya bisa memanfaatkan hal ini. Blackbeard dan seluruh kru lainnya, sebenarnya tidak terlalu percaya dengan bergabungnya Kuzan ke kru mereka. Hal ini pernah disampaikan oleh Jesus Burgess di arc Dressrosa.

Terlepas dari itu, yang paling penting bagi mereka adalah Kuzan memiliki informasi rahasia dan penting. Mengetahui Kuzan bergabung dengan Blackbeard dan memiliki “rahasia negara”, Pemerintah Dunia tentunya tidak akan tinggal diam melihat hal ini. Kemungkinan besar Pemerintah Dunia akan memberikan nilai buruan terhadap mantan admiral angkatan laut tersebut, seperti yang dilakukan kepada X Drake.

Nilai buruan Kuzan pastilah sangat tinggi, mungkin sekitar 1 milliar Belly. Selain kekuatan yang dimiliki, seperti yang disebutkan di atas, Kuzan memiliki informasi rahasia yang bisa saja dimanfaatkan oleh Blackbeard. Sampai sejauh ini, masih belum diketahui apakah Kuzan sudah pernah membocorkan rahasia yang dia ketahui kepada Blackbeard.

Jika memang pernah, kita juga belum tahu sejauh mana informasi yang sudah dibocorkan oleh Kuzan. Namun, kondisi ini sebenarnya bisa dimanfaatkan oleh Kuzan untuk mendapatkan kembali posisinya sebagai admiral di angkatan laut. Jika skenarionya kemudian Kuzan kembali ke angkatan laut, maka ada kemungkinan Kuzan akan kembali berusaha menggulingkan kekuasaan Sakazuki, karena dia tidak pernah setuju dengan absolute justice yang diterapkan oleh Sakazuki.

Dan dengan asumsi Sakazuki sudah dikalahkan oleh Kuzan, akan ada skenario lainnya yang mungkin akan terjadi, yaitu rencana menggulingkan Pemerintah Dunia. Seperti yang kita ketahui, Kuzan memiliki prinsip yang sama dengan sosok Garp, dimana angkatan laut seharusnya bisa independen dan tidak boleh dikendalikan sesuka hati oleh Pemerintah Dunia – atau kaum naga langit.

Hal inilah yang kemudian memunculkan spekulasi bahwa Kuzan – dan Garp – merupakan bagian dari organisasi rahasia SWORD. Kita memang belum tahu banyak tentang SWORD, tapi ada kemungkinan organisasi ini bergerak di bawah radar karena memiliki rencana besar. SWORD bisa dibilang adalah organisasi yang menjadi perwujudan sosok angkatan laut sebenarnya, yang memegang prinsip true justice dan bukan absolute justice.

Anime Characters that have Love & Hate/Fire & Ice Relationship? - Anime - OneHallyuJika Kuzan kemudian menjadi seorang Fleet Admiral alias kepala angkatan laut markas pusat, maka dia memiliki banyak akses untuk bisa membantu SWORD. Dan hal ini juga termasuk membuat Kuzan lebih mudah menggulingkan Pemerintah Dunia. Jika berbicara mengenai menggulingkan Pemerintah Dunia, maka kita tidak bisa lepas dari Pasukan Revolusi dan Monkey D. Dragon.

Bukan sesuatu hal yang mustahil jika di kemudian hari kita akan melihat kerja sama antara Kuzan, SWORD, Dragon, dan Pasukan Revolusi dalam rencana untuk menggulingkan Pemerintah Dunia. Ketika Kuzan menjadi Fleet Admiral, Kuzan bisa saja memberikan berbagai informasi penting yang dibutuhkan kepada Pasukan Revolusi.

Jadi, pada intinya, Kuzan sepertinya sudah memiliki rencana besar yang dia siapkan untuk menggulingkan Sakazuki dan Pemerintah Dunia. Bergabung dengan Blackbeard bisa menjadi merupakan fase utama dari rencana tersebut. Dan selanjutnya Kuzan bekerja sama dengan Dragon dan Pasukan Revolusi. Kita nantikan saja ya Geeks momen ketika Kuzan dan Monkey D. Dragon akan bersama-sama menggulingkan Pemerintah Dunia.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.