Eiichiro Oda, kreator manga One Piece, sempat membuat sebuah pernyataan yang mengejutkan dimana Oda Sensei menyebutkan bahwa One Piece akan tamat dalam 5 tahun kedepan. Melihat hal ini, para fans sendiri bertanya-tanya apakah Oda sensei memang akan bisa menyelesaikan ceritanya dalam lima tahun kedepan. Di awal kemunculan One Piece sendiri, Oda Sensei sempat mengatakan hal yang sama dimana kenyataanya justru One Piece masih berjalan sampai sekarang.

Topik mengenai kapan One Piece akan tamat kembali menjadi bahan perbincangan sejak 2019, ketika salah satu Youtuber Jepang bertanya kepada Oda mengenai masalah ini. Dan Oda kemudian menjawab bahwa kemungkinan ceritanya memang akan selesai dalam 5 tahun kedepan. Hal ini kemudian ditanyakan kembali oleh para fans di kolom SBS Volume 97.

Menurut fan tersebut, pengumuman Oda terlalu mendadak sehingga membuat semua teman-temannya kaget dengan pengumuman tersebut. Namun, yang menarik adalah Oda Sensei sendiri kemudian menjawab bahwa “akhir” yang dimaksud adalah bagian penting dalam petualangan Luffy. Selain itu, pertanyaan mengenai “apa sebenarnya One Piece?” masih perlu untuk dijawab.

ImageDalam artikel sebelumnya sempat dibahas, bahwa ada kemungkinan bahwa cerita tentang petualangan Luffy dalam mencari One Piece mungkin memang akan selesai dalam beberapa tahun kedepan. Namun, masih akan ada cerita lainnya yang harus diteruskan. Misalnya, perebutan kekuasaan antara Luffy dan Blackbeard. Dan hal itu terjadi setelah Luffy menjadi raja bajak laut.

Salah satu editor Oda, Iwasaki, sempat ditanya oleh salah satu stasiun TV terkait hal tersebut pada Desember kemarin. Menurutnya, ada kemungkinan total 120 volume manga yang akan dirilis untuk seri One Piece. Saat ini, volume manganya sendiri sudah mencapai 60. Namun, Iwasaki sendiri menegaskan bahwa angka tersebut bukanlah angka yang pasti.

Satu hal yang dia bisa konfirmasi adalah cerita One Piece saat ini tengah menuju titik akhir, dan menegaskan kembali bahwa One Piece bisa jadi akan selesai dalam 4-5 tahun mendatang. Hal yang sama kembali ditegaskan oleh editor Oda Sensei lainnya, Kohei Oonishi. Editor di Weekly Shonen Jump ini muncul dalam salah satu acara TV “Sono Neta, Neta ni Shite Ii desuka?” yang tayang 5 Mei kemarin.

ImageOonishi kembali ditanya mengenai akhir cerita One Piece, dan juga mengatakan hal yang sama bahwa ada sekitar 4-5 tahun lagi sebelum One Piece benar-benar selesai. Dan juga masih ada sekitar 20 sampai 30 volume manga tersisa. Berdasarkan hal ini, bisa ditarik kesimpulan bahwa Oda Sensei – untuk kali ini – memang benar-benar serius dengan rencananya untuk mengakhiri cerita One Piece dalam lima tahun kedepan.

Jika memang Oda Sensei akan mengakhiri cerita One Piece tepat dalam lima tahun kedepan, maka artinya kita akan memiliki satu arc pendek dan satu arc Panjang pasca arc Wanokuni selesai. Dan jika memang apa yang dikatakan Oda Sensei benar adanya, maka cerita One Piece akan selesai atau tamat di pertengahan tahun 2024 terhitung sejak pernyataan tersebut dibuat pada September 2019 kemarin.

Selama ini Oda memiliki pola perilisan dari manga One Piece. Dan melihat pola perilisan tersebut – yang mana Oda Sensei akan mengambil jeda setelah perilisan tiga chapter berturut-turut – maka bisa dihitung bahwa Oda Sensei merilis 36-40 chapter setiap tahunnya. Berdasarkan perhitungan ini, kita setidaknya bisa mendapatkan hitungan kasar dari chapter yang tersisa dan jumlah arc yang akan muncul untuk membuktikan bahwa apakah Oda Sensei memang akan menyelesaikannya dalam lima tahun. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan kabar mengenai hal ini di masa yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.