Setelah sekian lama tidak menjadi bagian dari canon di franchise Dragon Ball, Broly akhirnya resmi menjadi bagian dari canon franchisenya setelah film Dragon Ball Super: Broly yang dirilis pada 2018 lalu menampilkan karakternya. Bahkan, sang Super Saiyan legendaris tersebut jauh lebih kuat dibandingkan sebelumnya, memaksa Goku dan Vegeta untuk menyatu dan membentuk form Super Saiyan Blue Gogeta.

Dengan cerita yang masih terus berlanjut di manganya, vegeta sudah diperlihatkan berkembang dalam hal kekuatan. Vegeta sudah jauh lebih kuat dibandingkan pertarungan sebelumnya dengan Broly. Hal ini memperbarui perdebatan yang muncul di kalangan fans, mengenai siapa yang kira-kira akan menang jika Vegeta bertarung kembali melawan Broly.

Hiro Studios

Pasca pertarungan melawan Broly, Goku dan Vegeta menjalani latihan berat demi menghadapi villain pemakan planet, Moro. Dengan kekuatannya, Moro bisa menyerap energi kehidupan di sekitarnya dan menjadikan energi tersebut sumber kekuatannya. Untuk menandingi kemampuan mengerikan tersebut, Goku berlatih bersama Merus untuk menguasai teknik Ultra Instinct sementara Vegeta berlatih keras di planet Yadrat.

Proses latihan tersebut membuat Vegeta menjadi lebih kuat, dan juga memberikannya kemampuan baru. Vegeta bisa melakukan Instant Transmission dan juga memanipulasi energi dengan teknik yang kemudian dikenal sebagai Forced Spirit Fission. Teknik ini mirip seperti Spirit Bomb atau bola semangat dari Goku, namun Vegeta bisa memanipulasi energinya dan juga mengembalikan energi yang dicuri.

Disaat kedua Saiyan tersebut bersiap menghadapi musuh baru yaitu Granolah, Beerus dan Whis kemudian melatih keduanya untuk bisa meningkatkan lagi kemampuan mereka. Broly, di sisi lain, memang sama sekali tidak disebutkan dalam cerita. Pertarungan ulang antara Broly dan Vegeta bukanlah sesuatu yang mustahil untuk terjadi. Meskipun Goku dan Broly sempat membangun hubungan persahabatan, setelah Broly tenang, namun potensi untuk kembali lepas kendali dan juga menggunakan kekuatannya yang mengerikan tetap menjadi ancaman.

Bahkan menghadapi Super Saiyan Blue Gogeta sekalipun, Broly masih bisa memberikan kesulitan kepada mereka, dengan pertarungan mereka mampu mengguncang seluruh dimensi. Pertanyaanya kemudian bagaimana Ultra Instinct Goku akan bisa menandingi kekuatan Broly, terutama saat ini Goku sudah menguasai transformasi tersebut. Di sisi lain, Vegeta memang tidak bisa menggunakan Ultra Instinct namun dia memiliki cara lain.

Vegeta bisa menggunakan teknik Super Saiyan Blue untuk bisa menandingi kemampuan Goku, yang dibuktikan saat Vegeta dan Goku menghadapi Moro. Dan di puncak pertarungannya, Vegeta bisa mengembalikan energi dari Goku dan mengaktifkan transformasi Ultra Instinct. Dengan teknik Force Spirit Fission yang dia pelajari, Vegeta mungkin bisa mencuri energi dahsyat yang ada dalam diri Broly dan memanfaatkannya untuk menghadapi Broly. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah Vegeta bisa menaklukan Broly saat ini?

Hiro Studios