Akagami no Shanks alias Shanks si rambut merah adalah seorang bajak laut yang merubah hidup Luffy seperti saat ini. Dia adalah orang yang memberikan sebuah motivasi bagi Luffy yang ingin menjadi seorang raja bajak laut. Sejak awal pertemuannya, Shanks seolah mengerti bahwa Luffy memiliki tekad yang kuat untuk mewujudkan impiannya. Oleh karena itu, dia memberikan topi jerami miliknya kepada Luffy.

Shanks dulunya merupakan anak buah dari kru bajak laut Gol D. Roger bersama Buggy si Badut. Tapi, setelah pertemuannya dengan Luffy sampai saat ini dia sudah berubah. Dia bukanlah bajak laut biasa, melainkan seorang Yonko alias penguasa lautan. Namun, sebenarnya sejak kapan Shanks menjadi salah satu dari empat penguasa lautan? Di chapter 957 kemarin, Sengoku menjelaskan bahwa Shanks menjadi seorang Yonko sejak enam tahun yang lalu.

Berdasarkan penjelasan tersebut, artinya saat Shanks bertemu dengan Luffy di desa Fusha untuk pertama kalinya dia masih belum menjadi seorang Yonko. Baru setelahnya dia dianggap sebagai salah satu Yonko. Pertanyaanya kemudian bagaimana caranya Shanks mendapatkan titel tersebut? Ada dua spekulasi atau teori yang cukup menarik mengenai hal ini.

Pertama, Shanks mungkin sebelumnya berhasil mengalahkan salah satu pemilik titel tersebut. Dengan kekuatan dan kecerdasan yang dia miliki, rasanya wajar jika Shanks mampu mengalahkan Yonko tersebut. Nama Yonko sendiri disebutkan sudah sejak lama ada di lautan. Bisa jadi nama-nama besar seperti Rocks atau Roger juga merupakan Yonko sebelum akhirnya Roger yang menjadi raja bajak laut.

Namun, setelah Roger dan Rocks tewas, posisi tersebut diisi oleh Kaido, Big Mom, Whitebeard, dan satu orang misterius. Dalam teorinya disebutkan bahwa satu orang lagi tersebut adalah Captain John. Mengapa Captain John? Hal ini dilihat dari kekayaannya. Captain John dikenal sebagai bajak laut yang kaya raya. Itulah mengapa Buggy sangat mengincar harta karun dari Captain John.

Di sisi lain, menjadi seorang Yonko juga artinya memiliki harta yang banyak. Itulah mengapa Big Mom memiliki laboratorium besar untuk Caesar, Kaido membangun pabrik senjata di wano, dan Whitebeard bisa membangun kampung halamannya yaitu pulau Sphinx. Captain John memiliki harta yang banyak, karena itu mungkin sosok misterius adalah dia.

The Yonko: Strength Hierarchy in my opinion | Anime AminoShanks bisa jadi berhasil megalahkan Captain John, dan kemudian tubuhnya diambil oleh Moria untuk menjadi salah satu pasukan zombie miliknya. Lalu, ada juga teori yang kedua. Kemungkinan sebelum Shanks muncul Yonkou sendiri tidak ada. Bisa jadi dulu kaisar samudera sendiri hanya ada tiga, yaitu Kaido, Big Mom, dan Whitebeard. Baru setelah Shanks diakui sebagai bajak laut terkuat, maka Yonkou pun “diresmikan” oleh Pemerintah Dunia.

Tentu ada alasan mengapa Shanks dianggap sebagai bajak laut terkuat. Selain kekuatan dan kecerdasan, Shanks juga diketahui memiliki kemampuan negosiasi yang bagus. Dia juga memiliki koneksi misterius dengan para Gorosei. Dan dengan faktor-faktor tersebutlah Shanks kemudian diakui sebagai bajak laut terkuat. Akhirnya, titel Yonkou tersebut dibentuk.

Hal tersebut kembali terjadi disaat Luffy muncul. Penguasa samudera dianggap bertambah satu saat Luffy muncul, sehingga titel Yonkou diganti menjadi Gokou – meskipun titel tersebut diberikan oleh surat kabar Morgan dan bukan resmi oleh Pemerintah Dunia. Selain asal usulnya, cerita tentang bagaimana Shanks menjadi Yonko sepertinya masih akan menjadi misteri. Sampai kemudian Oda Sensei memberikan penjelasan tentang semuanya, para fans saat ini hanya bisa berspekulasi.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.