Ada beberapa seri yang mampu berkompetisi dengan seri One Piece untuk masalah karakter yang muncul dalam ceritanya, baik dalam masalah kualitas ataupun kuantitas. One Piece benar-benar bergantung kepada para karakternya untuk menceritakan kisahnya. Plotnya tidak mendikte para karakter, justru sebaliknya. Sebagian hanya figuran/tampil sebentar sebagai tokoh pembantu, tapi ada juga yang gamblang dijelaskan.

Dengan banyaknya karakter yang muncul di dalam cerita, bukan berarti tidak ada resiko yang muncul. Salah satu resikonya adalah karakter tersebut kurang populer atau bahkan terbuang sia-sia. Ada beberapa karakter yang sebenarnya memiliki potensi besar untuk terus berkembang di ceritanya, namun Oda Sensei memutuskan untuk tidak melakukannya. Siapa saja?

Kuina

Kuina adalah sosok yang sangat penting dalam hidup Roronoa Zoro. Dialah motivasi terbesar Zoro untuk menjadi ahli pedang terbaik di dunia. Kuina merupakan teman masa kecil Zoro, dimana ayahnya, Koushiro, merupakan guru pedang dari Zoro. Meskipun begitu, Kuina sendiri sering juga memberikan pelajaran tambahan kepada Zoro, terutama mengenai motivasi hidup.

http://qazanime.blogspot.com/

Meskipun dampak yang diberikan Kuina kepada Zoro sangat besar, sayangnya dia hanya muncul sebentar dalam ceritanya. Dia diceritakan meninggal, yang mana membuat Zoro berusaha untuk mewujudkan mimpinya. Kuina adalah sosok karakter yang sangat kuat, meskipun dia adalah perempuan. Kuina merupakan salah satu karakter wanita yang bisa menjadi contoh bagi para pembaca One Piece wanita. Mungkin seharusnya Oda mengakhiri kisah Kuina di tengah perkembangan karakter Zoro.

Momonga

Momonga merupakan seorang angkatan laut yang tangguh dan kuat. Dia adalah wakil laksanaman angkatan laut. Ia terbukti menjadi salah satu Wakil Laksamana terkuat di atas Smoker. Momonga terampil menggunakan pedang dan memiliki kendali yang baik atas dua tipe Haki. Ia juga menunjukkan beberapa teknik Rokushiki selama arc Marineford berlangsung.

Youtube.com

Momonga bahkan mampu bertahan menghadapi serangan Boa Hancock, dengan cara menyakiti dirinya sendiri yang mana hal ini mendapatkan pujian dari sang ratu bajak laut tersebut. Sayangnya, Momonga merupakan salah satu angkatan laut yang sangat underated. Sangat sedikit Momonga muncul atau diperlihatkan terlibat dalam sebuah peristiwa besar. Padahal, Momonga memiliki potensi yang besar.

Wakil Admiral Tsuru

Tsuru merupakan wakil admiral di angkatan laut pusat. Sebagai wakil angkatan laut pusat dan berada di generasi yang sama dengan Garp dan Sengoku, Tsuru bisa dibilang merupakan salah satu angkatan laut terkuat di seri One Piece. Padahal usianya sudah sekitar 63 tahun, tapi dia masih kuat untuk bertarung secara serius melawan Doflamingo.

Cultture.com

Tsuru merupakan pemakan buah iblis Woshu Woshu no Mi, buah iblis tipe paramecia yang membuatnya mampu untuk mengubah objek atau orang menjadi seperti cucian dan mengeringkannya. Hal itu membuat musuh tidak dapat bergerak. Sayangnya, sama seperti Momonga, dengan pengalaman bertarung yang dia miliki, Tsuru kurang begitu mendapatkan sorotan. Kita juga tidak pernah tahu bagaimana Tsuru bisa menjadi salah satu angkatan laut senior terhebat.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.