Fakta mengenai Aokiji alias Kuzan yang bergabung dengan Blackbeard membuat banyak fans terkejut. Pasalnya, tidak ada yang menebak hal ini akan terjadi. Sebelumnya, Sakazuki alias Akainu sempat ditunjuk untuk menjadi kandidat pengganti dari Sengoku yang memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai kepala angkatan laut di markas pusat. Namun, Kuzan menolak rencana itu.

Kuzan kemudian memutuskan untuk bertarung melawan Sakazuki demi memperebutkan jabatan tersebut. Sayangnya, setelah pertarungan berhari-hari di Punk Hazard yang bahkan merubah situasi di wilayah tersebut, akhirnya Kuzan harus kalah dari Sakazuki. Meskipun begitu Kuzan tetap tidak mau berada di bawah kendali Sakazuki, sehingga dia memutuskan untuk mundur.

Diketahui kemudian bahwa Kuzan berada di “sisi yang lain,” yang artinya Kuzan sudah menjadi bagian dari bajak laut atau Pasukan Revolusi. Kejutan kemudian muncul ketika mengetahui bahwa Kuzan bergabung dengan kelompok Blackbeard. Blackbeard dan seluruh kru lainnya, sebenarnya tidak terlalu percaya dengan bergabungnya Kuzan ke kru mereka. Hal ini pernah disampaikan oleh Jesus Burgess di arc Dressrosa.

Sotaku.com

Terlepas dari itu, yang paling penting bagi mereka adalah Kuzan memiliki informasi rahasia dan penting. Mengetahui Kuzan bergabung dengan Blackbeard dan memiliki “rahasia negara”, Pemerintah Dunia tentunya tidak akan tinggal diam melihat hal ini. Kemungkinan besar Pemerintah Dunia akan memberikan nilai buruan terhadap mantan admiral angkatan laut tersebut, seperti yang dilakukan kepada X Drake.

Dalam arc Reverie, terungkap bahwa Pasukan Revolusi berhasil selamat dari penyerangan kelompok Blackbeard di Baltigo dan kemudian mereka berpindah markas ke pulau Kamabakka. Tentunya menjadi pertanyaan besar bagaimana Dragon dan Pasukan Revolusi tahu mengenai penyerangan ke Baltigo. Siapa yang kemudian memberi tahu mereka mengenai hal itu?

Gamek.vn

Inilah yang kemudian memunculkan spekulasi di kalangan para fans, bahwa semua itu adalah perbuatan dari Kuzan. Ada kemungkinan bahwa Kuzan sebenarnya memiliki koneksi dengan pihak Pasukan Revolusi. Tentu ada alasan yang kuat mengapa Kuzan memilih bergabung dengan Blackbeard, bukan dengan kelompok Luffy, Law, Kidd, atau kelompok bajak laut lainnya.

Blackbeard sendiri sepertinya masih belum mengetahui mengenai sosok Kuzan yang diduga sebagai pengkhianat di kelompoknya. Karena, jika memang itu terjadi, tentunya dia tidak akan memberikan informasi tersebut kepada Kuzan. Menarik sebenarnya melihat fenomena ini, dimana membuat para fans penasaran tentang apa yang sebenarnya terjadi dan apa rencana besar yang sudah dia buat.

Memang masih belum diketahui kebenaran apakah Kuzan memang merupakan bagian dari Pasukan Revolusi atau bukan. Namun, melihat bagaimana sosok Kuzan sebenarnya – dimana dia berbeda dibandingkan angkatan laut kebanyakan – rasanya mungkin wajar jika dia membantu pihak Pasukan Revolusi dan mungkin juga di menjadi bagian dari SWORD. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana fakta sebenarnya dari sosok Kuzan di chapter yang akan datang.

Featured image:

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.