Dalam cerita Attack on Titan, Ymir Fritz diketahui merupakan Titan pertama yang muncul di dunia tersebut. Hal ini terjadi saat Ymir Fritz dituduh sebagai orang yang membebaskan babi dari kandangnya, ribuan tahun lalu sebelum Eldian menjadi sebuah bangsa yang besar seperti sekarang. Akibat dari hal tersebut, pemimpin Eldian saat itu, King Fritz, memerintahkan anak buahnya untuk memburu Ymir.

Ymir yang tidak berdaya hanya bisa melarikan diri dari kejaran pasukan King Fritz. Dia lari ke hutan untuk bersembunyi. Namun, dia menemukan sebuah pohon besar yang unik dimana dibawahnya terdapat sebuah lubang, yang kemudian dimanfaatkan oleh Ymir untuk bersembunyi. Ketika Ymir masuk, dia kemudian terkejut karena dia berada di sebuah dimensi yang berbeda dengan bumi.

Berkat “petualangannya” tersebut, Ymir kemudian mendapatkan kekuatan Titan yang kemudian dimanfaatkan oleh Eldian untuk memperluas kerajaan mereka. Ymir Fritz memiliki kekuatan Founding Titan yang kemudian kekuatannya dibagi ke sembilan bentuk Titan lainnya. Namun, yang masih menjadi misteri dari semua ini adalah pohon apa sebenarnya yang membawa Ymir ke dunia lain?

Fandom ImageSalah satu teori yang berkembang mencoba menjelaskan hal ini. Menurut teorinya, pohon tersebut kemungkinan ada kaitannya dengan mitologi Nordik, karena sudah bukan rahasia lagi jika Hajime Isayama adalah sosok yang sangat mengagumi dan menyukai berbagai mitologi, khususnya mitologi Nordik. Pohon yang membuat Ymir Fritz menjadi Titan sendiri diyakini mirip dengan pohon Yggdrasil, atau pohon kehidupan.

Buat Geeks yang mengikuti cerita Thor di Marvel Cinematic Universe, mungkin sedikitnya sudah mendapatkan gambaran apa itu Yggdrasil. Menurut legenda, Yggdrasil adalah pohon kehidupan yang mana pohon tersebut menjadi tempat untuk menampung sembilan universe atau alam yang ada. Dan entah kebetulan atau tidak, sembilan alam raya yang ada di Yggdrasil sendiri kemudian dirubah menjadi sembilan Titan Ymir dalam cerita Attack on Titan.

Ada juga spekulasi lainnya yang menyebutkan bahwa pohon tersebut adalah pohon Askr dan Embla (Askr and Embla Tree). Pohon ini juga merupakan pohon yang berasal dari mitologi Nordik, dimana menurut legenda pohon ini diyakini adalah sebagai perwujudan penciptaan laki-laki dan perempuan yang dilakukan oleh Odin sang All-Father. Dan dilihat dari struktur pohonnya, dibanding Yggdrasil, Askr dan Embla dirasa lebih mirip.

Fandom ImageLongyellowhair (longyellowhair) on PinterestMeskipun belum ada konfirmasi jelas, pohon besar tersebut mungkin bisa jadi adalah salah satu “pintu masuk” menuju dunia Path. Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah mengapa pohon tersebut ada di hutan tersebut? apakah artinya pohon yang lain memiliki “kemampuan” yang sama? Sejauh ini belum ada jawaban atau informasi mengenai apakah ada pohon lain yang serupa dengan pohon tempat Ymir mendapatkan kekuatan Titan.

Jika kemudian pohon tersebut memang dianggap penting, bagaimana jika pohon tersebut selain mampu memberikan kekuatan Titan juga mampu “menyembuhkan” para Titan? Jika kemudian pohon tersebut berhasil kembali ditemukan, bangsa Marley mungkin bisa melakukan penelitian terhadap pohon atau daunnya, yang kemudian digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan para Titan.

Hal ini dirasa lebih logis dibandingkan dengan menguasai dunia dengan mengintimidasi bangsa lain. Marley bisa menguasai dunia dengan cara menjual obat atau hasil penelitiannya tersebut kepada bangsa lain. Mereka juga bisa menjual serum obat tersebut kepada keluarga Reiss di pulau Paradis, tempat yang dipenuhi oleh para Titan. Tentunya bisa dibayangkan berapa keuntungan yang akan mereka dapatkan dari hal tersebut.

Menebang atau menghilangkan pohon tersebut agar tidak ada lagi pertempuran atau kekuatan Titan di masa yang akan datang, mungkin akan menjadi tugas yang sulit. Hal ini dikarenakan rasanya mustahil memotong pohon yang memiliki kekuatan dahsyat seperti itu. Mungkin cara lainnya adalah menjaga wilayah tersebut dengan ketat. Mudah-mudahan saja sebelum cerita Attack on Titan benar-benar selesai dalam beberapa chapter kedepan, Isayama akan memberikan sedikit penjelasan mengenai pohon tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.