Setiap minggunya seri manga One Piece semakin dekat dengan pencapaian besar mereka yang sudah digadang-gadang sejak akhir tahun kemarin, yaitu chapter 1000. Chapter 998 kemarin membawa kita pada kelanjutan dari kekacauan yang terjadi di panggung utama dimana banyak orang yang harus menderita karena racun Ice Demon buatan dari Queen. Beruntung, Chopper berhasil mendapatkan penawarnya berkat Zoro.

Kita juga melihat peran dari Marco, dimana selain membuat para korban Ice Demon pulih untuk sementara, dia juga menawarkan bantuan lainnya kepada Zoro, Robin, dan Brook untuk pergi ke atap istana Kaido. Kemudian kita juga melihat bagaimana Yamato mengenang masa lalu bersama Ace saat dia berada di gudang yang tidak terpakai, tempat menyimpan patung Kaido yang rusak. Menurut Yamato, Ace adalah orang yang merusaknya.

Lalu, apa yang akan terjadi di chapter 999? Pertama kita akan melihat bagaimana pertarungan Yamato melawan Ace beberapa tahun yang lalu. Pertarungan tersebutlah yang membuat keduanya berubah menjadi teman, dan memiliki kedekatan, sehingga Yamato memberanikan diri untuk mengungkapkan mimpinya berlayar di lautan bersama Ace, agar dia bisa seperti sosok Kozuki Oden.

One Piece: 10 Facts You Wouldn't Expect About Kaido | CBRKedua, ternyata saat Ace pergi ke Onigashima, Kaidou sedang tidak berada di tempat. Dia sedang pergi berpetualang ke wilayah lain. Dan alasan Ace sendiri pergi ke Onigashima adalah untuk menyelamatkan beberapa anak-anak yang diculik. Dalam mengenang masa lalunya bersama Ace, Yamato mengatakan dia pernah membahas berbagai bajak laut muda dan salah satunya adalah Luffy.

Kembali ke masa sekarang, Marco berusaha untuk membawa Zoro pergi ke atap istana Kaido. Sayangnya, upaya Marco tersebut dihentikan oleh Queen dan King, yang mana kali ini mereka benar-benar serius dengan memperlihatkan transformasi Zoan mereka. Marco kemudian mengingat kenangan tentang sosok Ace, dan bukan hanya itu, Tama kemudian mengetahui bahwa Ace adalah kakak dari Luffy.

Yamato juga sempat membahas perihal D yang ada di tengah-tengah nama Luffy. Kemudian yang paling menarik dari chapter ini adalah kita akhirnya mengetahui tentang buah iblis dari Kaidou. Ternyata buah iblisnya adalah bukan Ryu Ryu no MI melainkan Uo Uo no Mi, dengan jenis Mythical. Uo sendiri merupakan salah satu jenis ikan, namun tipenya secara spesifik masih belum diketahui.

Dan kita pun akhirnya tahu bahwa Big Momlah yang memberika buah iblis tersebut. Buah iblis ini diberikan kepada Kaidou saat kelompok Rocks kalah di peristiwa God Valley. Kaidou sendiri bertanya kepada Big Mom tentang gadis dari suku mata tiga (Pudding). Kaidou bertanya apakah dia masih belum bisa membaca teks Poneglyph. Dan karena hal inilah kemudian Big Mom meminta kepada Kaidou untuk tetap membiarkan Nico Robin hidup.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.