Setelah peristiwa yang sangat memilukan di Avengers: Endgame, dimana Tony Stark mengorbankan dirinya untuk melakukan Decimation, para fans mulai penasaran dengan masa depan Tony Stark dan Iron Man di MCU. Apakah dia akan kembali dibangkitkan? atau muncul di sebuah film sebagai cameo? apakah Peter Parker memang adalah penerus dari Tony Stark yang pas?

Tony Stark merupakan salah satu aset penting bagi MCU sehingga pengaruhnya masih sangat terasa bahkan setelah kematiannya. Banyak fans yang berspekulasi tentang bagaimana Tony bisa kembali ke MCU. Ada yang mengatakan bahwa Tony bisa muncul melalui realita buatan, melalui virtual, transfusi darah, dan berbagai ide unik lainnya.

Tapi, Marvel Studios mungkin tidak akan memainkan “permainan” atau pola yang biasanya ada di komik untuk diterapkan di film. Alternatifnya adalah mencari pengganti dari sosok Tony Stark, meskipun memang akan sulit tapi hal ini bisa dilakukan. Apakah membuat Peter Parker sebagai penerus Tony adalah langkah yang bijak? Bisa jadi. Peter adalah sosok yang cerdas dan bisa diandalkan. Namun, ada kandidat lainnya yang bisa menjadi penerus dari Tony di MCU.

Lalu, siapa sosok tersebut? Dia adalah Riri Williams, atau yang biasa disebut sebagai Ironheart. Dalam acara Disney Investor Day 2020, Kevin Feige mengumumkan bahwa Marvel Studios akan menghadirkan sebuah series orisinal dari Riri Williams yaitu Ironheart. Masih belum ada informasi apapun mengenai kapan jadwal perilisan ataupun jadwal produksi serinya.

Ironheart dan Riri Williams sendiri merupakan karakter ciptaan dari Brian Michael Bendis bersama Mike Deodato dan Eve Ewing. Karakter ini pertama kali muncul pada Invicible Iron Man Vol. 2 #9, yang dirilis pada 2016 lalu. Dalam cerita komik, Riri Williams adalah seorang pelajar genius berusia 15 tahun, keturunan Afrika-Amerika. Dia adalah sosok yang cerdas, dimana di usianya yang masih muda tersebut dia sudah diterima masuk di kampus MIT, salah satu kampus yang terkenal akan orang-orang jeniusnya, dan juga kampus alumni dari Tony Stark.

Setelah kematian ayahnya, Riri tinggal bersama ibunya dan juga tantenya, Sharon. Kecerdasan Riri ini sebagian terinspirasi dari sosok Tony Stark. Iron Man merupakan idola bagi Riri, dan dia berusaha untuk menjadi seperti Iron Man. Dia pun membangun sendiri armornya, menggunakan berbagai material yang dia curi dari kampus.

Karena kecintaannya kepada Iron Man, desain armor Riri sendiri mirip seperti Iron Man. Menggunakan armor buatannya, Riri berhasil menghentikan dua tahanan yang mencoba kabur dari penjara di New Mexico. Sayangnya, aksinya tersebut harus dibayar dengan rusaknya armor miliknya. Tony mendengar kabar kesuksesan Riri ini dan memutuskan untuk pergi menemuinya.

Tony pun mengangkat Riri sebagai penerusnya. Riri diajari banyak hal oleh Tony, namun yang paling epik tentunya adalah ketika Riri dengan sengaja membuat armor Iron Man yang lebih baik dan lebih modern. Hal ini dikarenakan pasca peristiwa Civil War, Tony dalam keadaan koma. Melihat idolanya terbaring tidak berdaya, Riri merasa sudah tugasnya untuk melanjutkan tugas Iron Man.

Dengan teknologi yang lebih baik, armor Riri pun sangat luar biasa dan menunjang misinya. Sejak saat itu Riri kemudian mulai menggunakan nama Ironheart.  Semenjak Riri menjadi seorang pahlawan, sudah banyak petualangan yang dia hadapi. Contohnya adalah ketika Riri mengalahkan Armadilo dan ikut dalam berbagai arc seperti Civil War II dan Secret Empire.

Robert Downey Jr. Inginkan Iron Heart Gabung ke MCU | GreensceneKekuatan dari Riri sendiri sama seperti Tony, yaitu kecerdasannya dan kemampuannya dalam membangun berbagai hal. Brian Michael Bendis, pencipta karakter ini, mengatakan bahwa Riri tidak kalah cerdas dari Tony. Yang membedakan Riri dengan Tony adalah bagaimana Riri tidak memiliki ketakutan berlebih, alias paranoid, seperti Tony. Sehingga Riri tidak pernah membangun pasukan Iron Man atau apapun.

Dengan Tony Stark yang sekarang telah pergi meninggalkan MCU, banyak dari penggemar Marvel yang menginginkan agar Ironheart dapat menggantikan Iron man. Selain para fans, Robert Downey JR., pemeran Tony Stark di MCU, juga bahkan menyampaikan aspirasinya bahwa sosok Riri Williams harus ada di MCU untuk menggantikan posisi dari Tony Stark.

Kevin Feige sendiri jauh-jauh hari sempat menyinggung perihal Riri Williams dan Ironheart, dimana karakter tersebut adalah karakter yang luar biasa dan mungkin bisa saja muncul di MCU. Dan sekarang hal ini terbukti. Kemunculan Riri Williams ini bisa membangun masa depan Marvel Cinematic Universe dengan kemunculan para superhero baru. Selain Riri, MCU juga akan menghadirkan Cassie Lang, Kate Bishop, Jennifer Walters, Amedeus Cho, dan bahkan Kamala Khan.

Marvel Studios sepertinya sedang mempersiapkan semuanya dari sekarang, sebuah pola yang sudah terbukti jitu sejak dibentuknya jagat sinematik ini sejak 2008 silam, yang dibangun oleh Tony Stark. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana peran dari Ironheart di MCU ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.