Arc Wanokuni merupakan salah satu arc yang unik dalam cerita One Piece. Dalam arc ini, para pembaca diperlihatkan bagaimana keunikan wilayah Wano. Mulai dari kebudayaan lamanya yang masih dilestarikan, bagaimana Wano tertutup dari dunia luar, dan tentunya adalah bagaimana konflik yang terjadi di dalamnya. Selain keunikan wilayah Wano, kita juga diperlihatkan bagaimana Luffy harus menghadapi dua Yonko sekaligus.

Namun, dibalik semua keunikan dan keindahan wilayahnya, Wano juga menyimpan kengerian dan sengsara serta nestapa. Bagaimana tidak, Wano sempat dikuasai oleh penguasa terkejam, Orochi, yang berusaha untuk membuat para penduduk Wano menderita sebagai balas dendam atas apa yang terjadi kepada klannya. Juga yang memperburuk keadaan adalah munculnya sosok Kaido yang menjadi sekutu Orochi.

Dalam flashback Kozuki Oden, Orochi sempat mengatakan bahwa dia membutuhkan dukungan kuat untuk memuluskan rencananya menguasai Wano. Dan akhirnya Orochi pun menjalin kerja sama dengan Kaido. Kerja sama yang dijalin adalah Orochi memberikan Kaido akses terhadap seluruh wilayah Wano, untuk dibangun pabrik senjata, sedangkan Kaido akan memberikan perlindungan penuh terhadap Orochi.

Kerja sama diantara mereka sudah terbangun sejak 20 tahun yang lalu, yang mana hal ini membuat para penduduk Wano menderita. Mereka semua kelaparan, harus disiksa, ditahan, atau bahkan dipaksa untuk terus menerus bekerja. Belum lagi Wano adalah wilayah yang tertutup dan bukan bagian dari Pemerintah Dunia, sehingga sangat sulit untuk membantu mereka.

Inilah realita yang ditunjukan oleh Tama kepada Luffy dan juga kepada kita semua tentang Wano. Dan seiring berjalannya cerita, kita juga semakin mengetahui penderitaan yang terjadi kepada penduduk Wano. Namun, saat ini Luffy dan aliansinya sedang bertarung di Onigashima untuk mengalahkan Kaido dan Orochi. Tapi, Luffy sepertinya tidak mengetahui jika Orochi sudah tewas oleh Kaido.

Meskipun topik tentang siapa yang akan membunuh Kaido adalah topik yang menarik, tapi ada hal lainnya yang juga menarik dan masih menjadi pertanyaan yaitu bagaimana nasib Wano setelah semuanya berakhir. Ada beberapa kemungkinan yang akan terjadi setelah semuanya selesai. Pertama Wano akan terbebas dari keterpukuran, tapi masih tetap dalam kondisi yang menderita.

Setelah Kaido berhasil dikalahkan, Wano akan terbebas dari mimpi buruk Kaido dan para penduduk Wano tidak perlu lagi ketakutan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Namun, ada masalah yang memang harus dilewati dalam hal ini. Karena mereka akan mengalami masa transisi, artinya semuanya harus kembali bergerak dari bawah. Tapi, mungkin ini setidaknya lebih baik daripada menderita dibawah tekanan Kaido.

Kedua, sesuai dengan mimpi Kozuki Oden sejak dulu, perbatasan Wano akan dibuka. Setelah lebih dari ribuan tahun ditutupu dari dunia luar, Oden berencana untuk membuka kembali perbatasan wilayah Wano. Sebelumnya diketahui bahwa Wano – khususnya klan Kozuki – memang dengan sengaja menutup perbatasan Wano, demi mempersiapkan sosok yang kuat di masa depan yang akan datang ke Wano.

Bocoran One Piece 963: Menguak Kehadiran Shirohige di Wano dan Janji Suku Mink Halaman all - Kompas.comMeskipun masih sekedar prediksi, namun banyak beranggapan bahwa Luffylah sosok yang dinantikan tersebut. Kita memang belum tahu bagaimana nasib dari Red Scabbards dalam pertempuran ini. Jika memang mereka masih hidup, maka merekalah yang akan membuka perbatasan Wano sesuai dengan keinginan dari sang tuan. Namun, jika mereka semua tewas, maka keputusan membuka perbatasan Wano akan dilakukan oleh Momonosuke dan Hiyori.

Berbicara mengenai Momo dan Hiyori, hal selanjutnya yang kemungkinan akan terjadi adalah memilih Shogun atau pemimpin baru Wano. Para fans sendiri masih memperdebatkan siapa yang lebih pantas dan lebih baik menduduki kepemimpinan di Wano. Apakah Momonosuke, Hiyori, atau Yamato. Semua karakter ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, terutama Yamato yang sangat “unik” karena dia bukan berasal dari klan Kozuki atau klan lainnya yang ada di Wano.

Tapi, mengingat Yamato sangat terobsesi dengan Oden, dan bagaimana dia sangat ingin menyelamatkan Wano, maka Yamato masuk dalam kandidat pemimpin Wano. Para fans memiliki argumennya sendiri mengenai masalah ini. Tapi, kita nantikan saja siapa kira-kira yang akan menjadi pemimpin baru Wano. Itulah berbagai kemungkinan yang akan terjadi di Wano setelah Kaido kalah. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.