Untuk saat ini, belum ada informasi apakah Marvel akan membuat film Avengers 5 atau tidak, tetapi, film Avengers 5 bisa saja menjadi film yang akan mempertemukan banyak karakter dari multiverse Marvel. Hal tersebut dapat terjadi jika Marvel Studios akan mengadaptasi cerita Avengers Forever yang menampilkan Kang the Conqueror sebagai karakter kunci. Kang adalah seorang villain penjelajah waktu dari masa depan yang memiliki dendam terhadap Avengers. Karena Kang dilaporkan akan bergabung dengan MCU di film Ant-Man 3, maka ada kemungkinan jika multiverse akan menjadi elemen penting dalam Avengers 5.

Apa itu Avengers Forever

Tahun 1998 dan 1999, Marvel Comics merilis komik berjudul Avengers Forever. Komik tersebut menceritakan tentang peristiwa Perang Kree-Skrull pada awal 1970an. Selama perang terjadi, Supreme Intelligence memberikan Rick Jones kemampuan kosmik yang kuat bernama Destiny Force, yang memungkinkan dia untuk menyulap para pahlawan untuk membantu Rick dalam pertempuran. Tapi setelah itu, Rick kehilangan kekuatan Destiny Force, dan ia mendapatkan lagi kekuatan tersebut di Avengers Forever untuk melawan Immortus, versi alternatif dari Kang the Conqueror dari masa depan. Dengan menggunakan Destiny Force, Rick memanggil para Avengers dari berbagai universe untuk membantunya.

Karakter awal yang dipilih oleh Rick adalah Captain America, Songbird, dua versi Hank Pym dari periode berbeda, Hawkeye, the Wasp, dan Genis-Vell. Dalam komik tersebut, Rick Jones dan tim Avengersnya bertemu dengan sejumlah pahlawan dari universe lain. Rick memanggil Avengers versi universe alternatif, dan karakter individu lainnya seperti Thor, Black Panther, Killraven, Daredevil, Moon Knight, dan banyak lagi. Mereka juga bersekutu dengan teman lama seperti Iron Man dari universe lain. Bersama-sama mereka semua mencoba untuk mengalahkan Kang, sebelum hal lebih buruk terjadi.

Phase 4 Membangun Multiverse

Di phase ketiga, kita diperlihatkan sebuah film crossover yang menghadirkan berbagai superhero ikonik MCU. Mereka berkumpul dalam satu film yang sama yaitu Avengers: Infinity War dan Endgame. Marvel juga dapat membuat crossover besar berikutnya dengan cara yang sama. Di phase keempat, Marvel bisa menjadikan multiverse sebagai pusat cerita, yang dapat ditampilkan di Avengers 5. Lagipula, sudah jelas bahwa multiverse akan diperkenalkan di Doctor Strange 2, Spider-Man 3, dan WandaVision. Dengan adanya mutliverse, Marvel Studios tentunya dapat membangun cerita yang jauh lebih masif dan memunculkan elemen perjalanan waktu. Sudah jelas bahwa di phase keempat, Marvel Studios akan mencoba membangun multiverse sebagai inti cerita.

Bagaimana Avengers 5 Dapat Menyatukan

Dengan mengadaptasi cerita Avengers Forevers dan memasukan multiverse, berarti apapun dapat terjadi di Avengers 5. Dari segi cerita, Marvel tidak akan dibatasi, apalagi untuk menghadirkan berbagai karakter baru. Marvel Studios juga dapat menceritakan era yang sebelumnya belum pernah diceritakan. Bahkan Marvel Studios bisa mendatangkan kembali karakter yang sebelumnya telah mati secara permanen yaitu Tony Stark dan Natasha Romanoff. Aktor yang memerankan Tony Stark, Robert Downey, dipastikan tidak akan terlibat lagi dalam film MCU. Tetapi MCU bisa menceritakan Tony Stark lain yang datang dari universe alternatif, dan Tony Stark tersebut dapat diperankan oleh aktor lain.

Jika Rick Jones akan muncul di Avengers 5, maka ia akan mendapatkan kesempatan untuk merekrut superhero dari universe alternatif dan membawanya ke universe utama untuk mengalahkan Kang the Conqueror. Jika Rick Jones tidak muncul di MCU, bisa saja ada skenario lain, di mana sosok yang merekrut superhero dari universe lain adalah Doctor Strange atau Scarlet Witch. Dihadirkannya Electro yang diperankan oleh Jamie Foxx menjadi bukti bahwa MCU akan mengeksplorasi tema multiverse yang akan sangat menarik dan masif.