Dalam franchise Naruto, seorang Kage adalah sosok yang harus bisa diandalkan. Seseorang yang ditunjuk sebagai Kage di sebuah desa atau wilayah harus mampu memenuhi ekspektasi dari orang-orang atau penduduk disana. Namun, pada kenyataanya tidak semua Kage mampu menjalankan dan memenuhi ekspektasi tersebut. Dalam seriesnya, ternyata ada juga sosok Kage yang dianggap sangat buruk. Bahkan, mungkin para penduduk desa lebih memilih untuk melupakan sosok Kage ini. Dan berikut adalah para Kage terburuk dalam series Naruto!

Rasa

Rasa merupakan Kazekage dari desa Sunagakure dan merupakan penerus dari shinobi terkuat di desanya. Rasa merupakan seorang pemimpin militer shinobi yang sangat terampil, yang mana itu menjadi salah satu alasan dia dipilih menjadi Kazekage. Kemampuan yang dimiliki Rasa mampu menaklukan Shukaku. Sayangnya kepemimpinan Rasa tidak bertahan lama, setelah dia tewas di tangan Orochimaru saat Rasa mencoba untuk menyerang Konoha.

Namun, ada satu hal yang membuat Rasa menjadi seorang Kage terbutuk yaitu dia membuat anaknya sendiri, Gaara, menderita. Berbeda dengan Naruto dimana Minato dan Kushina terpaksa membuat Naruto sebagai Jinchuriki, Rasa justru dengan sengaja menjadikan Gaara seorang Jinchuriki. Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan kemampuan Gaara. Apa yang dilakukannya justru membuat hidup Gaara menderita. Menyedihkannya lagi adalah justru ayahnya sendiri yang meyakinkan Gaara bahwa dia tidak akan pernah memiliki teman, dan dia lahir hanya sendiri.

Ay

Ay Merupakan Raikage keempat dari desa Kumogakure dan juga merupakan salah satu Raikage terkuat. Sama seperti ayahnya, dia adalah sosok monster ketika bertarung saat era kejayaannya dulu. Tapi, sekarang kemampuan Ay cukup menurun. Ay menjadi seorang Raikage pasca perang besar ninja ketiga dan dibawah kepemimpinannya, desa Kumogakure menjadi salah satu desa maju.

Namun, ada hal mengerikan yang pernah dia lakukan. Sebelum cerita utama di series Naruto dimulai, pasca perang besar ninja ketiga, desa Konoha dan desa Kumo saling berperang satu sama lain. Untuk menghentikan peperangan, akhirnya kedua desa sepakat menandatangani pakta perdamaian pada ulang tahun Hinata yang ketiga.

Tapi, sebenarnya tujuan utama Ay adalah untuk mengambil kemampuan Byakugan dari keluarga utama Hyuga. Dia menculik Hinata yang masih kecil. Setelah Hizashi membunuh shinobi Kumogakure yang mencoba menculik Hinata, Hizashi kemudian mengorbankan nyawanya untuk membuat semuanya menjadi damai.

Tobirama Senju

Tobirama Senju mungkin adalah seorang Hokage yang baik, yang banyak dipuji dan dipuja banyak orang. Dia sudah banyak melakukan kebaikan dan dengan kekuatan yang dia miliki, dia menjadi salah satu Kage yang paling sukses di Konoha. Kemampuan ninjutsunya sangat luar biasa, dan Tobirama juga bertanggung jawab atas lahirnya berbagai kemampuan ninjutsu yang digunakan para shinobi.

Tapi, tidak selamanya dia berbuat baik. Tobirama Senju sudah mulai ikut berperang dengan klan Uchiha, sejak usianya masih kecil. Meskipun sang kakak, Hashirama, meminta Tobirama untuk belajar mempercayai klan Uchiha tapi dia tidak pernah bisa melakukannya. Setelah Hashirama tewas, Tobirama sadar mengenai kekuatan Uchiha dan juga kutukan kebencian yang ada dalam diri mereka.

Karena hal itu, Tobirama kemudian mencegah sebisa mungkin agar para klan Uchiha tidak bisa bangkit. Sebagian besar klan Uchiha ditahan oleh pihak berwajib Konoha yang mana membuat mereka dijauhi oleh para penduduk sekitar. Dan puncaknya adalah seluruh klan Uchiha dibantai habis oleh Itachi atas perintah dari Danzo.

Yagura Karatachi

Yagura merupakan Mizukage keempat dari desa Kirigakure. Diantara yang lain, banyak yang menganggap bahwa Yagura adalah seorang Kage yang paling buruk. Dalam hal kekuatan, mungkin dia adalah seorang shinobi yang hebat dan tangguh, tapi dalam urusan menjadi pemimpin dia sangat lemah dan kurang mampu. Yagura meyakini bahwa dengan “ketegasan” yang dia bawa justru akan melahirkan shinobi kuat di desanya, yang mana hal itu justru salah.

Dengan kekejaman dan ketegasan yang dia jalan, justru shinobi yang lahir dari desa Kirigakure meruapakan sosok shinobi yang bersifat monster. Tidak ada kata ampun dalam diri para shinobi Kirigakure. Mereka cenderung diperlihatkan sebagai antagonis dalam seriesnya. Hal tersebut wajar, di bawah kekuasan Yagura anak-anak dipaksa untuk saling bunuh satu sama lain. Mereka yang bertahan baru bisa disebut dan menjadi seorang shinobi. Era kepemimpinannya dianggap sebagai sejarah kelam desa tersebut.

Danzo Shimura

Danzo merupakan salah satu murid dari Tobirama Senju, dan tidak diragukan lagi, Danzo adalah karakter yang paling dibenci di seriesnya.  Meskipun Danzo sebenarnya bukanlah seorang Kage secara resmi, dia dipilih sebagai sosok untuk mengambil alih kepemimpinan Hokage keenam. Danzo bahkan sempat mengikuti pertemuan lima Kage di desa besi (Tetsu no Kuni), dan dia bertindak sebagai Kage Konoha.

Kepemimpinannya memang singkat, tapi tidak salah juga jika banyak orang menganggap kepemimpinan Danzo adalah yang paling buruk. Danzo adalah orang yang bertanggung jawab atas berbagai tindakan mengerikan, yang terjadi di Konoha. Danzo bahkan sempat berencana untuk melakukan kudeta besar-besaran setelah Pain menyerang desa Konoha.

Konyolnya, saat peristiwa tersebut terjadi Danzo justru tidak muncul. Dia hanya bersembunyi di tempat yang aman. Dengan menggunakan Sharingan milik Shisui, dia mencoba memanipulasi orang-orang dan cara yang dia ambil untuk berkuasa. Dia bahkan melakukan hal yang sama kepada Mifune. Untungnya Sasuke mengetahui semua rencana busuk Danzo dan akhirnya Sasuke berhasil membunuhnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.