Azula

Azula adalah putri raja api Ozai dan adik Zuko. Azula merupakan salah satu pengendali api terjahat dalam cerita Avatar. Sama seperti ayah dan kakeknya, Azula merupakan sosok yang kejam, memiliki skill tinggi, dan juga sangat haus darah. Dia begitu menguasai pengendalian api, dan siap membunuh siapapun yang menghalangi jalannya. Karena hal ini, banyak orang takut kehilangan nyawa akibat kemarahannya.

Meskipun dia adalah sosok yang jahat, Azula adalah seorang yang brilian dalam hal politik dan dia juga seorang ahli strayegi yang cerdas. Azula tidak akan segan untuk mengkambing hitamkan saudaranya sendiri, demi terwujudnya tujuan yang dia idam-idamkan.

Azulon

Kakek dari Azula dan Zuko, dan ayah dari Ozai ini memang merupakan seorang pengendali api yang hebat. Tapi, kekejaman dan juga kebrutalan yang dilakukan oleh Azulon bukan berasal dari bagaimana dia mengendalikan api. Melainkan bagaimana kecerdasannya digunakan untuk sesuatu hal yang sangat luar biasa, seperti pembangunan mesin perang yang membantu negara api.

Dibawah kekuasaan Azulon, tank, kapal perang, dan berbagai mesin penghancur lainnya dikembangkan untuk membantu negara api dalam memenangkan peperangan dengan negara lainnya. Karena penemuannya ini, negara air harus mengalami kepunahan dan pertahanan mereka bisa ditembus dan dirusak.

Iroh

Selain Ozai, karakter yang cukup populer dari negara api adalah paman Iroh. Terlepas dari masa kelam yang dia lalui, di usianya yang sudah beranjak tua paman Iroh lebih memilih untuk berada dalam kedamaian. Dan di masa kejayaan dulu, paman Iroh merupakan seorang pengendali api yang sangat luar biasa. Dia juga bahkan merupakan salah satu pengendali petir.

Ketika Iroh masih aktif di militer negara api, dia sudah pernah menaklukan berbagai kerajaan yang ada di seluruh dunia Avatar, menghancurkan siapapun yang ada di depannya. Iroh belajar banyak hal dari masa mudanya tersebut, dan mengakui kesalahan yang dia lakukan dan negaranya lakukan. Oleh karna itulah dia kemudian bergabung dalam kelompok White Lotus.

Aang

Aang memang berbeda dari Avatar Roku, dimana Aang bukan lahir di negara api melainkan di negara udara. Keahlian awal yang dia miliki adalah pengendalian angin, sebelum dia banyak belajar tentang elemen lainnya termasuk api. Sebagai seorang Avatar, tidak diragukan lagi Aang adalah salah satu pengendali api terhebat dalam seri The Last Airbender.

Jika Aang mau, dia bisa berubah menjadi sosok yang sangat mengerikan di dunia ini, melepaskan kemarahan yang besar terhadap musuh-musuhnya. Seperti yang dia perlihatkan dalam pertarungan melawan raja api di episode terakhir. Beruntung, Aang tidak termakan oleh emosinya tersebut karena pada dasarnya Aang adalah sosok yang penuh dengan rasa kasih sayang dan humoris.

Korra

Meskipun Aang merupakan karakter pengendali api terkuat di seri Avatar, tapi dia bukanlah sosok yang berbahaya  karena pada dasarnya dia adalah karakter yang penuh dengan kasih sayang. Korra, di sisi lain, berbeda dengan Aang. Korra memang memiliki sifat baik dan penyayang yang sama dengan Aang, tapi dia memiliki sifat lainnya seperti keras kepala, yang membuat amarahnya gampang terpancing.

Hal itulah yang membuat Korra menjadi berbahaya, meskipun tidak seperti Azula, Korra berpotensi untuk seperti Azula. Tanpa ada arahan yang baik, seperti yang dilakukan oleh Aang, mungkin Korra akan jatuh ke arah yang salah.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.