Jika ada satu hal yang tidak bisa dengan mudah untuk dilakukan dalam seri animasi Avatar: The Last Airbender, hal itu adalah pengendalian api. Pengendalian api tidak bisa dilakukan sembarangan, bahkan ada karakter yang harus kembali lagi belajar dari dewa matahari untuk bisa kemudian belajar tentang pengendalian api. Dalam serinya, ada banyak sekali para pengendali api terhebat dan berbahaya, dan berikut adalah daftarnya.

Jeong Jeong

Jeong Jeong merupakan seorang pengendali api hebat yang kabur dari pasukan negara api dalam seri The Last Airbender. Dia merupakan guru penegendalian api untuk Aang dan Zhao, dan ia merupakan seorang legenda karena ternyata dia merupakan bagian dari kelompok Order of the White Lotus – sebuah ordo atau kelompok rahasia yang berusaha untuk menghilangkan berbagai perbedaan dari empat negara.

Apa yang membuat Jeong Jeong berbahaya? Pertama adalah dia merupakan seorang ahli dalam pengendalian api. Dia juga merupakan seorang pensiunan admiral angkatan laut negara api. Bukan hanya itu, dia juga ikut membantu memimpin pemberontakan Ba Sin Se ketika dia bergabung dengan White Lotus. Jeong Jeong memang sudah tidak lagi menjadi bagian dari negara api dan meninggalkan gaya hhidupnya yang jahat, bertahun-tahun yang lalu. Tapi, dia tetap menjadi salah satu orang terhebat di universe Avatar.

Ozai

Untuk karakter satu ini, rasanya Geeks semua sudah mengenal siapa sosok Ozai. Dia merupakan penguasa negara api, dan ayah dari Zuko dan Azula. Sebagai seorang penguasa, Ozai begitu haus akan kekuasaan dan dia begitu berhasrat untuk menaklukan banyak wilayah. Dengan kekuatan yang dahsyat dan motivasinya yang sangat jahat, wajar jiak kemudian Ozai masuk dalam daftar ini.

Ozai juga dianggap sebagai salah satu pengendali api terbaik di dunia, seseorang yang secara harfiah sudah berhasil menaklukan hampir seluruh wilayah di universe Avatar dalam perang besar yang terjadi ratusan tahun. Tapi, sama seperti para karakter lainnya dalam daftar ini, Ozai jarang diperlihatkan bertarung melawan musuh. Dia lebih sering mengirimkan pasukannya. Satu-satunya pertarungan yang dilakukan oleh Ozai adalah pada episode terakhir melawan Aang.

Avatar Roku

Roku merupakan seorang Avatar yang berasal dari wilayah negara api dan sejak kecil, dia sudah memperlihatkan kemampuan yang sangat luar biasa dalam hal pengendalian api. Dengan cepat, Roku kemudian berhasil menguasai teknik pengendalian api. Meskipun dia berasal dari negara api, dia tidak pernah arogan seperti penduduk negara api atau pasukan negara api.

Roku justru merupakan seorang biksu yang senang dengan perdamaian dan menjadi seorang Avatar sebelum Aang. Roku juga merupakan salah satu karakter yang ikut membantu Aang untuk mengembalikan kedamaian di bumi dan mengalahkan negara api. Nasib tragis harus dialami oleh Roku dimana dia dibunuh oleh rekannya sendiri yang mana adalah raja api Sozin.

Sozin

Sozin merupakan raja api yang memulai peperangan dengan negara lainnya. Sozin memulai perang tersebut dengan hasrat untuk menaklukan berbagai wilayah, demi kekayaan, dan kekuasaan. Sozin benar-benar sosok yang haus darah, kejam, dan sangat tirani. Sozin merupakan orang yang bertanggung jawab atas musnahnya suku udara yang menjadi tempat bernaung Aang.

Sozin sendiri memiliki sebuah teknik mengerikan yang populer yaitu Sozin’s Comet atau komen Sozin, sebuah serangan yang sangat destruktif yang bisa menghancurkan dan membakar seluruh kota dalam sekejap. Tapi, memang tidak setiap hari Sozin bisa mengeluarkan teknik tersebut karena dia harus menunggu komet khusus yang datang mendekati bumi, sebelum kemudian Sozin menariknya dengan kekuatan yang dia miliki.

Zuko

Anak dari raja api Ozai, sang pangeran yang terbuang. Zuko juga merupakan salah satu pengendali api terkuat di seri The Last Airbender. Meskipun sejak kecil Zuko tidak memiliki potensi yang cemerlang seperti sang adik, Azula, dalam pengendalian api, rasa amarah yang sangat mendalam pada diri Zuko mendorongnya untuk melampaui batas yang ada dalam dirinya. Mirip seperti apa yang terjadi kepada Vegeta dalam cerita Dragon Ball.

Zuko pada akhirnya tumbuh menjadi sosok yang kuat setelah dia bergabung dengan Aang, Sokka, dan Katara. Berkat bantuan dari sang paman, Iroh, Zuko kemudian bisa merubah sikap pemarah dalam dirinya menjadi sosok yang lebih baik. Iroh juga mengarahkan Zuko untuk belajar langsung dari suku asli pengendali api, ketika dia sempat kehilangan kemampuan pengendalian api.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.