Dalam arc Wanokuni ini, buah iblis dengan jenis Zoan menjadi sorotan utama dalam ceritanya. Wajar memang, Kaido merupakan kapten yang sengaja hanya merekrut kru yang hanya memiliki kekuatan buah iblis Zoan. Bahkan, Orochi pun merupakan pengguna buah iblis dengan tipe Zoan. Tapi, perlu dicatat bahwa buah iblis Zoan yang muncul di arc Wanokuni bukanlah jenis Zoan biasa melainkan buah iblis Zoan kuno (ancient Zoan) atau Zoan mitologis (mythical Zoan). Berikut adalah berbagai buah iblis Zoan kuno dan mitologis yang sudah muncul dalam cerita.

Ryu Ryu no Mi, Model: Spinosaurus

Ryu Ryu no Mi, Model: Spinosaurus merupakan buah iblis Zoan kuno yang membuat penggunanya bisa bertransformasi menjadi hybrid manusia dan dinosaurus berjenis spinosaurus atau spinosaurus sepenuhnya. Buah iblis ini dikonsumsi oleh kakak dari Ulti, yaitu Page One, yang merupakan salah satu anggota dari kelompok Flying Six dan merupakan Headliners bagi kelompok Kaido.

Buah iblis ini memberikan kekuatan yang sangat luar biasa kepada penggunanya, terutama di bagian rahang, ekor, dan lengan seperti yang diperlihatkan ketika Page One menghancurkan dan meluluh lantakan bangunan di Flower Capital dan berhasil menghajar Sanji dengan mudah.

Inu Inu no Mi, Model: Kyuubi

Catarina Devon, yang juga dikenal sebagai “Cescent Moon Hunter,” merupakan bajak laut wanita yang paling berbahaya yang pernah dikurung di dalam penjara Impel Down, sepanjang sejarah bajak laut. Saat ini, Catarina Devon sudah menjadi anggota dari bajak laut Marshall D. Teach alias Black Beard setelah dirinya dibebaskan dalam penyusupan kelompok Teach ke Impel Down.

Catarina Devon mengkonsumsi buah iblis tipe Zoan yang sama dengan Jabra, yaitu Inu Inu no Mi. Hanya saja modelnya yang berbeda yaitu Kyuubi, alias serigala berekor sembilan dan juga model buah iblisnya termasuk langka. Kelebihan dari buah iblis yang dikonsumsi oleh Catarina adalah dia mampu bertansformasi menjadi karakter tertentu (kloning). Kekuatan ini hampir mirip dengan kekuatan Mane Mane no Mi. Dengan kekuatan ini wajar jika dia menjadi bajak laut yang berbahaya dan menjadi ancaman serius bagi Luffy.

Tori Tori no Mi, Model: Phoenix

Marco the Phoenix atau yang biasa disebut Marco merupakan mantan pemimpin divisi pertama dari anggota bajak laut White Beard. Marco mengkonsumsi buah iblis jenis Mythical Zoan dengan tipe burung Phoenix. Dengan kemampuan ini, Marco bisa berubah menjadi burung phoenix dengan api berwarna biru. Karena hal inilah Marco dijuluki Marco the Phoenix.

Sama seperti legenda burung Phoenix yang “tidak bisa mati”, Marco memiliki kemampuan untuk bisa sembuh dengan cepat dari luka apapun ketika dia menjadi manusia. Kemampuan ini mirip dengan healing factor Deadpool atau Wolverine. Marco bahkan pernah menyembuhkan lukanya hanya dengan api dari form Phoenix miliknya dan kembali ke bentuk manusia.

Hito Hito no Mi, Model: Daibutsu

Sengoku the Buddha atau Sengoku sang Buddha merupakan pemimpin pasukan angkatan laut sebelum timeskip terjadi. Sengoku merupakan penerus Kong dan kemudian setelah timeskip jabatannya diberikan kepada Sakazuki. Sengoku mengkonsumsi buah iblis Hito Hito no Mi, sama seperti Chopper. Bedanya adalah Sengoku memakan buah iblis dengan model yang berbeda dan langka yaitu Daibutsu.

Buah iblis tersebut memberikan kekuatan bagi Sengoku untuk berubah wujud menjadi patung emas Buddha raksasa dan memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. Ada hal menarik dari buah iblis ini. Jika pada karakter lainnya berubah menjadi binatang buas atau mitologi, Sengoku justru berubah menjadi wujud raksasa. Perdebatan di kalangan fans sempat muncul ketika mereka mempertanyakan apa yang terjadi jika manusia biasa memakan Hito Hito no Mi. Apakah efeknya akan sama dengan Sengoku atau tidak.

Ryu Ryu no Mi, Model: Allosaurus

X Drake atau yang biasa disebut sebagai “Red Flag”, merupakan seorang mantan admiral angkat laut yang kemudian berubah menjadi seorang bajak laut. Dia memiliki kelompok bajak laut yang bernama Drake Pirates atau bajak laut Drake. Drake sendiri merupakan karakter yang mengkonsumsi buah iblis tipe Ancient Zoan yaitu Ryu Ryu no Mi model: Allosaurus.

Kekuatan Ryu Ryu no Mi membuat Drake mambu bertransformasi menjadi salah satu jenis dinosaurus jenis theropoda. Dengan kekuatan dari Ryu Ryu no Mi, Drake “berhasil” mendapatkan nilai buruan yang mencapai 222.000.000 juta Belly. Dia juga merupakan salah satu bajak laut “Worst Generation” bersama dengan Luffy. Saat ini, Drake berafiliasi dengan kelompok bajak laut Beast Kaido sebagai salah satu anggota dari Flying Six.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.