Thriller Bark

Sama seperti pertarungan melawan Rob Lucci, Luffy dibuat hampir tidak bisa bergerak setelah dia bertarung melawan Gecko Moria dalam arc Thriller Bark. Luka dan rasa sakit yang diderita oleh Luffy benar-benar sangat luar biasa, sampai-sampai membuat Luffy akhirnya pingsan. Dan mengejutkannya, tiba-tiba sosok Bartholomew Kuma muncul untuk menangkap Luffy.

Tapi, berkat keberhasilan Roronoa Zoro untuk meyakinkan Kuma dan juga determinasi tinggi yang diperlihatkan oleh Sanji, Kuma akhirnya memutuskan untuk tidak menghabisi nyawa Luffy. Sesuai kesepakatan, Kuma kemudian memindahkan semua rasa sakit dan luka yang dialami oleh Luffy ke tubuh Zoro.

Kepulauan Sabaody

Ketika Luffy bersiap untuk pergi ke pulau manusia ikan, kru Topi Jerami justru terlibat dalam masalah besar akibat Luffy yang menyerang kaum naga langit. Akibatnya seorang admiral akhirnya diturunkan untuk mengatasi hal tersebut, yang mana admiral tersebut ternyata Kizaru. Selain Kizaru, angkatan laut juga mengirim Sentomaru beserta para Pacifista.

Jika saja Kizaru tidak dihentikan serangannya oleh Rayleigh, mungkin Luffy dan kelompok Topi Jerami sudah selesai nasibnya. Dan jika saja Kuma yang asli tidak menghentikan salah satu serangan Pacifista, mungkin nasib Luffy akan tewas di tempat itu.

Impel Down

Momen ini terjadi ketika Luffy menyusup ke penjara Impel Down demi membebaskan Ace dari kurungan, dan mencegah Ace dieksekusi angkatan laut. Dengan bantuan Hancock, Luffy berhasil menyusup masuk ke Impel Down. Tapi, yang tidak Luffy ketahui adalah Ace ternyata dikurung di level 6 yang merupakan level terbawah dari penjara Impel Down.

Sayangnya, usaha Luffy untuk menyelamatkan Ace gagal setelah dia harus menghadapi kepala penjara Impel Down, Magellan. Magellan merupakan pemakan buah iblis Doku Doku no Mi, dimana seluruh tubuhnya berisi racun yang mematikan. Luffy terkena serangan Magellan, dan jika bukan karena Bon Clay dan Emprio Ivankov yang ada di level 5.5 mungkin Luffy sudah tewas akibat racun Magellan.

Marineford

Di akhir perang besar Marineford, Portgas D. Ace akhirnya berhasil dibebaskan oleh Luffy. Tapi, Ace yang termakan perkataan Akainu kemudian kembali bertarung melawan admiral angkatan laut tersebut. Menyadari Luffy adalah target yang mudah, akhirnya justru Akainu menyergap Luffy yang sedang lengah.

Melihat hal tersebut, Ace mengorbankan dirinya untuk menahan pukulan magma Akainu dan kemudian tewas. Mengetahui Ace tewas, Luffy langsung tidak sadarkan diri. Beruntung nyawa Luffy bisa diselamatkan dengan bantuan Jinbe yang membawa kabur Luffy dari medan pertempuran, juga bantuan dari berbagai karakter seperti Coby, Law, bahkan Shanks.

Pulau Manusia Ikan

Arc Pulau Manusia Ikan sempat menampilkan ketegangan dimana Luffy beserta kru Topi Jerami dipaksa harus bertarung melawan kelompok Hody Jones. Meskipun di akhir cerita Luffy berhasil mengalahkan banyak anak buahnya dengan Haki, tapi pertarungan Luffy dan Hody berakhir buruk bagi Luffy. Akibat serangannya, Luffy harus kehilangan banyak darah dan tidak sadarkan diri.

Nyawa Luffy akhirnya bisa diselamatkan tidak lain oleh sosok Jinbei, yang memberikan darahnya untuk ditransfusikan ke dalam tubuh Luffy. Padahal, di pulau manusia ikan transfusi darah baik dari manusia ke manusia ikan ataupun sebaliknya merupakan perbuatan yang dilarang.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.