Dengan semua kemampuan yang dimiliki, seperti kekuatan buah iblis dan Haki, Monkey D. Luffy menjadi salah satu karakter terkuat dalam cerita One Piece. Luffy memang merupakan karakter protagonis utama dalam serinya, yang bercita-cita menjadi seorang raja bajak laut. Sudah banyak musuh-musuh besar yang sudah berhasil Luffy kalahkan, demi mengejar cita-citanya tersebut.

Tapi, meskipun Luffy berhasil mengalahkan banyak karakter kuat, tidak jarang juga Luffy harus mengalami kekalahan telak yang menyakitkan. Bahkan, kekalahan yang dialami oleh Luffy tidak jarang membuat Luffy hampi kehilangan nyawanya. Berikut adalah berbagai momen ketika Luffy hampir mati.

Loguetown

Di awal cerita One Piece, Luffy pergi ke wilayah Loguetown bersama dengan kru Topi Jerami sebelum mereka memasuki wilayah Grand Line. Disana, dia bertemu dengan Buggy (yang sekarang sudah menjadi sekutu) dan juga Alvida. Keduanya hampir saja membuat nyawa Luffy berakhir.

Ketika Luffy akan dieksekusi oleh Buggy, tiba-tiba petir besar menyambar tempat Luffy dieksekusi. Petir tersebut menghancurkan tempat Luffy dipasung dan akhirnya Luffy bisa bebas. Momen tersebut seolah seperti takdir dimana Luffy memang diharuskan untuk melanjutkan petualangannya. Tapi, bisa jadi hal itu juga terjadi akibat bantuan ayahnya.

Alabasta: Rainbase

Setelah memasuki wilayah Grand Line, tempat pertama yang Luffy lewati adalah wilayah Alabasta. Luffy pun menghadapi musuh besar pertamanya, yang tidak lain adalah seorang Shichibukai (pada saat itu) yaitu Crocodile. Crocodile dan Luffy sempat beberapa kali bertarung dalam arc Alabasta, dan pertarungannya dimulai diluar wilayah Rainbase.

Tidak butuh waktu lama bagi Crocodile untuk bisa mengalahkan Luffy, dan kekalahan tersebut hampir merenggut nyawa Luffy. Perbedaan kekuatan dan pengalaman menjadi salah satu faktor kekalahan Luffy. Beruntung bagi Luffy, ada sosok Nico Robin yang membantunya karena jika tidak mungkin dia sudah hilang akibat terjebak di pasir hisap.

Alabasta: Royal Palace

Setelah mengetahui apa kelemahan dari Crocodile, Luffy kemudian kembali menantangnya bertarung. Kali ini, Luffy sudah mempersiapkan air yang akan membantunya memenangkan pertarungan tersebut. Meskipun di pertarungan kedua Luffy mulai bisa memberikan perlawanan, tapi sayangnya Luffy harus kembali kalah dari Crocodile. Beruntung air yang dia bawa menjadi penyelamat hidupnya.

Long Ring Long Land

Luffy dan krunya kembali berlayar di laut setelah mereka berpetualang di pulau langit atau Skypiea. Mereka kemudian mengunjungi Long Ring Long land, dimana mereka kemudian bertemu dengan admiral Aokiji. Demi melindungi Robin dari Aokiji, Luffy dan semua kru ikut bertarung melawan Aokiji. Sayangnya, akibat perbedaan kekuatan, Luffy dan yang lain pun kalah dalam waktu singkat.

Jika saja Aokiji seperti Akainu yang tidak mengenal ampun terhadap bajak laut, mungkin nasib Luffy dan yang lain sudah selesai disana. Tapi, karena Aokiji merasa berhutang kepada Garp akhirnya Aokiji pun melepaskan Luffy dan kru Topi Jerami lainnya.

Ennies Lobby

Dalam sebuah pertarungan hidup dan mati, Luffy bertarung dengan sekuat tenaga melawan Rob Lucci dari CP-9 di Tower of Justice. Pada awalnya Luffy tidak berdaya menghadapi kekuatan Lucci yang sangat luar biasa. Tapi, dengan determinasi yang tinggi serta penggunaan Gear dua dan Gear tiga secara terus menerus, akhirnya Luffy berhasil mengalahkan Lucci.

Sayangnya, kemenangan tersebut harus dibayar dengan mahal dimana setelahnya tubuh Luffy menjadi sangat sulit untuk digerakan. Luffy bisa saja mati disana, tapi kembali nasib baik membuat Luffy akhirnya bisa selamat dan melanjutkan petualangannya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.