Meskipun proses produksinya belum dimulai, film Thor: Love and Thunder banyak mendapatkan sorotan. Sebelumnya, Vin Diesel membocorkan kalau ada beberapa anggota Guardian or the Galaxy yang bakalan muncul di film Love and Thunder. Dan sekarang yang paling baru merupakan pernyataan langsung dari sang sutradara, Taika Waititi, dalam sebuah siaran langsung di akun instragramnya.

Waititi mencoba menjawab pertanyaan dari para fansnya, yang sebagian tentunya dijawab dengan tidak gamblang agar tidak membocorkan ceritanya. Tapi, saat membahas tentang Love and Thunder dia mengatakan kalau film terbaru ini terasa dibuat oleh sekumpulan anak-anak berusia 10 tahun dengan banyak hal fantasi di dalamnya. Salah satu contohnya adalah hiu luar angkasa.

Apa Itu Space Shark

Pertama kali diperkenalkan oleh Chris Claremont dan Dave Cockrum, Space Sharks pertama kali muncul dalam komik Uncanny X-Men #162 dimana mereka pada dasarnya mirip seperti ikan hiu yang ada di lautan. Bedanya, mereka berenang-renang di luar angkasa. Mereka kemudian digunakan oleh ras alien Brood, ras ini dikenal sebagai ras parasit yang sering mengendalikan musuhnya dengan menyerang bagian otak.

Brood pun melakukan hal yang sama kepada hiu luar angkasa ini, dan menjadikan mereka kendaraan untuk berperang atau menjadikan mereka senjata untuk menghancurkan planet dan memulai proses melahirkan ras alien Brood. Hiu luar angkasa atau Starkshark memiliki ukuran tubuh sangat besar, tapi meskipun mereka memiliki ukuran yang besar mereka mampu bergerak dengan sangat cepat.

Starshark sediri digunakan oleh ras Chitauri untuk membangun Leviathan. Mereka menggabungkan Acanti (jenis ikan luar angkasa lainnya) dengan hiu luar angkasa atau Starshark. Beberapa hiu ganas ini pernah ditangkap oleh the Collector untuk menjadi koleksi pribadinya, namun sayang saat hiunya lepas di kapal miliknya ada beberapa krunya yang tewas karena dimakan.

Space Shark dan Thor

Seperti yang diketahui, Space Shark sendiri sebenarnya pernah juga muncul dalam cerita Thor yang ditulis oleh Jason Aaron. Starsharks banyak muncul di sepanjang seriesnya termasuk dalam sebuah realita alternatif dimana tiga generasi Thor hadir bersamaan dan harus bertarung melawan mereka. Spacesharks sendiri berhasil mengalahkan Thor, namun King Thor mampu mengalahkan salah satunya.

Berbicara mengenai kekuatannya, seperti yang disebutkan di atas Starshark mampu terbang dan melakukan perjalanan di luar angkasa dalam waktu yang singkat. Mereka mampu bergerak dengan cepat meskipun ukurannya sangat besar. Mereka memiliki kekuatan besar, dan kekuatan mereka semakin dahsyat ketika mereka dirubah menjadi senjata oleh Brood.

Space Sharks di Marvel Cinematic Universe

Karena Starshark merupakan properti atau masuk ke dalam franchise X-Men, karakter ini sebelumnya dipegang oleh 20th Century Fox. Tapi, karena Fox sudah merger dengan Disney jadi hal mengenai legalitas karakternya udah bukan perkara besar lagi. Dan dengan menghadirkan hiu luar angkasa ini akan membuat film Love and Thunder semakin “aneh”, sesuai dengan citra Waititi selama ini.

Tapi, tentunya Starshark bukanlah karakter yang bisa diremehkan karena mereka udah sering mengalahkan para dewa dan memakan dewa yang mereka kalahkan. Dengan memperkenalkan Starshark membuka kesempatan filmnya untuk juga memperkenalkan sosok Gorr the God Butcher, meskipun sebenarnya karakternya memiliki kesamaan dengan Hela yang ditampilkan dalam film Waititi sebelumnya.

BACA JUGA: Kenali Wonder Warrior, Versi Lelaki dari Wonder Woman!

Namun, tentunya perubahan bisa saja berlangsung. Perubahan tersebut akan menyesuaikan dengan cerita yang ada. Apakah mungkin ini karakter yang akan diperankan oleh Christian Bale? Masih harus kita tunggu. Namun, yang pasti film Thor: Love and Thunder akan semakin memperluas mitologi dari Thor di Marvel Cinematic Universe. Yang artinya mungkin Marvel akan membuat 1 atau 2 film lagi untuk Thor.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.