Karakter Wonder Woman selalu menjadi bentuk perwujudan dari ketangguhan kekuatan seorang wanita dan juga keberaniannya. Putri Amazon tersebut berasal dari sebuah wilayah yang memang selalu mengandalkan kekuatan fisik dan kecerdasan secara sempurna. Wajar kalau kemudian Wonder Woman menjadi contoh bagi wanita di seluruh dunia.

Tapi, apa jadinya kalau Wonder Woman memiliki versi prianya? Namanya adalah Wonder Warrior. Karakter ini muncul pertama kali dalam komik Superman #349. Lalu, bagaimana dengan cerita masa lalu atau origin story dari Wonder Warrior ini?

Penuh Jebakan

Ceritanya dimulai dengan Superman yang kembali dari misi di luar angkasa, dimana dia kembali menjadi Clark Kent. Ketika Kent tiba di Daily Planet, dia mulai merasa ada sesuatu yang aneh. Orang-orang yang ada di sekitarnya nampak baru, dan gak ada orang yang dia kenal sama sekali.

Yang aneh juga adalah Daily Planet dipimpin oleh seorang editor perempuan bernama Penny White, yang mirip seperti Clara Kent. Karena kaget, Clark pun keluar dari gedung dan semakin kaget ketika kota “Metropolis” tersebut diselamatkan oleh Superwoman dan bukan Superman.

Berpikir kalau Superman masuk ke sebuah dunia paralel, Superman pun mulai menjelajahi dunia tersebut. Awalnya, kecurigaannya terasa benar dengan Justice League memiliki Black Condor dan bukan Black Canary dan Batwoman menggantikan posisi Batman. Sayangnya, ketika Superman hendak pergi dari planet itu ternyata planet itu dikelilingi oleh pelindung yang kuat.

Gak hanya itu aja, yang lebih aneh lagi adalah Clark kemudian melihat Clara Kent dan Superwoman bekerja sama, menandakan kalau planet itu merupakan “tiruan” dari bumi. Hanya saja semua yang ada di dalamnya bertukan jenis kelamin. Contohnya Superman menjadi Superwoman. Parahnya, Superman ternyata dianggap penjahat paling berbahaya dari bumi oleh para pahlawan di planet itu. Akhirnya Superman pun dikalahkan oleh Superwoman, Superboy (Supergirl yang berubah jenis kelamin), dan Wonder Warrior.

Wonder Warrior

Sama seperti Wonder Woman yang kuat tapi tetap feminin, Wonder Warrior merupakan sosok pahlawan yang sangat maskulin. Kostumnya sendiri mirip dengan apa yang digunakan oleh Diana (di era 80an), hanya saja yang membedakannya adalah Wonder Warrior menggunakan semacam kaos di dalamnya berwarna putih.

Ternyata, perbedaan Wonder Woman dan Wonder Warrior adalah perannya di planet itu. Dia diperintahkan untuk menjaga Superman oleh Superwoman dan Superboy setelah mereka menetralkan kekuatannya dengan helm gas Kryptonite. Tapi, dengan menggunakan refleksi cahaya matahri dari helmnya Superman berhasil menghipnotis Wonder Warrior untuk tertidur. Akhirnya dia pun menghancurkan helm tersebut dan mendapatkan kembali kekuatannya.

Sebelum Superman benar-benar bebas, Wonder Warrior kembali tersadar dan mencoba untuk menjebak Superman dengan Lasso of Hestia miliknya. Superman sendiri berhasil mengalahkan musuhnya itu dengan berputar dalam kecepatan tinggi, dan menghajarnya dengan satu kali pukulan. Setelah semuanya selesai, Superman pun pergi menemui sosok yang bertanggung jawab atas hal itu, yang tidak lain adalah Mr. Mxyzptlk.

Menurut sang pemimpin dari dimensi kelima itu, akan sangat lucu dengan menggunakan kekuatannya menukar jenis kelamin yang ada di bumi. Setelah berhasil mengalahkan Mxy, semua keadaan pun menjadi normal lagi. Dan semua orang kembali ke “perannya” masing-masing tanpa mengingat apa yang sebenarnya terjadi sebelumnya.

BACA JUGA: 

Rasanya cukup aneh melihat banyak karakter penting DC yang berubah jenis kelamin. Contohnya Wonder Woman yang menjadi Wonder Warrior. Meskipun edisi ini hanyalah sebuah lelucon saja, tapi tetap saja rasanya kurang pas dan aneh melihat mereka bertukar jenis kelamin.