Will of D atau tekad D merupakan salah satu topik yang banyak diperbincangkan di kalangan para fans One Piece. Sedari awal, tekad D memang sudah disebutkan dalam cerita namun sampai saat ini Eiichiro Oda masih belum mengungkapkan apa makna atau arti sebenarnya dari tekad D tersebut. hal itu kemudian membuat para fans banyak memuntulkan mitos-mitos tentang apa arti dari tekad D. Berikut adalah beberapa diantaranya.

Mitos : Dragon merupakan nama depan dari Dragon

Faktanya adalah Warship Island bukanlah sebuah arc yang canon dalam cerita One Piece.  Oleh karena itu, semua hal di dalamnya (kecuali beberapa hal tentang informasi calm belt) tidak ditulis langsung oleh Oda Sensei. Rumor ini muncul ketika ada salah seorang blogger anime populer membuat sebuah tebakan liar setelah menonton arc tersebut. Karena popularitasnya, yang lain pun mencoba untuk mendukung ide tersebut. Dragon memang memiliki peran penting dalam cerita One Piece, tapi bukan berarti D bisa diartikan Dragon.

Mitos: D merupakan huruf awal dari nama sebuah peradaban

Faktanya, sampai saat ini masih belum tahu apa arti dari D itu sendiri. Bahkan, seperti yang disebutkan di atas, Oda Sensei sendiri masih belum memberikan petunjuk apapun terkait hal ini. sehingga hanya tebakan dan spekulasi saja yang banyak beredar. Mitos tersebut muncul setelah Dr. Clover ditembak oleh pihak Pemerintah Dunia ketika akan mengungkapkan apa yang sebenarnya terjadi di masa lalu.

Mitos: D adalah emosi

Faktanya, memang sebagian besar karakter D tewas dengan cara tersenyum. Contohnya adalah Roger dan Ace. Tapi, seperti yang pernah dibahas kemarin bahwa kematian tersenyum bukan hanya dimiliki oleh D saja. Mereka yang memiliki tekad kuat dan memiliki keyakinan besar pada dirinya pasti akan tersenyum, karena mereka mati dengan mempertahankan dirinya sendiri. Contoh yang paling populer adalah Kozuki Oden.

Mitos: D merupakan nama dari keluarga kerajaan

Faktanya, kita belum tahu tentang apapun yang berakaitan dengan tekad D dan arti dari D itu sendiri. Artinya, kebudayaan dan peradaban di masa lalu pun masih sangat misterius. Kita masih belum tahu apakah di kerajaa kuno mereka membuat semacam keluarga kerajaan. Hal ini memang banyak dispekulasikan oleh para fans, mengingat karakter-karakter hebat berasal dari mereka yang memiliki nama D di tengahnya.

Mitos: D bisa diartikan sebagai “Devil”

Faktanya, Devil disini bukan berarti pada sifat seseorang melainkan pada buah iblis (Devil Fruit). Namun, Rosinante pernah mengatakan bahwa D adalah musuh alami dari tuhan, yang bisa saja diartikan sebagai iblis, jahat, dan sebagainya. Namun, D bisa jadi berarti lain misalnya adalah “Dream” karena mereka dengan huruf D di tengah namanya pasti memiliki mimpi yang besar.

Mitos: D adalah sebuah bentuk

Faktanya, mitos ini berasal dari nama seri ini sendiri yaitu “One Piece” atau dalam terjemahan harfiahnya adalah satu buah penuh. Spekulasi tersebut muncul diantara mereka para fans yang melihat D merupakan sebuah bentuk, bukanlah nama. D tersebut dilihat sebagai simbol atau pola. Dengan kata lain, dengan mendapatkan harta karun milik Roger maka seseorang akan menjadi satu keutuhan (One Piece) lagi, begitu juga dengan simbolnya.

Mitos: D diartikan sebagai “Danger”

Faktanya, memang salah satu dari lima tetua bintang tersebut mengatakan bahwa D selalu berarti bahaya. Tapi, bukan secara harfiah D diartikan sebagai bahaya. Apa yang diucapkan oleh salah satu lima tetua bintang tersebut lebih kepada pengertian, bahwa dimanapun dan kapanpun jika ada seseorang atau karakter dengan nama D di tengahnya, maka mereka adalah orang yang berbahaya dan tidak bisa dianggap remeh.

Mitos: Orang dengan nama D adalah revolusioner

Faktanya, tidak semua hal tersebut benar. Contohnya, Portgas D. Rogue hanya diperlihatkan melahirkan sosok Ace. Dia tidak diperlihatkan melakukan sesuatu atau hal lainnya. Memang, seperti yang disebutkan oleh Oden bahwa akan muncul sosok kekuatan baru yang sudah lama dinantikan. Meskipun masih belum diketahui siapa, namun dugaannya adalah dia yang memiliki nama D dan hal itu tentunya mengarah pada Luffy. Seseorang dengan nama D tersebut dipercaya akan mampu memenuhi janji yang sudah dibuat oleh Joy Boy.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.