Aliansi Bajak Laut-Mink-Samurai

Seperti yang disebutkan di atas, Luffy tidak sendiri dalam arc Wano. Luffy menjadi pemimpin dari aliansi antara bajak laut, suku Mink, dan para samurai Wano untuk menghadapi Kaido dan Big Mom. Sejauh ini, yang sudah diketahui adalah Luffy sudah beralinsi dengan Law, Mokomo Dukedom, Para samurai Wano, dan ninja dari Wano. Apakah akan ada bajak laut yang bergabung untuk mengalahkan Kaido dan Big Mom? Masih belum diketahui.

Bajak Laut Rocks

Dengan hampir setiap arc yang ada dalam cerita One Piece selalu menghadirkan berbagai kisah masa lalu, Wano sedikit berbeda. Di akhir babak kedua arc Wano kita diberi tahu bahwa jauh sebelum era Roger atau Gol D. Roger muncul, sudah ada bajak laut terkenal yaitu Rocks D. Xebec. Bajak laut Rocks berisi kru yang sangat hebat seperti Kaido, Edward Newgate, Charlotte Linlin, dan Shiki.

Kaido dan Big Mom sudah lama terpisah dari kru Rocks dan mereka membangun nama mereka sendiri. Tapi, kemudian kita dikejutkan dengan fakta bahwa Kaido dan Big kembali menjalin sebuah aliansi untuk mengalahkan Luffy. Berdasarkan penuturan Garp, jika bajak laut Rocks kembali bersatu mereka akan sangat sulit untuk dikalahkan.

Pertarungan Yang Lebih Besar

Marineford menjadi ikonik karena menghadirkan intensitas pertempuran yang jauh lebih besar dibandingkan arc lainnya. Contohnya adalah ketika pertarungan antara Whitebeard melawan Akainu. Namun, kebanyakan cerita yang diperlihatkan adalah pertarungan antara anak buah Whitebeard dan angkatan laut. Sebagian besar lainnya juga tidak ditampilkan, karena saking besarnya cerita di arc tersebut.

Di arc Wano, para fans berharap akan lebih banyak pertarungan menarik yang diperlihatkan dalam cerita, sebelum akhirnya Luffy akan bertarung melawan Kaido dan Big Mom. Selain itu, kru topi jerami juga masih harus menghadapi para komandan divisi dari bajak laut Beast dan Big Mom. Jumlah pasukan aliansi topi jerami bahkan tidak sebanding dengan pasukan aliansi Kaido dan Big Mom. Intinya pertarungan besar sudah pasti akan disuguhkan.

Pengungkapan Abad Yang Hilang

Arc Wano kemungkinan akan memberitahukan banyak hal tentang abad yang hilang kepada kita, yang mana hal tersebut menjadi alasan lainnya mengapa arc Wano akan jauh lebih besar dibandingkan arc Marineford. Abad yang hilang merujuk kepada periode sekitar 100 tahun yang hilang sekitar 800-900 tahun yang lalu. Tidak ada yang tahu tentang informasi tersebut.

Dengan negara Wano menjadi pusat cerita dari klan Kozuki (pencipta dari Poneglyph), dan Amatsuki Toki, yang lahir sekitar 830 tahun yang lalu, ceritanya akan mengungkapkan sebuah rahasia besar tentang abad yang hilang. Marineford sendiri sebenarnya menghadirkan hal tentang abad yang hilang tersebut, dan hal itulah yang kemudian menjadi alasan bahwa di arc Wano semuanya akan terungkap.

Akhir Cerita

Dengan saat ini arc Wano sudah memasuki babak ketiga, yang kemungkinan merupakan babak terakhir, mungkin kita akan pada akhirnya melihat bagaimana One Piece akan berakhir. Bisa jadi, Luffy akan pada akhirnya mengalahkan Kaido, dan pada prosesnya, berhasil mendapatkan Road Poneglyph juga. Jika hal tersebut terjadi, Luffy sudah memiliki 3 dari empat Road Poneglyph yang ada, dan semakin mendekatkannya dengan One Piece.

Oda sendiri memberikan petunjuk bahwa akan ada petunjuk tentang harta karun One Piece di akhir arc ini. Bahkan, seorang editor sempat mengungkapkan bahwa setelah arc Wano selesai cerita One Piece akan memasuki babak terakhirnya. Dengan begitu banyaknya cerita klimaks, rasanya wajar jika arc Wano lebih besar dibandingkan Marineford.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.