GREENSCENE.CO.ID – Cerita di manga ataupun seri animasi One Piece saat ini sedang berada di arc Wano Country. Arc ini digadang-gadang sebagai cerita terbesar dalam sejarah One Piece, dan banyak para fans yang berharap akan terjadi sesuatu yang besar di arc ini. banyak juga para fans yang membandingkannya dengan arc besar ikonik, yaitu arc Marineford.

Tapi, dibandingkan dengan cerita di Marineford cerita yang terjadi di Wano Country ini akan lebih besar. Berikut adalah berbagai alasan mengapa arc Wano Country akan jauh lebih besar dibandingkan arc Marineford.

“Panggung” Yang Lebih Besar

Marineford merupakan cerita puncak dari semua yang terjadi sebelum time-skip terjadi di One Piece. Arc tersebut sebagian besar berfokus kepada Ace, Blackbeard, angkatan laut, dan bajak laut Whitebeard. Tapi, dalam arc Wano cakupan ceritanya jauh lebih besar dan lebih luas. Bukan hanya kita melihat petualangan dari bajak laut topi jerami, tapi juga cerita tentang angkatan laut, sejarah Whitebeard, para samurai di Wano, bahkan bajak laut lainnya yang lebih dulu dibanding Roger pun memiliki peran yang besar.Berdasarkan hal tersebut wajar jika arc Wano akan mampu melampaui cerita Marineford. Kita juga jadi tahu apa yang terjadi di masa lalu, jauh sebelum era Roger muncul. Contohnya adalah kita jadi tahu peristiwa God Valley dan cerita masa muda dari Garp dan Sengoku serta mengapa mereka disegani.

Bajak Laut Topi Jerami

Meskipun arc Marineford merupakan cerita yang hebat dan besar, namun ceritanya hanya berfokus tentang bagaimana Luffy mencoba untuk menyelamatkan Ace. Sedangkan kru topi jerami yang lain, harus terpencar akibat Bartholomew Kuma, ketika mereka berada di Sabaody. Arc Marineford memperlihatkan Luffy memimpin para tahanan Impel Down untuk bertarung bersamanya.

Di arc Wano Country kita melihat Luffy memimpin bukan hanya kru topi jerami, tapi juga seluruh aliansinya seperti suku Mink dan samurai dari negeri Wano. Semua kru topi jerami juga memiliki peran yang esensial dalam ceritanya, dan mereka pun akan memiliki momen yang menyoroti kehebatan mereka.

Cerita Masa Lalu Yang Lebih Banyak

Cerita di arc Wano tidak semata-mata hanya menampilkan peperangan antara Luffy dan Kaido. Namun, cerita dalam arc ini dibagi ke dalam beberapa ‘bagian’ atau babak, dan masing-masing babak memiliki fokus tersendiri dan masing-masing babak tersebut akan membangun cerita yang akan merujuk pada perang besar yang akan terjadi.

Pada dasarnya, dua babak awal dari arc Wano menjadi landasan pertarungan yang akan datang dengan memberikan latar belakang tentang Wano dan apa yang terjadi disana. Di babak ketiga ini, ceritanya semakin mendalam dengan menghadirkan cerita masa lalu dari Kozuki Oden, juga berbagai kisah tentang Wano, dan yang terbaru adalah cerita tentang Orochi. Bisa dibandingkan dengan Marineford yang bahkan bisa dibilang tidak memiliki cerita latar sama sekali.

Luffy Sebagai Pemimpin

Meskipun Luffy kemudian menjadi fokus cerita di Marineford, tapi sebenarnya Luffy masih terlalu “kecil” untuk ukuran perang yang besar tersebut. Apalagi kekuatan Luffy saat itu masih sangat jauh jika dibandingkan dengan sekarang. Berhadapan dengan admiral angkatan laut merupakan sebuah mimpi buruk pada saat itu, sehingga bisa dibilang Luffy hanya merupakan karakter sampingan dalam cerita tersebut.

Dalam arc Wano, bajak laut topi jerami menjadi inti cerita tersebut, dan Luffy dipastikan akan menjadi orang yang bertanggung jawab untuk mengalahkan Kaido dan membebaskan Wano dari penderitaan mereka. Arc Wano memberikan Luffy peran yang lebih besar dan memperlihatkan bagaimana Luffy terus tumbuh untuk menjadi salah satu bajak laut terhebat.

Dua Yonko

Dalam arc Marineford, kita melihat seorang Yonko yaitu Edward Newgate alias Whitebeard menantang seluruh angatan laut serta Shichibukai demi mencegah eksekusi Ace terjadi. Memang benar, untuk saat ini pertarungan Marineford menjadi yang terbesar dalam sejarah One Piece. Tapi, bisa dipastikan cerita akhir di arc Wano akan melebihi dan jauh lebih besar dibandingkan cerita Marineford.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Ada dua Yonko yang akan menjadi lawan bagi Luffy yaitu Kaido dan Big Mom. Yang lebih menariknya lagi adalah Big Mom dan Kaido kini membuat sebuah aliansi, dan hal tersebut tentunya membuat Luffy semakin terdesak. Angkatan laut, yang biasanya muncul dalam setiap cerita, sepertinya tidak akan ikut campur dalam cerita ini karena armada mereka terbatas. Seorang Luffy melawan dua Yonko sekaligus? Tentunya cerita yang sangat menarik perhatian pembaca.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.