Marvel Studios kembali mengumumkan berbagai rencana mereka untuk beberara tahun kedepan dalam Phase 4 yang diumumkan pada acara San Diego Comic Con kemarin. Dari berbagai rencana yang diumumkan, salah satu hal menarik adalah mereka akan menayangkan sebuah series (tv show) yang diadaptasi dari salah satu event populer komik mereka, yaitu What If…? yang akan tayang di Disney Plus.

What If…? akan mengeksplor cerita yang didasari dari berbagai alternatif universe dan skenario yang tidak terjadi di Marvel Cinematic Universe. Sebagai contohnya, bagaimana jika Peggy Carter adalah orang yang dipilih untuk program serum super-soldier dan bukan Steve Rogers. Contoh lainnya adalah bagaimana jika Loki adalah orang yang pantas untuk Mjolnir dan bukan Thor. Semuanya akan ditampilkan dalam bentuk animasi 3D, namun para pengisi suaranya merupakan para pengisi suara asli di MCU. Untuk itu, berikut adalah pembahasan mengenai “perubahan” karakter di series What If…?

T’Challa Sebagai Star-Lord

Dalam acara D23 Expo kemarin, saat penayangan footage tentang series What If..? para pengunjung diperlihatkan oleh salah satu skenario yaitu bagaimana jika T’Challa bukanlah pemimpin Wakanda melainkan anggota Guardians of the Galaxy. Kita juga diperlihatkan bagaimana T’Challa menggunakan topeng yang biasa digunakan oleh Star-Lord di sebuah wilayah planet alien.

Salah satu hal menarik dari pertukaran ini adalah gigi jaguar berbahan vibranium yang ada di kostum Black Panther miliknya, sekarang berada di luar pakainnya tepatnya di jaketnya. Hal ini juga unik, karena di komiknya sendiri pun belum pernah dilakukan alias belum pernah ada cerita tentang T’Challa dan Peter Quill yang berubah tempat. Apakah sosok T’Challa yang kaku akan berubah menjadi cerewet? Lalu, jenis musik apa yang dia dengar?

Marvel Zombies

Ini adalah sebuah skenario yang sudah lama dinantikan oleh para fans Marvel. internet sudah sering dibanjiri oleh keinginan para fans Marvel yang sangat mengharapkan kemunculan para zombie karakter Marvel ini di MCU. skenario Marvel Zombies ini diadaptasi dari event populer di Marvel Comics dengan nama yang sama.

Diceritakan di sebuah universe Marvel, tepatnya di Earth-2149, terdapat sebuah virus mengerikan yang menyerang para karakter pahlawan Marvel. Virus tersebut membuat mereka sakit dan akhirnya mengubahnya menjadi zombie. Marvel Zombies sendiri sebenarnya sudah menjadi bagian dari sub-franchise Marvel dengan berbagai merchandise dan judul komiknya. Para zombie ini pernah melakukan crossover dengan franchise horror lainnya seperti Army of Darkness. Salah satu hal menarik adalah di universe ini, Captain America memiliki nama Colonel America.

Peggy Carter Sebagai Captain America

Salah satu episode yang sudah dikonfirmasi akan tayang di What If..? akan mengeksplorasi sebuah alternatif universe dimana Peggy Carter disuntikan oleh serum super soldier untuk menjadi Captain America. Hal ini juga diperlihatkan dalam footage yang tayang di D23 Expo kemarin. Selain Peggy Carter sebagai Captain America, kita juga diperlihatkan bagaimana Bucky Barnes dan Steve Rogers akan muncul di episode ini.

Ide tentang Peggy Carter sebagai Captain America sendiri sudah pernah dilakukan di komiknya, tapi baru benar-benar diperkenalkan dalam sebuah permainan video game Marvel Puzzle Quest pada 2018 silam. Dalam game tersebut, Peggy diperkenalkan sebagai Captain America. Dia juga pernah muncul dalam seri komik Exiles, yang ditulis oleh Saladin Ahmed.

Satu hal yang menarik dari episode Peggy ini adalah Steve diperlihatkan akan mengendari sebuah robot besar, yang mengingatkan kita akan armor Mark I milik Iron Man. Tapi, Iron Man atau Tony Stark sendiri tidak ada dalam dunia tersebut. Tapi, ada kemungkinan Iron Man sendiri merupakan nama proyek yang digunakan untuk membangun robot tersebut.