Sekitar akhir 2018 lalu, fans Marvel dikejutkan dengan kabar tentang rencana Marvel Studios membuat film adaptasi live-action berjudul Shang-Chi. Shang-Chi adalah salah satu film yang telah lama disiapkan oleh Marvel Studios, bahkan sejak awal kemunculan mereka di industri film. Film ini juga sempat dikembangkan beberapa tahun lamanya sebelum akhirnya tenggelam. Namun, baru sekarang semua rencana produksi mulai berjalan dengan lancar kembali. Tapi, siapa sebenarnya Shang-Chi?


The Master of Kungfu


Nama Shang-Chi sendiri bisa diartikan sebagai sebuah semangat untuk terus berkembang dan maju. Dia lahir di provinsi Honan, Tiongkok. Meskipun Shang-Chi adalah seorang pahlawan super yang ahli dalam bidang bela diri, tapi siapa sangka bahwa dia adalah seorang anak dari pimpinan kriminal dunia, Fu Manchu.

Shang-Chi sejak kecil sudah dilatih tentang berbagai ilmu bela diri terutama Kung Fu dan berbagai aturan yang ketat. Hal itu membuat Shang jarang berhubungan dengan orang tuanya. Saat Shang melihat ayahnya berlatih ilmu bela diri, ayahnya selalu bilang kalau semua latihan tersebut untuk misi kemanusiaan. Tapi, apa yang diucapkan oleh ayahnya membuat Shang percaya bahwa ayahnya adalah seorang filantropis seperti Tony Stark.

Setelah dirasa siap, ayahnya kemudian mengirim Shang untuk sebuah misi, dimana dia harus membunuh seorang target. Dia tidak tahu apa-apa tentang penugasan dirinya tersebut, yang dia tahu bahwa target pembunuhan adalah orang jahat. Shang berhasil membunuh orang tersebut dalam satu kali serangan, tapi kemudian agen rahasia Inggris, Sir Dennis Nayland-Smith, tiba di lokasi kejadian dan mengejar Shang. Tentunya, Dennis tidak bisa melawan kemampuan Shang.

Shang kemudian mencari keberadaan ibunya yang menurut kabar terakhir, dia tinggal di London. Setelah bertemu ibunya, dia baru mengetahui kalau sebenarnya ayahnya adalah orang yang jahat. Sejak saat itu, dia bersumpah untuk terus menjadi musuh ayahnya.


Berbagai Petualangan Shang-Chi


Shang-Chi mungkin dikenal sebagai anak dari salah satu villain kejam yang ada di Marvel Universe. Tapi, dibanding menggunakan semua keahlian bela dirinya untuk keburukan seperti ayahnya, Shang lebih memilih menggunakan kemampuannya di jalan kebaikan. Sering kali ia muncul untuk membantu berbagai superhero Marvel lainnya, seperti Spider-Man, X-Men, dan para Marvel Knights.

Dalam cerita Heroes for Hire, dia bertarung melawan musuh besar bersama teman satu timnya, yaitu Iron Fist, Misty Knight, Coleen Wing, Black Cat, dan lainnya. Setelah tim Heroes for Hire dibubarkan, Shang kemudian dipanggil untuk menjadi bagian dari MI-6 demi menculik seorang bos kriminal.

Kisah heroiknya tak berhenti sampai situ. Dalam cerita Shadowland, Shang-Chi bergabung dengan para pahlawan New York lainnya dalam sebuah usaha untuk menghentikan sosok Daredevil. Shang harus menghadapi mantan temannya tersebut yang sudah lagi tidak mengenali dirinya akibat dalam pengaruh iblis jahat. Negosiasi kemudian gagal setelah Daredevil terus menghajar Shang dan Iron Fist. Kemudian, Shang yang dibantu oleh oleh Spider-Man, bersama-sama bertarung melawan Mr.Negative dan Inner Demonsnya. Tetapi, energi negatif yang muncul justru merusak pikiran Shang. Ia malah berkeinginan untuk membunuh Mr. Negatif serta membunuh semua villain-nya, dan mengambil semua kekuatan yang mereka miliki. Hal itu membuat Shang melakukan apa yang seperti ayahnya lakukan.

Shang-Chi yang berada dalam penguasaan pikiran dari Mr. Negative berusaha untuk menguasai kota. Spider-Man kemudian menyelamatkan Mr. Negative dan bertarung melawan Shang-Chi. Meskipun pertarungan Peter dan Shang benar-benar sengit, Peter lebih memilih untuk menyerah pada akhirnya karena dia tidak ingin melukai temannya. Shang yang hampir saja membunuh Peter akhirnya kembali mendapatkan kesadarannya dan lepas dari pengaruh Mr. Negative.

Setelah sadar, Shang-Chi kemudian bertarung dengan Daredevil dan the Hand untuk terakhir kalinya dan menolong para pahlawan lainnya yang berada di bawah pengaruh jahat untuk bisa sadar ke dirinya yang dulu. Apakah kalian juga tahu Geeks kalau Shang-Chi pernah bergabung dengan Avengers? Dalam cerita Avengers vs X-Men, Captain America dan Iron Man berusaha untuk mencari anggota baru lainnya yang lebih kuat.

Shang-Chi adalah salah satu orang yang dipilih untuk bergabung dengan Avengers yang baru. Dia dengan senang hati menerima tawaran dari Steve Rogers dan melihat tawaran itu sebagai tantangan baru baginya agar terus berkembang menjadi lebih baik lagi. Meskipun Stark mengetahui kalau Shang adalah ahli bela diri jarak dekat dan ahli dalam pertarungan tangan kosong, dia tetap memberikan Shang berbagai persenjataan yang modern dan baru.


Kekuatan dan Kemampuan Shang-Chi


Meskipun Shang tidak memiliki kekuatan super apapun, Shang-Chi sudah melatih dirinya sejak kecil tentang bagaimana cara bertarung dan bertempur dan dia juga adalah seorang ahli di bidang bela diri semua aliran yang ada di dunia Marvel. Shang-Chi memiliki satu julukan, yaitu the Master of Kung Fu. Walaupun Shang-Chi lebih senang untuk bertarung dengan tangan kosong, tapi dia juga sering memadukan ilmu bela dirinya dengan berbagai alat dan senjata yang ada di sekitarnya.

Shang-Chi juga memiliki kemampuan untuk jadi seorang guru atau pengajar. Dalam suatu ketika, Shang pernah mengajari Peter untuk belajar bela diri dan membantunya mengembangkan gaya bertarung Peter dan memadukannya dengan kekuatan laba-laba. Selain ahli bela diri, dia juga ahli dalam bidang teknik meditasi dan relaksasi. Hal itu membuat Shang mampu mengendalikan racun yang ada di tubuhnya dan menahan rasa sakit yang dahsyat.

Bagaimana dengan kemampuan Shang? Kemampuan Shang untuk menguasai Chi di dalam tubuhnya membuat Shang mampu untuk melepaskan semua trauma fisik di tubuhnya dan kemudian melepaskannya dalam sebuah serangan yang dahsyat. Dalam beberapa cerita juga diperlihatkan kalau Shang mampu untuk menghindari peluru yang ditembakan dari senapan mesin.

Dengan kemampuan reflek dan gerakan yang cepat, dia mampu menyaingi semua gerakan Spider-Man. Meskipun dia tidak punya kemampuan manusia super, Shang sangat peka dengan sekitarnya berkat latihan bertahun-tahun yang dia jalani. Karena hal itulah, Shang jarang terkena serangan yang bisa merusak mentalnya dibandingkan manusia lain.

Tentunya sangat menarik buat Marvel untuk mengangkat cerita seorang “superhero” yang berbeda dengan mereka yang sudah hadir di film-film sebelumnya. Kemunculan Shang-Chi juga pastinya akan memberikan sebuah warna baru di MCU, apalagi setelah Iron Fist dibatalkan acaranya di saluran Netflix. Mungkin kedepannya setelah Shang-Chi muncul, Marvel Studios bisa mengadaptasi cerita Heroes for Hire dimana Shang-Chi bertemu dengan Peter Parker dan pahlawan lainnya. Kita nantikan saja ya Geeks!

Kaskus Battleground