Aktor muda yang akan berperan dalam Jurassic World 2, Justice Smith, kabarnya telah dipilih oleh Legendary Pictures untuk menjadi pemeran utama dalam film live action Detective Pikachu. Belum ada konfirmasi lebih mendetail tentang karakter yang akan diperankan, namun kemungkinan Justice Smith akan menjadi pembuka untuk deretan cast lainnya untuk masuk dalam film ini.

Bulan lalu, Legendary dikabarkan tengah mencari high profile actor untuk mengisi suara Detektif Pikachu, deretan bintang tersebut adalah Dwayne “The Rock” Johnson, Hugh Jackman, Ryan Reynolds dan Mark Wahlberg. Namun sampai sekarang, belum ada satu pun yang dikonfirmasi bergabung, justru nama Justin Smith yang tiba-tiba muncul untuk berperan sebagai partner dari Pikachu, meskipun belum diketahui nama atau bagaimana karakter yang kelak ia mainkan, tapi rumornya ia akan berperan sebagai Tim Goodman.

Film ini akan didasarkan dari video game Detektif Pikachu dengan judul yang sama. Permainan berpusat pada seorang anak laki-laki bernama Tim Goodman, yang bertemu dengan seorang Pikachu yang cerdasDan mengaku sebagai detektif hebat. Duo ini mulai mengejar dua orang yang telah mencuri perhiasan, dan terus menangani kasus lain juga.

Sutradara Rob Letterman (Goosebumps) dipastikan akan bergabung dalam film ini, ia akan bekerja dari naskah yang ditulis oleh Nicole Perlman (Guardian of the Galaxy, Captain Marvel) dan Alex Hirsch (Gravity Falls). Dengan jadwal produksi yang akan dimulai pada bulan Januari 2018, mungkin saja filmnya dipersiapkan untuk diluncurkan pada awal 2019, atau, mungkin, akhir 2018, tergantung pada berapa lama produksi berjalan.