Jika kita berbicara tentang konsep shared universe atau jagat sinematik, sebenarnya konsep ini sudah ada sejak lama. Namun, konsep ini baru “meledak” ketika kepopuleran berbagai karakter Marvel yang muncul dalam Marvel Cinematic Universe. Dimulai dari Iron Man pada 2008 dan terakhir adalah Captain Marvel pada 2019.

Film Detective Pikachu juga memiliki gambaran yang sama dengan film Iron Man, dengan berkonsentrasi dengan intidari cerita sambil juga menyediakan berbagai petunjuk tentang apa yang akan terjadi dengan universe Pokemon dan berbagai rencana kedepannya. Salah satunya adalah dengan menciptakan sebuah jagat sinematik yang berisi para Pokemon dan juga berbagai karakter ikonik lainnya. Apa saja petunjuknya?

Sebuah Dunia Berisi Pokemon dan Menguasai Ryme City

Sebagian besar cerita dari Detective Pikachu terjadi di Ryme City, yang memiliki aturan berbeda dengan setiaplokasi yang ada diseri Pokemon. Di Ryme City, seseorang hanya diizinkan untuk memiliki satu partner Pokemon saja dan seluruh pertarungan Pokemon dianggap sebagai perbuatan ilegal. Aturan ini sepertinya dibuat hanya untuk kebutuhan filmnya saja, yang menjelaskan mengapa para cast di film ini tidak selalu memiliki lebih dari satu Pokemon.

Di filmnya juga sempat ditampilkan tentang “kegilaan” yang terjadi di luar kota Ryme City, yang memperlihatkan Pokemon berada di habitat asal mereka. Hal itu tentunya memberikan kesan bahwa ada banyak cerita di luar sana yang masih bisa digali lebih dalam. Film ini sendiri hanya memberikan penjelasan dan gambaran bagaimana sebuah pertarungan Pokemon, tanpa memperlihatkan bagaimana proses dibelakangnya. Ini bisa jadi petunjuk jika di film selanjutnya, mungkin kita akan diperlihatkan bagaimana seekor Pokemon bisa berubah menjadi kuat.

Ada Sosok Mew dan Arceus

Pada dasarnya film Detective Pikachu adalah sebuah cerita kriminal yang melibatkan Pokemon di dalamnya. Ceritanya tentang Tom Goodman yang mencari keberadaan ayahnya dan entah bagaimana bisa tersambung ke sebuah fasilitas tentang percobaan Pokemon terjadi, merupakan inti cerita dari filmnya. Namun, dalam cerita Pokemon versi video game, banyak makhluk Pokemon yang terlibat dalam ceritanya, bahkan diantaranya adalah dewa.

Film Detective Pikachu memang tidak menggali tentang cerita  universe Pokemon secara detail, tapi ada beberapa petunjuk-petunjuk menarik yang bisa menghadirkan cerita dengan level kosmik. Arceus, Dialga, dan Palkia, merupakan tiga karakter legendaris Pokemon yang terkuat. Arceus sendiri adalah pencipta dari universe Pokemon; Dialga dan Palkia merupakan penguasa waktu dan ruang. Mereka sempat disebutkan dalam filmnya, saat beberapa Pokemon legendaris lainnya diabaikan. Hal ini bisa menjadi petunjuk untuk hal besar yang akan terjadi di masa depan.

Wilayah Kanto dan Sosok Mewtwo

Mewtwo sempat muncul sebentar dalam trailer filmnya, tapi pada kenyataanya Mewtwo memiliki peran yang lebih besar di dalam filmnya. melalui sebuah dialog disebutkan, jika Mewtwo berasal dari wilayah Kanto dan terbawa ke Ryme City. Cerita awal Mewtwo sendiri hanya ditampilkan sedikit dalam Detective Pikachu.

Berbagai peran penting lainnya kemungkinan akan menjadi jembatan untuk film selanjutnya atau sebuah film origin tentang Mewtwo. Jika cerita masa lalu tentang Mewtwo akan menjadi fokus cerita selanjutnya dan akan digali lebih dalam, maka hampir dipastikan di filmnya nanti akan banyak kejadian atau jalan cerita yang terjadi di wilayah Kanto.

R dan Tim Roket

Salah satu aspek terbesar Pokemon yang hilang dari Detective Pikachu adalah tidak adanya sosok kelompok villain yang menganggu jalannya cerita. Dalam hal ini adalah kelompok villain legendaris, Tim Roket. Mungkin banyak penonton yang mengharapkan mereka atau salah satunya bisa muncul di dalam filmnya, tapi ternyata itu tidak terjadi. Namun, ada sebuah petunjuk yang mengarah kepada tim tersebut.

Di dalam filmnya, ada sebuah organisasi kejahatan yang memiliki kaitan dengan penyebaran gas beracun yang membuat para Pokemon berubah menjadi tidak terkendali. Nama racunnya kemudian diketahui adalah “R”. Satu-satunya cara untuk mendapatkan gas beracun R tersebut adalah dengan mengekstraksi racun tersebut dari tubuh Mewtwo. Racun tersebut juga mengisyaratkan tentang Tim Roket yang juga ikut berperan di dalamnya. Skema tersebut hanya dilakukan oleh Tim Roket saja. Bisa jadi di film selanjutnya kelompok villain ikonik ini akan dimunculkan.

Sekuel dan Film Pokemon Red & Blue

Kesuksesan Detective Pikachu membuat Legendary Pictures, selaku rumah produksinya, memberikan lampu hijau untuk sebuah film sekuel. Artinya cerita tentang Pikachu masih akan terus dilanjutkan. Di sisi lain, hal ini juga bisa berarti bahwa selain film sekuel Detective Pikachu akan ada film Pokemon lainnya yang akan segera diproduksi. Rumornya, live-action dari Pokemon Red & Blue juga sedang dibuat.

Petunjuk tentang wilayah Kanto dan juga cerita origin dari Mewtwo bisa bermuara ke film tersebut. Sebenarnya, bisa saja Legendary Pictures langsung membuat film Pokemon Red & Blue sebagai film pertama mereka dibandingkan Detective Pikachu. Tapi, Detective Pikachu berusaha untuk “meriset” para penonton baru dengan konsep yang tidak terduga, sambil juga memperkenalkan sebuah dunia Pokemon dengan cara yang familiar dibandingkan straight to the premise. Detective Pikachu sudah membuktikan bahwa live-action Pokemon bisa sukses dan tentunya ada jalan untuk film selanjutnya.