Banyak Geeks yang mungkin mengenal genre anime dan manga seperti shounen, shoujo, dan seinen, tapi ada juga genre yang tidak biasa. Mayoritas penggemar manga dan anime mungkin lebih familiar dengan genre umum seperti shonen, yang memang diperuntukan untuk pembaca remaja pria, shoujo, yang ditujukan untuk pembaca wanita, serta seinen, yang ditujukan untuk pembaca dewasa. Namun, mungkin, banyak dari Geeks yang tidak tahu bahwa ada genre anime dan manga yang tidak biasa. Apa saja?

8Shonen Ai Dan Shoujo Ai

Genre anime dan manga yang tidak biasa pertama adalah Shonen Ai Dan Shoujo Ai. Genre ini pada dasarnya merupakan “pengembangan” dari genre yang memang sudah ada sejak lama yaitu Yaoi atau Boys Love dan Yuri, Shonen Ai Dan Shoujo Ai masih tetap menghadirkan cerita tentang karakter yang senang dengan sesama jenis. Perbedaan paling mencolok dari kedua genre ini adalah adalah jika Yuri dan Yaoi berfokus pada hubungan seks, maka tidak dengan Shonen Ai Dan Shoujo Ai.

Shonen Ai justru lebih fokus pada hubungan dan juga romansa dari dua karakter pria, yang mana justru Yaori lebih fokus pada hubungan seks. Hal yang sama juga terjadi pada Shoujo Ai. Ketik Yuri lebih fokus pada tema seksual, justru Shoujo Ai lebih fokus pada membangun hubungan dan chemistry. Setting dari genre ini biasanya terjadi di sekolah dan bisa jadi salah satu pilihan alternatif bagi Geeks yang senang dengan genre tersebut.

Sebenarnya, Shonen Ai Dan Shoujo Ai tidak sepenuhnya tidak biasa. Hanya saja genre ini kalah populer daripada Yaoi dan Yuri, yang mana memang sudah ada penggemarnya tersendiri. Sasaski and Miyano, Bloom Into You, Sasemeki Koto, dan Koimonogatari, merupakan beberapa contoh dari genre ini. Sejauh ini, Shonen Ai Dan Shoujo Ai tidak pernah mengalami perkembangan.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.