Dalam cerita Lord of the Rings ada beberapa karakter malaikat atau Valar yang penting, di mana salah satunya adalah Yavanna. J.R.R. Tolkien memang terkenal sebagai penulis novel yang mempelajari berbagai mitologi yang ada di dunia. Hal inilah yang kemudian membuat dia menghadirkan banyak berbagai referensi mitologi dalam berbagai karya yang dia ciptakan. Salah satunya adalah para Valar atau malaikat. Salah satu malaikat penting di cerita Lord of the Rings yang mungkin tidak banyak orang ketahui adalah Yavanna.

3Yavanna Di Awal Alam Semesta

Di awal terciptanya alam semesta, Eru Illuvatar menciptakan sosok Ainur dari kekosongan. Bersama-sama, mereka kemudian menyanyikan berbagai puji-pujian yang menjadi awal terciptanya Arda atau dunia. Beberapa Ainur kemudian dipilih untuk mewarisi bumi dan ikut serta dalam pengembangan bumi. Mereka yang kemudian disebut dengan para Valar atau malaikat.

Salah satu diantar para Valar tersebut adalah Yavanna. Mungkin, tidak banyak Geeks ketahui jika para Valar tersebut memiliki peranan dan tugas masing-masing. Yavanna sendiri merupakan sosok malaikat yang sangat penting di cerita Lord of the Rings di mana dia bertugas untuk menumbuhkan berbagai tanaman serta makhluk hidup lainnya. Mulai dari pohon yang yang terbesar, hingga rumput terkecil, semuanya merupakan tugas dari Yavanna.

Dalam novel The Silmarillion, Yavanna digambarkan sebagai berikut:

Dalam wujud seorang wanita dia memiliki tubuh yang tinggi, memiliki jubah berwarna hijau; namun terkadang dia juga berubah menjadi bentuk lain. Beberapa orang nampak pernah melihatnya berdiri seperti halnya pohon yang ada di surga, diterangi oleh cahaya matahari, dari cabang ranting pohon tersebut muncul air embun emas yang kemudian jatuh ke tanah.

Yavanna sendiri merupakan salah satu dari Aratar, yang merupakan delapan Valar paling kuat. Kekuatan terbesar Yavanna adalah memberikan kehidupan atau menumbuhkan tanaman yang ada di Arda atau bumi. Nama lain dari Yavanna sendiri adalah Kementári, atau Ratu Bumi, serta Ivon atau Pemberi Buah-buahan. Dalam ceritanya diperlihatkan bagaimana Yavanna kemudian menikah dengan Aulë, salah satu Aratar lain yag bertugas menciptakan berbagai hal di bumi.

Ke Halaman 2

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.