Salah satu bukti kemajuan teknologi di dunia film adalah de-aging dan ada beberapa film yang gunakan teknologi tersebut dalam alur ceritanya. Perkembangan teknologi khususnya di dunia film sudah sangat pesat dalam beberapa dekade terakhir. Teknologi di dunia film yang paling terasa muncul dalam hal visual. Salah satu kemajuan teknologi di dunia film adalah de-aging atau teknologi yang membuat sosok karakter nampak jauh lebih muda. Ada beberapa film yang gunakan teknologi de-aging. Apa saja?

10Gemini Man

Film yang gunakan teknologi de-aging yang pertama adalah Gemini Man. Bisa dibilang, ini adalah film yang paling populer dan paling apik dalam penggunaan teknologi de-aging tersebut. Gemini Man sendiri bercerita tentang seorang pembunuh bayaran yang sudah beranjak tua yang diperankan oleh Will Smith. Setelah dia memutuskan untuk pensiun pasca kejadian sebelumnya, Henry Brogan pun mencoba untuk hidup damai.

Namun, yang terjadi justru dia harus menghadapi sosok penjahat yang berusaha mengancam nyawanya. Yang lebih mengerikan lagi adalah ternyata sosok yang mendapatkan tugas untuk menghabisi nyawa Henry memiliki wajah yang sangat mirip dengannya. Ternyata diketahui jika sosok tersebut merupakan kloning dari Henry. Dalam film ini, kita meihat bagaimana Will Smith tua harus menghadapi kloningnya yang lebih muda.

Dengan menggunakan CGI dan teknologi de-aging, Will Smith pun bisa kembali muda dan bertemu dengan dirinya. Dari segi teknis pembuatan film, Gemini Man menggabungkan 3D, sinematografi dengan tangkapan layar per detik yang tinggi (High Frame Rate), dan CGI untuk menciptakan Will Smith muda. Penggunaan tangkapan layar tinggi atau HFR (kabarnya menggunakan sampai 120 frame per detik) dalam sebuah adegan aksi di film ini membuat feel dari adegan tersebut terasa begitu nyata.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.