Film stop motion adalah film animasi yang dibuat dengan mengambil gambar secara berurutan dari objek fisik yang dipindahkan sedikit demi sedikit saat proses syuting berlangsung pemotretan. Objek-objek ini bisa berupa boneka, patung, atau objek lain yang dapat dipindahkan secara manual. Proses ini membutuhkan waktu dan kesabaran yang besar karena setiap gerakan kecil harus direkam secara terpisah untuk kemudian disusun menjadi adegan yang bergerak saat film diputar. Film animasi stop motion memang tidak begitu banyak, dan berikut adalah film-film stop motion terbarik. Apa saja?

9Guillermo del Toro’s Pinocchio

Film Guillermo del Toro’s Pinocchio yang dirilis pada tahun 2022 adalah adaptasi terbaru dari kisah klasik karya Carlo Collodi yang diarahkan oleh Guillermo del Toro. Guillermo del Toro tidak hanya menyutradarai film stop motion ini tetapi juga menulis naskahnya bersama dengan Patrick McHale. Ada beberapa pemeran utama dalam film ini, termasuk Gregory Mann sebagai Pinocchio, Ewan McGregor sebagai Gepetto, David Bradley sebagai Mangiafuoco, dan Tilda Swinton sebagai Buratino.

Filmnya menceritakan tentang seorang tukang kayu bernama Gepetto (Ewan McGregor) yang membuat sebuah boneka kayu hidup yang diberi nama Pinocchio (Gregory Mann). Gepetto merawat Pinocchio seperti anaknya sendiri, namun dia sangat menginginkan agar Pinocchio menjadi anak yang sejati, bukan hanya sekadar boneka.

Pinocchio memiliki keinginan yang besar untuk menjadi anak yang nyata, dan Dewa Penyihir memberinya kesempatan untuk mewujudkannya dengan mengirimkan peri biru kecil sebagai pemandu Pinocchio. Namun, Pinocchio harus melewati serangkaian ujian dan pengalaman untuk membuktikan bahwa dia layak menjadi anak yang sejati. Film ini mampu menyabet penghargaan Oscar dengan menjadi film animasi terbaik di tahun 2023.

Kembali
Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/