Sosok Loki diprediksi akan ciptakan Battleworld yang akan muncul di film Avengers: Secret Wars demi selamatkan Multiverse MCU. Salah satu rencana jangka panjang dari Marvel Studios adalah menghadirkan dua film Avengers lainnya. Pertama adalah Avengers 5 – yang awalnya berjudul The Kang Dynasty sebelum diganti oleh Marvel – dan Avengers: Secret Wars. Terdapat sebuah teori yang menyebutkan jika Loki akan menghadirkan Battleworld di film Avengers: Secret Wars demi selamatkan Multiverse.

2Bangun Battleworld Demi Selamatkan Multiverse

Dengan asumsi jika Marvel memang melakukan apa yang diteorikan oleh para fans tersebut, pertanyaan selanjutnya kemudian apa tujuan Loki menghadirkan Battleworld? Apakah Loki memiliki tujuan yang sama seperti The Beyonder atau Doctor Doom seperti di komiknya? Atau justru ada maksud lain? Seperti yang disebutkan di atas jika Marvel Studios kemungkinan akan menghadirkan perubahan detil dan cerita dari Secret Wars.

Dalam penjelasan di poin sebelumnya, itu merupakan cerita dari Secret Wars versi era 1984. Dalam cerita Secret Wars versi tahun 2015 ada perbedaan di mana di peristiwa tersebut memperlihatkan Doctor Doom menjadi sosok yang mengatur dan menyatukan seluruh potongan Multiverse yang selamat untuk membentuk jadi Battleworld. Dia kemudian menyebut dirinya sebagai God Emperor Doom.

Loki saat ini berada di posisi yang penting, di mana dia menjaga seluruh Multiverse MCU menjaga seluruh timeline yang ada. Dalam series Loki season 2 diperlihatkan bagaimana dia merubah desain Temporal Loom buatan He Who Remains menjadi Multiverse Tree dan dia tinggal di dalamnya. Secara tidak langsung hal ini membuat Loki memiliki posisi yang sama dengan God Emperor Doom.

Loki Memiliki kemampuan untuk mengendalikan atau menguasa Multiverse. Namun, dia memperlihatkan jika ada perbedaan jelas antara dia dan He Who Remains. Berbeda dengan variant dari Kang tersebut, Loki memutuskan untuk mejalani apa yang dia lakukan demi menjaga Sacred Timeline agar semuanya bisa berjalan tetap sesuai dengan semestinya. Loki memutuskan untuk membiarkan banyak cabang timeline baru muncul sambil dia tetap menjaganya.

Apa yang Loki lakukan saat ini sebagai God Loki meskipun sangat baik bisa berujung pada sebuah kehancuran yang mengerikan dari berbagai univere tersebut. Hal ini sudah mulai terjadi dengan kemunculan peristiwa inkursi atau peristiwa hancurnya atau bertabrakannya satu universe dengan universe lain seperti yang diperlihatkan di akhir Doctor Strange in the Multiverse of Madnes yang membuat Clea meminta bantuan Strange.

Dan di sisi lain, hal tersebut juga bisa jadi jalan untuk lahirnya Battleworld. Ketika Loki kemudian benar-benar menjadi sosok karakter yang menciptakan Battleworld, bukan hanya hal itu jadi cara yang luar biasa untuk memperkenalkan ulang siapa Loki di MCU. Ini juga akan jadi cara lain untuk menghadirkan peranan baru Loki di seluruh alam raya Marvel. Geeks mungkin bertanya, lalu apa bedanya God Loki dengan God Emperor Doom?

Dalam cerita Secret Wars, Battleworld yang dibangun oleh Doctor Doom bisa dikatakan gagal. Hal itu membuat dia justru jadi sosok yang dibenci dan sosok karakter antagonis utama dalam ceritanya. Namun, terdapat teori menarik jika Marvel akan menghadirkan peranan yang berbeda ketika Loki menciptakan Battleworld. Secara spesifik, Loki sengaja menciptakan Battleworld sebagai cara untuk selamatkan Sacred Timelines atau Multiverse MCU.

Ke Halaman 3

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.