Meskipun buah iblis merupakan salah satu kekuatan terbesar dalam cerita One Piece, namun kekuatan ini juga memiliki kelemahan alami yang mungkin tidak banyak disadari. Seperti yang Geeks ketahui, mereka yang memiliki kekuatan buah iblis tentunya akan berubah menjadi sosok karakter yang sulit untuk dikalahkan oleh musuhnya. Apalagi jika musuhnya tidak memiliki kekuatan buah iblis tandingan atau Haki. Meskipun begitu, yang menarik kemudian adalah ada beberapa kelemahan alami dari beberapa buah iblis yang mungkin tidak banyak disadari para fans. Apa saja?

8Elemen Air

Elemen air jadi kelemahan alami buah iblis selanjutnya. Sebagian Geeks mungkin lupa jika ada buah iblis yang bisa dilemahkan dengan menggunakan air atau cairan. Salah satunya adalah buah iblis Suna Suna. Suna Suna no Mi atau Sand Sand Fruit merupakan buah iblis yang memberikan penggunanya kemampuan untuk bisa berubah menjadi manusia pasir. Pemilik kekuatan buah iblis ini adalah Crocodile, yang merupakan mantan Shichibukai.

Yang menarik adalah diantara buah iblis berjenis Logia lainnya buah iblis ini bisa dibilang sangat unik karena mampu merubah seseorang menjadi pasir. Selain mampu berubah menjadi pasir, Crocodile juga mampu menyerap kelembapan seseorang atau sesuatu. Dia pun bisa menciptakan sebuah pasir hisap yang membuat lawannya tidak berdaya seperti saat menghadapi Luffy.

Dalam arc Alabasta, Luffy benar-benar kewalahan saat menghadapi Crocodile di mana dia sampai dua kali kalah dari sang mantan Shichibukai. Nyawa Luffy juga hampir saja melayang dalam pertarungan tersebut. Luffy kemudian berhasil mengalahkan Crocodile setelah mengetahui apa yang menjadi kelemahannya yang tidak lain adalah air. Dengan menggunakan air atau cairan, Crocodile tidak bisa mengendalikan pasir karena pasirnya berubah jadi padat.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.