Menghadirkan sebuah franchise film tentunya jadi sebuah pencapaian besar bagi studio film ada beberapa franchise dengan jumlah film terbanyak. Bagi studio film, menghadirkan atau melahirkan sebuah franchise alias waralaba bisa jadi dua sisi mata pisau. Waralaba tersebut bisa membawa keuntungan besar bagi mereka, namun bukan mustahil juga akan membawa petaka. Beberapa franchise ini justru berhasil dengan menghadirkan jumlah film terbanyak. Apa saja?

Jurassic Park

Franchise dengan jumlah film terbanyak yang pertama adalah Jurassic Park. Rasanya Geeks sudah sangat mengenal franchise film satu ini. Pertama kali rilis pada 1993, film Jurassic Park bercerita bagaimana seorang pengusaha kaya berusaha untuk melakukan kloning dinosaurus. Namun, tidak diduga sesuatu yang buruk kemudian muncul dan membuat nyawa orang-orang berada dalam ancaman dinosaurus mengerikan.

Jurassic Park berhasil menghidupkan imajinasi dari banyak orang tentang dinosaurus, yang mana tidak heran jika film garapan Steven Spielberg ini masih dianggap sebagai salah satu film terbaik. Teknologi yang mereka gunakan saat itu juga dianggap modern, sehingga masih dianggap releban hingga sekarang. Kesuksesan dari film ini membuat Universal kemudian menghadirkan berbagai sekuel.

Sayangnya, berbagai sekuel yang Universal hadirkan di franchise Jurassic Park tidak mampu untuk mengalahkan popularitas film petamanya. Meskipun begitu, beberapa judul filmnya berhasil sukses di pasaran. Contohnya adalah Jurassic World yang mampu membuat nama Chris Pratt semakin terkenal. Total sudah ada enam film dengan film terakhirnya adalah Jurassic World Dominion yang rilis pada 2022 kemarin.

Mission: Impossible dan Lord Of The Rings

Kedua franchise film ini merupakan beberapa yang terbesar di industri film Hollywood. Dimulai dari Mission: Impossible, di mana franchise ini mengisahkan tentang seorang mata-mata sebuah agensi Impossible Mission Force (IMF) bernama Ethan Hunt. Dia merupakan agen mata-mata terbaik di agensinya dan sering terlibat dalam berbagai misi-misi mematikan dan berbahaya.

Film pertama dari franchise tersebut rilis pada 1996 yaitu Mission: Impossible dan yang paling baru adalah Mission: Impossible – Dead Reckoning Part One yang rilis pertengahan tahun ini. Yang kedua adalah franchise The Lord of the Rings atau franchise Middle-Earth. Franchise ini menghadirkan cerita fantasi yang diadaptasi dari novel populer karya J.R.R. Tolkien dengan judul yang sama.

Kedua franchise ini sama-sama menghadirkan keseruan dan adrenalin dengan cara yang berbeda. Mission: Impossible menghadirkan berbagai adegan aksi dengan memperlihatkan Ethan Hunt berlari dan melakukan aksi berbahaya, sedangkan LOTR menghadirkan cerita dan pertempuran epik tentang para hobbit dan juga bangsa lainnya. Kedua franchise ini total sudah menghadirkan tujuh buah film.

Harry Potter

franchise jumlah film terbanyak

Selain The Lord of the Rings, franchise cerita fantasi dalam daftar ini adalah Harry Potter. Franchise ini juga diadaptasi dari novel karya J.K. Rowlings dengan nama yang sama. Ceritanya sendiri berfokus pada sosok Harry Potter, seorang anak laki-laki yang berhasil selamat dari sebuah serangan mantra paling mematikan di dunia sihir. Hal itu membuatnya terhubung dengan sang penyihir gelap, Voldemort.

Film pertama Harry Potter sendiri rilis pada 2001 dan film terakhir dalam franchise ini rilis pada 2011 dengan total ada delapan film selama satu dekade tersebut. Masing-masing filmnya sendiri mengisahkan seluruh cerita dari Harry Potter setiap tahunnya ketika dia bersekolah di sekolah sihir Hogwarts. Selain itu, kita juga melihat berbagai hal dan peristiwa menarik di dunia sihir.

Contohnya adalah bagaimana Harry ikut turnamen Triwizard dan harus berhadapan dengan pengikut Voldemort. Para penonton dan fans diajak untuk melihat perkembangan Harry Potter dan di akhir ceritanya Harry akhirnya harus berduel dengan penyihir gelap Voldemort. Franchise Harry Potter sendiri sebenarnya memiliki sebuah spinoff yaitu Fantastic Beast, di mana setting tempatnya sama dengan Harry Potter dengan timeline yang berbeda. Warner Bros. sendiri saat ini sedang mengembangkan proyek reboot Harry Potter yang dihadirkan dalam format series.

Rocky

Salah satu franchise mahakarya dari aktor legendaris Sylvester Stallone selain Rambo. Rocky sendiri menceritakan seorang petinju amatir bernama Rocky Balboa, di mana para penonton akan melihat bagaimana evolusi dari Rocky. Kita akan diajak melihat perkembangan Rocky dari seorang petinju amatir menjadi seorang petinju terkenal. Semua film Rocky bisa dibilang sangat fenomenal.

Contohnya di film pertama kita melihat perjuangan Rocky yang memulai semuanya dari bawah danĀ  di film kedua kita melihat latihan Rocky Balboa untuk menghadapi Apollo Creed. Di film selanjutnya, Rocky harus kembali memulai semuanya dari awal setelah kesuksesan membuatnya terlena. Cerita dari Rocky sendiri kemudian benar-benar berhenti di filmnya pada tahun 2006.

Yang menarik kemudian adalah di tahun 2015 franchise Rocky kembali muncul dengan pemeran utama dan judul film yang berbeda. Judul filmnya sendiri adalah Creed dan fokus ceritanya bergeser dari Rocky Balboa menjadi Adonis Creed yang merupakan putra dari Apollo Creed. Rocky sendiri kemudian jadi mentor bagi Adonis dan sudah ada tiga film Creed hingga 2023 ini. Jika semuanya digabungkan, maka total franchise Rocky sudah memiliki sembilan film.

X-Men

franchise jumlah film terbanyak

Franchise dengan jumlah film terbanyak selanjutnya adalah X-Men. Franchise film ini menghadirkan cerita tentang sekelompok superhero yang berbeda dari biasanya. Mereka merupakan superhero yang memiliki gen mutan dalam tubuhnya dan hal ini yang memberikan mereka kekuatan dahsyat. Para superhero mutan tersebut kemudian dikumpulkan oleh sosok Charles Xavier.

Xavier atau professor X kemudian menamai kelompok superhero mutan ini dengan nama X-Men. Franchise X-Men sendiri sebenarnya merupakan properti milik Marvel yang dibeli lisensinya oleh 20th Century Fox. Total ada kurang lebih 10 film dari franchise ini yang mana film pertamanya, X-Men, rilis pada tahun 2000. Film terakhir dari franchise ini adalah Dark Phoenix yang rilis pada 2019.

Sebenarnya, masih jadi perdebatan apakah dua film Deadpool termasuk dalam franchise X-Men mengingat ada beberapa karakter X-Men yang muncul dan terlibat dalam dua film tersebut – dan ada juga yang muncul sebagai cameo. Pasca akuisi Fox oleh Disney, lisensi dan juga franchise X-Men sekarang sudah kembali ke tangan Marvel dan par fans tidak sabar untuk segera melihat aksi mereka di MCU.

Batman

franchise jumlah film terbanyak

Salah satu franchise dengan jumlah terbanyak serta salah satu franchise film terlama dalam sejarah. Batman merupakan salah satu karakter yang sangat populer yang berasal dari DC Comics. Kepopulerannya membuat Batman banyak muncul di berbagai medium, seperti TV dan film. Geeks tentunya sudah tidak asing dengan cerita asal-usul dari Bruce Wayne yang berevolusi jadi Batman.

Hingga tahun 2022 kemarin, franchise Batman total sudah menghadirkan 10 film di mana film pertamanya sendiri rilis pada 1966. Sedangkan, film terakhir dari franchise Batman rilis pada 2022 kemarin yaitu The Batman yang merupakan film garapan Matt Reeves dan dibintangi oleh Robert Pattinson. Meskipun sudah ada 10 film di franchise Batman, namun alur ceritanya sendiri tidak berurutan.

Sejak 1989, Warner Bros. selalu menghadirkan cerita yang berbeda dan baru dalam setiap iterasi film Batman. Contohnya adalah dalam trilogi Batman karya Christopher Nolan, kita melihat bagaimana perkembangan Batman mulai dari awal hingga jadi sosok pahlawan pelindung Gotham. Sedangkan, film The Batman sendiri menghadirkan cerita di tahun-tahun awal Bruce Wayne menjadi Batman.

Fast & Furious dan Star Wars

franchise jumlah film terbanyak

Satu-satunya franchise bertema mobil dan balapan di industri Hollywood yang sukses sejauh ini. Bahkan, bisa dibilang, Fast & Furious adalah salah satu franchise film terbesar dan populer dalam satu dekade terakhir. Geeks tentunya sudah tidak asing dengan alur cerita filmnya. Film pertama Fast & Furious rilis pada tahun 2001 dan dibintangi oleh Paul Walker dan juga Vin Diesel dengan judul The Fast and the Furious.

Film tersebut sukses besar di pasaran, karena menghadirkan elemen cerita yang jarang diangkat oleh film Hollywood yaitu balapan jalanan. Semenjak saat itu, franchise ini kemudian melahirkan berbagai sekuel lainnya dengan total film mencapai 11 film. Fast X adalah film terbaru dari franchise ini, di mana dalam film ini Dominic Toretto harus berhadapan dengan sosok yang paling berbahaya dalam hidupnya.

Namun, kabar sebelumnya menyebutkan jika Vin Diesel akan menghadirkan dua film lainnya yang akan jadi penutup seluruh franhise Fast & Furious. Jika memang demikian, artinya secara total franchise ini sudah memiliki 13 film. Yang menarik adalah Vin Diesel memliki rencana jangka panjang dengan franchisenya di mana dia akan menghadirkan spinoff di mana seluruh karakter utamanya adalah wanita dan juga cerita lainnya

Selain Fast & Furious, franchise film dengan total film mencapai 11 adalah Star Wars. Ini merupakan franchise paling populer di dunia sekaigus juga jadi franchise yang memiliki jumlah fans setia yang sangat banyak. Cerita dari trilogi orisinal filmnya bercerita entang Luke Skywalker dan petualangannya untuk menjadi seorang Jedi handal. Namun, kita juga melihat bagaimana Luke terlibat dalam peperangan antara pihak Empire dan Rebel Aalliance.

Trilogi berikutnya menghadirkan cerita tentang Anakin Skywalker ketika masih muda dan bagaimana kemudian dia jatuh ke Dark Side. Film pertama yang dirilis oleh franchise Star Wars adalah Episode IV: A New Hope pada 1977 dan film terakhirnya, Episode IX: The Rise of Skywalker, rilis pada 2019. Di era modern sekarang, franchisenya sudah banyak menghadirkan proyek lain seperti The Mandaloria, Ahsoka, Andor, dan sebagainya.

Star Trek

franchise jumlah film terbanyakSelain Star wars, franchise dengan jumlah film terbanyak dari genre fiksi ilmiah selanjutnya adalah Star Trek. Sudah sejak lama banyak orang menyandingkan Star Trek dengan Star Wars, hal ini mengingat kedua franchise ini sama-sama bergenre fiksi ilmiah dan bersetting di luar angkasa. Meskipun begitu, Star Trek memiliki premis yang berbeda dengan Star Wars. Seriesnya sendiri bersetting di abad ke 23.

Star Trek berfokus pada cerita petualangan dari para kru sebuah kapal luar angkasa bernama USS Enterprise. Ini merupakan sebuah kapal luar angkasas penjelajah yang sengaja dibangun oleh United Federation of Planets. Misi utama kapal luar angkasa tersebut tidak lain adalah untuk menjelajahi berbagai dunia baru dan mencari keberadaan kehidupan baru serta perdaban baru.

Singkatnya, kapal tersebut memiliki misi untuk menjelajahi dunia luar menuju tempat yang belum pernah disentuh oleh siapapun. Cerita Star Trek sendiri dimulai dari TV series, tetapi baru pada 1971 franchise ini menghadirkan film pertamanya dan berakhir pada 1991. Setelah itu, ada banyak reboot dan berbagai proyek lainnya yang muncul di mana total Star Trek sudah memiliki 13 film.

James Bond

franchise jumlah film terbanyak

Ian Fleming berhasil menciptakan sebuah ide yang kemudian jadi saalah satu karakter film paling ikonik dalam sejarah. Meskipun tanpa muncul di sebuah filmnya, karakter James Bond, yang merupakan agen 007 dari agensi MI6 di Inggris sudah sangat populer di seluruh dunia. Sejak pertama kali rilis pada 1962 melalui film Dr. No, hingga tahun 2021 kemarin total sudah ada 27 film James Bond sejauh ini.

Dan yang menarik adalah angka tersebut kemungkinan besar masih akan terus bertambah dalam beberapa tahun kedepan. Pasalnya, MGM yang merupakan pemegang lisensi film James Bond masih terus menghadirkan berbagai film terbaru dan juga mereka menghadirkan berbagai aktor-aktor baru juga untuk memerankan sosok agen flamboyan tersebut. Total ada enam aktor yang sudah pernah memerankan karakter James Bond sejauh ini.

Karisma dari karakter James Bond memang tidak bisa dihindari di mana hal ini jadi salah satu daya tarik dari filmnya. Untuk urusan cerita, memang harus diakui tidak jarang para fans melemparkan kritik di mana ceritanya terkadang menggunakan formula yang sama. Dan ini juga yang saat ini membuat pihak MGM terus untuk menghadirkan elemen baru dalam franchisenya.

Marvel Cinematic Universe

franchise jumlah film terbanyak

Franchise dengan jumlah terbanyak yang terakhir adalah Marvel Cinematic Universe atau MCU. Marvel Cinematic Universe merupakan sebuah franchise yang dibuat oleh Marvel Studios. Berbeda dengan franchise film lain yang hanya membuat sekuel dari film tertentu, franchise MCU justru banyak menghadirkan elemen dan berbagai hal lainnya yang saling terkait satu sama lain antara film sebelumnya dengan film yang akan datang.

Contohnya adalah film Iron Man yang rilis di tahun 2008 dan jadi film pertama di Marvel Cinematic Universe dengan film The Incredible Hulk. Dalam film tersebut nampak bagaimana karakter karakter Tony Stark dari film Iron Man memiliki koneksi dengan film setelahnya yaitu The Incredible Hulk. Meskipun begitu, MCU juga menghadirkan kelanjutan dari cerita solo yang sudah mereka hadirkan sebelumnya. Contohnya adalah Iron Man 2 & 3.

Semua film yang ada di MCU terbagi dalam Phase, di mana sejak 2008 hingga 2023 sekarang jumlah sudah ada lima Phase yang mereka hadirkan. Sejauh ini, total Marvel Studios sudah menghadirkan 34 film di mana The Marvels jadi film terbaru dalam franchise ini. Angka ini masih terus akan berlanjut setidaknya hingga 2027 dengan prediksi total filmnya mencapai 42 film.

Berbagai franchise di atas berhasil mempertahakan eksistensi mereka dengan menghadirkan jumlah film yang sangat banyak. Bahkan, dengan kesuksesan film-film tersebut mereka bisa bertahan selama puluhan tahun di industri film Hollywood.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.