Avatar: The Last Airbender menceritakan tentang perjuangan Aang untuk menghentikan perang yang berkecamuk di Bumi. Perang tersebut sebenarnya diinisiasi oleh negara api, yang dipimpin oleh raja api Ozai. Perjuangan Aang pun tidak mudah, meski dia pada akhirnya mampu mengendalikan semua elemen yang ada, mulai dari tanah, api, angin, hingga air. Tetapi pada akhirnya, apa yang diusahakan oleh Aang membuahkan hasil. Raja api Ozai berhasil dikalahkan yang berarti perang telah berakhir.

Meski itu sudah cukup untuk menceritakan ending Aang, tetapi sebenarnya cerita tentang Aang pasca Avatar: The Last Airbender masih sangat panjang. Ceritanya pun berlanjut ke The Legend of Korra. Lantas yang menjadi pertanyaan terbesar adalah bagaimana nasib Aang setelah Avatar: The Last Airbender berakhir?

3Dunia yang Semakin Maju

Dalam The Legend of Korra, ceritanya mengambil latar 70 tahun setelah The Last Airbender. Di sana, keempat negara yaitu Negara Api, Negara Angin, Negara Air, dan Negara Tanah mengalami kemajuan teknologi yang masif. Orang-orang sudah mulai menggunakan mobil, dan berkomunikasi menggunakan radio. Tentu saja itu tak lepas dari peran Aang yang turun langsung untuk membangun sebuah dunia yang baru. Peran Aang masih begitu besar dalam The Legend of Korra, karena dia mulai memisahkan koloni Negara Api yang sempat menjajah negara lainnya.

Dia berencana untuk memindahkan orang-orang dari Negara Api ke tempat tinggal asalnya. Meski niat Aang sudah sangat mulia, tetapi tentu saja itu tidak mudah, karena selalu ada saja gerakan perlawanan yang menghalau rencana Aang. Ada sebuah wilayah bernama Yu Dao, yang penduduknya menolak untuk dipindahkan oleh Aang. Pasalnya para penduduk di sana mengaku hidup harmonis. Padahal para penduduk di sana adalah campuran dari Negara Api dan Tanah. Karena itulah para penduduk negara api di sana tidak memiliki rencana untuk kembali ke negara api. Melihat fakta dilapangan yang ada, Aang pun menuruti permintaan penduduk Yu Dao, dan membiarkan mereka hidup mandiri dan apa adanya.

Di saat Aang mempertahankan kestabilan di dunia, dia pun membangun kembali Negara Angin yang sebelumnya dianggap musnah. Aang memang berniat untuk menghidupkan kembali negara tersebut, dan membuatnya sejajar dengan negara-negara lainnya. Negara Angin pun pada akhirnya menjadi negara maju berkat berbagai teknologi yang semaki maju. Selain itu, penduduk di Negara Angin berangsur-angsur meningkat.

Kembali
Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/