Ada banyak judul anime populer yang berhasil merebut perhatian para fans, namun beberapa dari mereka pernah melakukan crossover terbesar sepanjang masa. Melakukan crossover bukan merupakan sesuatu yang baru dalam dunia anime. Tidak jarang berbagai judul anime melakukan crossover dengan judul anime populer lainnya dalam sebuah event atau perayaan tertentu. Berikut adalah beberapa crossover anime terbesar sepanjang masa.

7Fairy Tail x Rave Master

Fairy Tail dan Rave Master merupakan dua nama series anime yang sempat populer di akhir tahun 2000an. Seperti halnya Dragon Ball dan juga Dr. Slump, anime Fairy Tail dan Rave Master merupakan dua karya dari Hiro Mashima. Fairy Tail sendiri merupakan sebuah series yang menceritakan tentang karakter Natsu Dragneel, Happy, Lucy, dan juga teman-temannya.

Mereka semua kemudian tergabung dalam sebuah guild yang sama di mana orang-orangnya memiliki latar belakang berbeda. Sedangkan, Rave Master berfokus pada sosok karakter bernama Haru yang berpetualang untuk mencari keberadaan Rave Stone. Dalam perjalannya, Haru pun bertemu dengan berbagai karakter lain yang kemudian menjadi teman petualangannya.

Hiro Mashima kemudian menghadirkan sebuah OVA yang menghadirkan crossover antara Fairy Tail dan juga Rave Master. Karena memiliki jenis petualangan dan humor yang sama, crossover dari keduanya terasa sangat menarik meskipun tetap ada hal unik yang dimunculkan dalam ceritanya. Para karakter dari keduaa seriesnya juga bisa membaur dengan sangat baik sambil juga berhasil memperkenalkan universe dari karya Hiro Mashima dengan baik.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.