Terdapat sebuah teori menarik sekaligus gila yang muncul di kalangan fans One Piece yang menyebutkan jika sosok Shanks bisa jadi sebenarnya adalah Gorosei. Banyak fans yang penasaran dengan sosok Shanks, terutama mengenai asal-usulnya. Hal ini pun yang membuat berbagai teori tentang Shanks bermunculan di kalangan fans One Piece. Salah satu yang menarik adalah terdapat teori yang menyebutkan jika Shanks merupakan salah satu Gorosei.

Shanks Dalam Cerita One Piece

shanks gorosei

Shanks merupakan salah satu karakter yang misterius, di mana masih belum banyak informasi yang muncul. Padahal, Shanks merupakan salah satu karakter yang muncul di awal serinya bersamaan dengan perkenalan karakter Luffy. Sejauh ini, Shanks baru muncul beberapa kali dalam cerita One Piece. Shanks hanya muncul dalam beberapa panel saja di sebuah situasi genting atau epik.

Contohnya adalah ketika momen pertama kali dia menyelamatkan Luffy. Juga, ketika Shanks datang dalam pertempuran puncak di Marineford dan menghentikan peperangan tersebut. Yang paling baru adalah bagaimana dia menghentikan admiral Green Bull di Wano dan menghabisi kelompok bajak laut Kidd. Oda Sensei sendiri sangat jarang mengupas atau menyinggung masa lalu Shanks.

Dia lebih senang menghadirkan informasi tentang kekuatannya, seperti kekuatan Haki Shanks yang dahsyat yang bisa kita lihat saat dia membuat Aramaki kabur dari Wano. Meskipun begitu, terdapat hal menarik dari sosoknya di mana banyak pihak nampak begitu menghormati atau mendengarkan apa yang Shanks katakan. Hal ini pun membuat banyak fans penasaran tentang siapa sebenarnya sosok Shanks.

Meskipun Shanks memiliki reputasi sebagai Yonko, namun rasanya reputasi tersebut tidak akan cukup atau tidak akan mampu untuk bisa mendapatkan rasa hormat sebesar itu. Hal ini bisa kita lihat bagaimana World Government dan angkatan laut justru menganggap para Yonko lainnya sebagai sebuah ancaman yang harus dimusnahkan meskipun mereka tidak mau menyerang Yonko terlebih dahulu.

Spekulasi yang paling santer di kalangan fans menyebutkan bahwa Shanks kemungkinan merupakan keturunan kaum naga langit. Dan spekulasi ini pun muncul bukan tanpa dasar. Salah satu buktinya adalah jika kita melihat bagaimana orang-orang memperlakukannya dan begitu menghormatinya. Melihat hal tersebut, rasanya spekulasi tersebut bukan sesuatu yang mustahil. Di sisi lain, Geeks tentunya melihat bagaimana sikap Gorosei saat arc Reverie terjadi di mana mereka seolah sudah mengenal Shanks sejak lama.

Shanks Adalah Gorosei

shanks gorosei

Selain teori jika Shanks adalah kaum naga langit, terdapat juga teori yang tidak kalah menarik dan gila yang menjelaskan jika Shanks kemungkinan adalah Gorosei atau sosok yang memiliki koneksi dengan Gorosei. Salah satu petunjuk yang paling jelas adalah bagaimana Shanks bisa diterima dengan baik oleh para Gorosei dalam arc Reverie. Seperti yang disebutkan di atas, reputasi Yonko rasanya tidak akan mampu membuat Shanks diterima dengan baik oleh Gorosei.

Di sisi lain, kita juga melihat bagaimana Shanks nampaknya sudah sangat tahu atau mengenal Gorosei. Yang menarik adalah Shanks juga seolah sudah tahu di mana ruangan Gorosei dan bisa masuk begitu saja untuk berbicara dengan Gorosei. Kita bisa membandingkan apa yang dilakukan oleh Cobra sebelum masuk dan berbicara dengan Gorosei di mana dia perlu persiapan terlebih dahulu.

Yang kemudian dianggap sebagai petunjuk adalah Haki yang Shanks miliki. Level kekuatan Haki dari Shanks memang benar-benar di luar nalar. Yang paling epik adalah bagaimana dia bisa menguasai Haki yang mampu menjangkau targetnya dalam jarak yang jauh. Rasanya, Roger sendiri belum tentu mampu untuk melakukannya. Bahkan, Oda sendiri mengakui level Haki dari Shanks sangat luar biasa.

Mengapa kemudian level Shanks Haki bisa jadi petunjuk Shanks adalah Gorosei? Hal ini berkaca pada apa yang terjadi saat kemunculan Gorosei Saturn di Egghead. Dalam momen tersebut Gorosei Saturn muncul dari semacam simbol ritual dan siapa pun yang memiliki pangkat rear admiral ke bawah tidak boleh melihat Gorosei Saturn. Dan jika hal itu dilanggar, maka tubuh mereka akan hancur.

Hal ini mirip dengan apa yang Shanks lakukan ketika pergi ke kapal Whitebeard, di mana mereka yang tidak memiliki kemampuan Haki atau tidak biasa dengan aura Haki yang dahsyat maka mereka akan tidak sadarkan diri. Berdasarkan hal tersebut artinya teka-teki tentang Haki Shanks pun terjawab, yaitu dari mana sumber Haki yang sangat dahsyat dalam diri Shanks. Di sisi lain, Haki dari Shanks ini bisa jadi setara dengan para Gorosei.

Apakah Shanks Sosok Jahat

shanks gorosei

Jika kemudian Shanks memang adalah Gorosei atau memiliki afiliasi dengan Gorosei, mengapa kemudian dia memilih menjadi bajak laut? Lalu, apakah Shanks sosok yang jahat seperti para Gorosei? Untuk saat ini, jawaban dari pertanyaan tersebut adalah Shanks bukanlah sosok yang jahat. Hal ini berdasarkan dari apa yang sudah Shanks lakukan di sepanjang cerita One Piece atau berbagai aksi yang sudah dia hadirkan.

Seperti yang disebutkan di atas, jika setiap aksi yang Shanks lakukan selalu memberikan dampak signifikan. Logikanya, jika Shanks adalah sosok yang jahat atau gemar melakukan kekerasan dan kekacauan, seperti Blackbeard atau Kid, mungkin dia tidak akan melakukan berbagai hal yang sudah disebutkan sebelumnya. Shanks akan cenderung melakukan berbagai tindakan mengerikan atau tidak simpatik misalnya, dia tidak akan menghentikan pertempuran besar di Marineford.

Meskipun semua hal yang Shanks lakukan adalah untuk kebaikan dan terdapat teori jika Shanks adalah seorang penjaga kedamaian, terdapat juga spekulasi lainnya tentang Shanks. Dalam hal ini, semua yang Shanks lakukan adalah cara untuk mendapatkan perhatian dan kepercayaan orang sebelum kemudian dia memanfaatkannya untuk kepentingannya sendiri.

Banyak yang menduga jika Shanks memiliki koneksi tertentu dengan World Government dan juga Gorosei. Di chapter 907 kita melihat Shanks mencoba untuk berdiskusi tentang seorang bajak laut, bersama Gorosei. Banyak fans yang menduga jika Shanks akan membicarakan tentang Blackbeard. Tapi, bagaimana jika sosok yang dimaksud sebenarnya adalah Luffy?

Salah satu teori menyebutkan bahwa Shanks mungkin adalah perwakilan dari Gorosei atau Im. Dia kemungkinan bertanggung jawab untuk mencari dimana pun dan siapa pun keturunan dari klan D dan mencoba menghentikan mereka untuk mencapai pulau Laugh Tale dan mengetahui abad yang hilang. Teori lainnya juga menyebutkan jika Shanks juga memiliki ambisi untuk menguasai dunia. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana Shanks dan kelompoknya berusaha mengambil seluruh salinan Road Poneglyph milik Kid. Dan dia juga diketahui memiliki ambisi untuk menguasai dan mendapatkan One Piece. Yang pasti, para fans saat ini menantikan seperti apa koneksi Gorosei dan Shanks..

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.