Dengan kematian Gojo Satoru di chapter terbaru Jujutsu Kaisen, banyak yang kemudian bertanya apakah dia bisa kembali dari kematian. Chapter baru dari manga Jujutsu Kaisen menghadirkan sebuah kejutan besar bagi para fans, di mana Gojo Satoru diperlihatkan tewas akibat pertarungannya melawan Ryomen Sukuna. Meskipun Gojo sempat unggul, Sukuna mampu untuk tetap menang dan bahkan menghabisi nyawa dari Gojo. Banyak fans bertanya apakah Gojo bisa bangkit dari kematian.

Bukan Kematian Pertama

gojo jujutsu kaisen Dalam cerita Jujutsu Kaisen, sebenarnya Gojo pernah juga diperlihatkan tewas jauh sebelum pertarungannya melawan Sukuna. Hal ini terjadi dalaam pertarungannya melawan ayahdari Megumi Fushiguro yaitu Toji Fushiguro. Pertarungan ini benar-benar membuat Gojo harus mengerahkan semua kekuatannya, karena Toji mampu mendapatkan kekuatan dahsyat berkat Heavenly Restriction.

Dengan menggunakan teknik itu Gojo sebenarnya berhasil dikalahkan oleh Toji, di mana bahkan kekuatan Limitless yang dia miliki tidak mampu untuk menandingi kedahsyatan ayah dari Megumi Fushiguro tersebut. Dalam pertarungan itu, Toji benar-benar menghancurkan tubuh dari Gojo dan sudah menduga jika musuhnya sudah tewas. Namun, ternyata hal tersebut salah.

Secara teknis Gojo sebenarnya memang sudah tewas pada momen terebut. Namun, Gojo mengaku jika kesalahan terbesar Toji adalah tidak menebas lehernya atau tetap membiarkan kepalanya menyatu dengan badannya. Gojo kemudian menggunakan teknik Reversed Cursed Technique untuk menyembuhkan lukanya dan dia pun kembali hidup. Ketika itu, Gojo kemudian membalas kekalahannya dengan menghabisi Toji.

Banyak fans meyakini jika Gojo kemungkinan akan kembali hidup untuk yang kedua kalinya, artinya dia akan kembali terhindar dari kematian. Melihat dari kondisi tubuhnya, jika kita berkaca dari apa yang terjadi ketika menghadapi Toji maka Gojo memiliki peluang untuk bisa kembali hidup. Tapi, seperti yang dijelaskan oleh Sukuna apa yang dia lakukan berbeda dari Toji.

Sukuna bukan hanya mampu membelah badannya saja, namun dia benar-benar membelah ruang dan waktu yang membuat Gojo tidak lagi memungkinkan untuk bisa kembali dari kematian. Bahkan, Reversed Cursed Technique sekalipun tidak akan mampu untuk memulihkan kondisi yang dialami oleh Gojo. Jadi, kesimpulannya, Gojo benar-benar tewas untuk kali ini.

Gojo Bisa Kembali Bangkit

gojo jujutsu kaisen

Namun, ada spekulasi menarik di mana bisa saja Gojo kembali bangkit dari kematian. Hanya saja, yang perlu jadi catatan adalah kebangkitan Gojo dari kematian kali ini hanya tubuhnya saja. Sedangkan, isi kepalanya atau otaknya dikendalikan oleh Kenjaku. Dalam cerita Jujutsu Kaisen, Kenjaku merupakan sosok villain yang sebenarnya lebih jahat dan mengerikan dari Sukuna.

Hidup dan mati dari Sukuna dia lakukan hanya untuk bertarung dan jadi yang terhebat. Namun, Kenjaku memiliki rencana lain di mana dia ingin merubah dunia kembali ke ribuan tahun lalu atau kembali ke zaman emas era penyihir Jujutsu. Dia ingin merubah evolusi manusia sesuai dengan keinginannya dan juga menyatu dengan sosok Master Tengen. Dengan demikian, dia bisa menciptakan kekacauan yang luar biasa seperti dalam peristiwa Shibuya.

Jika Geeks perhatikan, Kenjaku sudah memiliki beberapa tubuh yang sempat dia jadikan wadahnya. Inilah yang kemudian membuat sang penyihir kuno tersebut masih bisa terus bertahan bahkan hingga saat ini. Dalam ceritanya dijelaskan, Kenjaku pada dasarnya menjadi otak dari tubuh tersebut dan dia mampu mengakses seluruh ingatan dan juga kepribadian dari sosok tersebut.

Dalam beberapa abad, sudah ada cukup banyak tubuh yang menjadi wadah dari Kenjaku. Beberapa diantaranya adalah Noritoshi Kamo, yang merupakan pemimpin dari klan Kamo. Dia juga pernah berpindah ke tubuh lain yaitu Kaori Itadori, yang merupakan ibu dari Yuji dan sekaligus yang melahirkan Yuji. Yang paling terakhir adalah Kenjaku mengambil alih tubuh dari Suguru Geto.

Gojo sebenarnya berhasil menghabisi nyawa mantan rivalnya tersebut, namun tubuhnya tidak benar-benar hancur. Hal itu membuat Kenjaku memiliki kesempatan untuk bisa mengambil alih tubuhnya. Dia pun kemudian tetap bertahan di tubuh Geto hingga sekarang. Melihat apa yang terjadi kepada Gojo, ada kemungkinan jika tubuhnya jadi korban selanjutnya dari Kenjaku.

Bagaimana Kenjaku Ambil Alih Tubuh Gojo

gojo jujutsu kaisen

Kenjaku kemungkinan besar mampu dan bisa untuk mengambil alih tubuh dari Gojo. Bagi Kenjaku, persyaratan utama dari hal tersebut adalah tubuh dari korbannya tidak hancur seutuhnya. Dan melihat tubuh dari Gojo yang hanya terbelah, artinya bukan mustahil bagi Kenjaku untuk bisa menduduki tubuh Gojo. Lagipula, Kenjaku nampak seperti sebuah otak manusia dengan gigi yang bisa merangkak masuk ke kepala orang lain.

Ketika bagian atas kepalanya terlepas, Kenjaku akan mengganti otak dari Gojo dan tinggal d dalamnya. Meskipun kecil kemungkinan Kenjaku akan melakukannya saat ini – apalagi pertarungan melawan Kashimo akan dimulai – namun rasanya hal itu tidak akan menghentikannya. Kenjaku melihat peluang dari kematian Gojo dan dia tentunya akan memanfaatkan peluang tersebut.

Tubuh Suguru Geto memang harus diakui sangat kuat, namun rasanya logis jika Kenjaku mengincar tubuh penyihir Jujutsu terkuat yaitu Gojo Satoru. Dengan menggunakan tubuh Gojo Satoru, maka dia bisa menjalankan misi besarnya untuk merubah dunia kembali ke zaman Jujutsu. Dan yang menarik adalah jika Geeks perhatikan, Sukuna dan Kenjaku sempat menjalin kesepakatan.

Sebelum pertarungan melawan Gojo terjadi, Kenjaku meminta kepada Sukuna untuk berjanji akan satu hal. Apa yang kemudian jadi janji dari Sukuna kepada Kenjaku tidak diketahui hingga saat ini. Namun, jika diperhatikan, tidak banyak yang Kenjaku inginkan dari Sukuna. Kemungkinan besar Kenjaku ingin Sukuna mengalahkan Gojo dan membiarkan tubuhnya utuh agar kemudian dia bisa mengambil alih tubuh tersebut.

Inilah yang mungkin jadi alasan mengapa kemudian Sukuna memutuskan untuk membelah tubuh Gojo dan tidak menghancurkannya. Untuk saat ini, memang masih belum diketahui apa yang akan terjadi kepada Gojo. Namun, jika kemudian Kenjaku memang benar akan mengambil alih tubuh Gojo maka ini akan jadi sebuah plot twist yang menarik dari Jujutsu Kaisen.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.