Series live action One Piece hadirkan sosok pemimpin dari para angkatan laut dan seluruh agen World Government yaitu Kong. One Piece season 1 berhasil menghadirkan cerita East Blue Saga dengan baik. Meskipun mayoritas cerita sesuai dengan sumber aslinya, namun seriesny menghadirkan sesuatu yang baru. Di akhir musim perdana kemarin, seriesnya kemungkinan sudah hadirkan pemimpin angkatan laut yang belum banyak tereksplor, Kong.

Kemunculan Kong di One Piece Season 1

kong one pieceSalah satu hal yang banyak menyita perhatian para fans dari series live action One Piece di musim perdana ini adalah banyaknya easter egg dari sumber aslinya yang muncul di berbagai episode. Mulai dari poster buruan hingga kemunculan karakter baru. Dan yang menarik adalah musim perdana ini sepertinya banyak yang tidak menyadari jika seriesnya sudah memperkenalkan sosok pemimpin angkatan laut, Kong.

Dalam credit title di episodee 8, kita bisa melihat peta dari East Blue dan dalam petaa tersebut seolah memberikan petunjuk mengenai apa yang mungkin akan terjadi dalam petualangan besar kru Topi Jerami selanjutnya. Yang menarik jika Geeks perhatikan terdapat lambang dan tulisan yang berbunyi “Diciptakan untuk angkatan laut di East Blue, atas perintah pemimpin tertinggi Kong.”

Kong Versi Manga dan Anime

Lalu, siapa sebenarnya Kong? Di series One Piece sendiri Kong diceritakan adalah mantan Fleet Admiral atau pemimpin markas pusat angkatan laut sekitar 48 tahun yang lalu. Posisinya kemudian digantikan oleh Sengoku, sedangkan Kong kemudian mengisi posisi commander-in-chief atau pemimpin tertinggi dari angkatan laut dan para agen World Government.

Kong sendiri tidak bermarkas di Marineford, melainkan di mary Geoise. Karena, dialah jembatan antara pihak angkatan laut dan World Government. Kong juga merupakan salah satu karakter yang sangat dinantikan kemunculannya, karena sejauh ini dia baru muncul secara sekilas. Selain itu, para fans juga sangat menantikan informasi lengkap mengenai sosok Kong karena Oda Sensei masih belum memberikan informasi apa pun terkait sosok ini.

Oda Sensei tidak pernah memberikan informasi sekuat apa sosok Kong ataau apakah dia memiliki kekuatan buah iblis. Meskipun begitu, sebagian fans beranggapan bahwa sosok Kong adalah angkatan laut yang kuat. Hal ini dilihat dari bagaimana posisinya di World Government dan juga melihat bagaimana bekas luka di badannya. Juga, bisa jadi Kong adalah sosok yang sangat berpengalaman di mana sudah banyak bajak laut legendaris yang pernah dia hadapi, seperti sosok Rocks.

Kong juga mungkin memiliki kekuatan Haki yang dahsyat, karena menurut informasi yang ada para perwira tinggi angkatan laut biasanya memiliki kekuatan Haki, termasuk Kong. Dengan banyaknya pengalaman bertempur melawan bajak laut tangguh, ditambah dengan posisinya saat ini, Kong dianggap menjadi salah satu karakter paling kuat di series One Piece.

Kemunculan Sosok Kong

kong one pieceLalu, apakah kemudian sosok Kong akan muncul dalam alur cerita live action One Piece? Besar kemungkinan Kong tidak akan muncul di One Piece season 2, karena season terbaru tersebut sudah diketahui alurnya dan coba untuk menghadirkan sesuatu yang berbeda dari season pertama. Salah satu contohnya adalah bagaimana Alvida dan Buggy bersekutu untuk bisa mengalahkan Luffy.

Di sisil lain, ada indikasi kuat jika sosok angkatan laut lain yang kemudian akan muncul di season 2 yaitu Captain Smoker. Jadi, jika kemudian live action One Piece akan mengikuti alur cerita dari seriesnya makan kemungkinan kecil Kong akan muncul di season 2. Kemudian, jika seriesnya berlanjut hingga season 6 – atau bahkan 12 seperti yang diharapkan sang produser – maka Kong baru bisa muncul.

Di manganya sendiri, Kong pertama kali muncul pasca pertempuran di Marineford selesai. Dan masih belum diketahui sampai mana alur cerita One Piece di setiap seasonnya. Meskipun begitu, bukan berarti series live action One Piece tidak bisa menghadirkan improvisasi terhadap kemunculan karakter Kong. Dalam hal ini, Kong mungkin bisa muncul lebih cepat dalam ceritanya.

Hal ini sudah terjadi kepada Monkey D Garp, yang mana dalam musim pertama sudah diperkenalkan dalam ceritanya. Padahal, di manga atau animenya sendiri Garp baru benar-benar diperkenalkan sebagai kakek dari Luffy di arc Water Seven. Artinya, Kong mungkin saja muncul meskipun hanya sekilas. Misalnya, dengan memberikan perintah untuk menangkap Luffy atau momen percakapannya dengan Garp tentang Luffy. Kita nantikan saja kemunculan dari Kong di live action One Piece ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.