Belakangan ini, banyak studio besar yang berlomba-lomba membuat cinematic universe. Bagaimana tidak? Mereka “terhipnotis” dengan kesuksesan besar yang diraih oleh MCU dan DCU, yang sukses dengan cinematic universe yang luas, dengan berbagai film dan series yang saling terhubung satu sama lain. Namun tidak semua studio besar berhasil membuat cinematic universenya, karena membuat cinematic universe tidaklah mudah karena harus membuat setiap proyek itu saling terhubung. Dan pada akhirnya ada beberapa cinematic universe yang terpaksa dibatalkan karena berbagai macam sebab. Apa saja cinematic universe yang batal dibuat? Simak berikut ini!

2The Amazing Spider-Man

Pada tahun 2012, Sony berencana membuat cinematic universe yang dimulai dari film The Amazing Spider-Man. Selain berencana membuat film solo Spider-Man, mereka juga berencana membuat film Venom dan Black Cat. Alex Kurtzman pun sudah ditunjuk untuk menulis dan menyutradarai film Venom, dan showrunner Westworld, Lisa Joy Nolan, sudah diperkerjakan untuk menulis naskah film Black Cat. Dan setelah itu, muncul rencana baru untuk membuat film Sinister Six, yang berpusat pada villain Spider-Man.

Film Sinister Six tersebut tadinya mengincar Tom Hardy sebagai pemeran Doc Ock, dengan Paul Giamatti yang didapuk sebagai pemeran Rhino. Sementara itu Drew Goddard pun sudah ditunjuk untuk menulis dan menyutradarai film Sinister Six, dan Sony sangat bersemangat dengan spinoff tersebut sehingga mereka menunda untuk membuat The Amazing Spider-Man 3. Namun rencana tersebut pupus setelah Sony menganggap The Amazing Spider-Man 2 tidak sukses.

Film tersebut hanya meraup pendapatan lebih sedikit dari film pertama, dan filmnya mendapat ulasan yang cukup mengecewakan karena tidak terlalu akurat dengan komik. Sony akhirnya membatalkan seluruh rencana untuk cinematic universe baru ini, sehingga Kurtzman akhirnya berpindah ke Universal untuk membuat Dark Universe. Dan beberapa tahun kemudian, Sony akhirnya membangun cinematic universe baru bernama SSU (Sony’s Spider-Man Universe.)

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/