Belakangan ini, banyak studio besar yang berlomba-lomba membuat cinematic universe. Bagaimana tidak? Mereka “terhipnotis” dengan kesuksesan besar yang diraih oleh MCU dan DCU, yang sukses dengan cinematic universe yang luas, dengan berbagai film dan series yang saling terhubung satu sama lain. Namun tidak semua studio besar berhasil membuat cinematic universenya, karena membuat cinematic universe tidaklah mudah karena harus membuat setiap proyek itu saling terhubung. Dan pada akhirnya ada beberapa cinematic universe yang terpaksa dibatalkan karena berbagai macam sebab. Apa saja cinematic universe yang batal dibuat? Simak berikut ini!

3Dark Universe

Pada tahun 2013, Universal memutuskan untuk membuat cinematic universe bernama Dark Universe yang diawasi oleh Alex Kurtzman dan Roberto Orci. Namun, beberapa bulan kemudian, Kurtzman dan Orci memutuskan hengkang dari Dark Universe. Perannya kemudian digantikan oleh Chris Morgan, yang sebelumnya sukses menggarap Fast & Furious. Morgan kemudian melibatkan Ed Solomon, Aaron Guzikowski, Jon Spaihts, dan Eric Heisserer, untuk mulai mengembangkan ide-ide film dalam Dark Universe.

Masing-masing penulis kemudian diminta untuk mengerjakan beberapa proyek seperti Solomon yang bertugas menulis The Invisible Man, Heisserer dan Spaihts menulis naskah Van Helsing, Guzikowski menulis The Wolfman, dan David Koepp bertugas menulis naskah Bride of Frankenstein. Namun Universal memprioritaskan The Mummy sebagai film utama, yang dimaksudkan untuk menjadi film pembuka dari Dark Universe. Alex Kurtzman pun kembali bergabung untuk menyutradarai filmnya.

Saat pengembangan The Mummy bergerak maju, Universal mengumumkan bahwa film Dark Universe berikutnya setelah The Mummy adalah Bride of Frankenstein. Mereka mengontrak Bill Condon untuk menyutradarai dan mencoba menarik Angelina Jolie sebagai bintangnya. Namun rencana untuk memperluas Dark Universe pupus setelah kegagalan The Mummy yang rilis di tahun 2017. Film tersebut mendapat ulasan negatif, meski mampu menghasilkan pendapatan yang cukup besar bagi Universal. Setelah kagagalan itulah, Universal membatalkan Dark Universe.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/