Saat ini, MCU tengah merambah sisi kosmik yang sebelumnya belum pernah terjamah. Film Eternals yang rilis tahun 2021 menjadi contoh bahwa kosmik di MCU sangat luas dan beragam. Dalam film tersebut, kita juga dikenalkan dengan beberapa Celestial, salah satunya adalah Arishem the Judge, Tiamut, dan Jemiah The Analyzer, yang dimunculkan secara singkat. Adalagi beberapa Celestial lainnya yang sudah lebih dulu muncul seperti Ego, Knowhere, Eson, hingga Starlord, yang diketahui sebagai setengah Celestial karena dia adalah anak Ego. Sayangnya, ada beberapa Celestial yang belum diperlihatkan di MCU. Siapa saja?

1. Ezarr the Calculator

Nezarr menjadi salah satu Celestial pertama yang pernah mengunjungi Bumi. Warna armor Nezarr berwarna biru gelap, yang membuatnya sangat mudah diingat. Tubuhnya pun memiliki tinggi sekitar 600 meter, tidak begitu tinggi bagi seorang Celestial. Sesuai dengan namanya, Nezarr bertugas menghitung layaknya kalkulator. Dia akan menghitung jumlah populasi dari planet yang dia datangi.

Dia juga ditugasi untuk melakukan eksperimen dan kemudian mengumpulkan datanya untuk diolah. Selain unggul dalam ilmu matematik, Nezarr juga memiliki keunggulan lain yaitu healing factornya yang super cepat. Ketika tangannya ditebas oleh Odin, lengan Nezarr bisa tumbuh kembali dengan sangat cepat.

2. Gammenon The Gatherer

Setelah semua informasi yang dibutuhkan berhasil dikumpulkan oleh Eson tentang suatu planet, dia akan memberikan semua informasi itu kepada Gammenon dan kemudian akan mengumpulkan semua subyek uji coba. Gammenon sudah beberapa kali datang ke bumi, untuk melihat perkembangan dari subyek uji coba yang ada dan memberikan pengaruh terhadap perkembangan evolusi spesies di bumi.

Selain manusia, Gammenon juga mengumpulkan data dan menganalisis sampel dari flora dan fauna yang ada di sebuah planet. Setelah tugasnya selesai, dia akan memberikan hasilnya kepada Jemiah The Analyzer, sosok Celestial yang juga secara singkat pernah muncul di MCU.

3. Gamiel The Manipulator

Gamiel menjadi yang termuda dalam daftar ini, di mana dia merupakan rival sekaligus saudara Devron The Experiment. Tugas Gamiel adalah untuk mengawasi suatu planet yang menjadi tempat uji coba para Celestial, dan salah satunya juga dialami oleh Bumi. Menariknya nih Geeks, Gamiel sering berbeda cara pandang dengan saudaranya.

Baik Gamiel dan Devron, keduanya selalu ingin membuktikan teori mana yang paling benar. Bahkan diceritakan bahwa Gamiel dan Devron pernah bertarung. Dan pertarungan keduanya menimbulkan petaka besar. Kabarnya perang abadi antara Kree dan Skull diakibatkan oleh Gamiel dan Devron.

4. Tefral the Surveyor

Tefral memiliki tugas yang mirip dengan Eson the Searcher, di mana Tefral memiliki tugas untuk melakukan survey di sebuah planet. Ketika dia mendatangi planet itu, maka bentuk permukaan serta rancangan pemetaan planet tersebut akan dapat langsung diketahui oleh Tefral. Planet itu jugalah yang akan dijadikan tempat eksperimen para Celestial.

Tefral memiliki tubuh berwarna perpaduan antara ungu dan hijau. Tubuhnya pun sangat tinggi yaitu sekitar 2000 kaki. Tefral jugalah salah satu Celestial yang secara rutin mengunjungi Bumi setiap beberapa ribu tahun. Secara garis besar, kekuatan Tefral sama seperti mayoritas Celestial lainnya, di mana memiliki daya tahan, kecepatan, dan sangat kuat.

5. Exitar the Executioner

Celestial berikutnya yang belum muncul di MCU adalah Exitar. Exitar menjadi salah satu Celestial terkuat sepanjang masa. Dalam sebuah komik Thor Annual #14, terungkap bahwa Exitar memiliki tubuh yang jauh lebih besar melebihi Arishem. Selain lebih besar, Exitar juga sudah dikonfirmasi lebih kuat ketimbang Fourth Celestial Host seperti Arishem, Eson, Oneg, dan Ziran. Exitar memiliki tugas untuk menghancurkan sebuah planet yang gagal melalui ujian yang dibuat Celestial. Exitar pun terbukti cukup mudah untuk menghancurkan sebuah planet.

Menariknya nih Geeks, di komik, Thor pernah mengeluarkan serangan pamungkasnya saat menghadapi Exitar. Tetapi serangan tersebut hanya melubangi helm Exitar, tanpa mengelukainya. Padahal itu adalah serangan terkuat yang pernah Thor keluarkan. Tetapi di komik lain, Exitar juga sebenarnya bisa dikalahkan oleh Thor menggunakan Jarnbjorn.

6. Scathan the Approver

Scathan the Approver memang memiliki tanggung jawab yang berbeda dengan Celestial lainnya, di mana hanya bisa menyetujui suatu keadaan tanpa bisa bertindak lebih jauh. Misalnya ketika seorang entitas bernama Protege membuat ulah dengan menirukan Living Tribunal dan menyerang entitas lain seperti Eternity.

Scathan yang mengetahui hal tersebut tidak menyetujui tidakan yang dilakukan Protege, dan menangkap Protege untuk “diadili”. Meski begitu, Scathan juga memiliki serangan energi yang bahkan diperlihatkan mempengaruhi entitas Eternity dan Living Tribunal. Karena itulah dia juga dianggap sebagai Celestials terkuat yang pernah ada.

Itulah dia Geeks beberapa Celestial yang belum pernah muncul di MCU. Mungkin di masa depan, ada kemungkinan besar jika mereka semua akan muncul, mengingat dunia kosmik akan terus dieksplorasi di sana. Kita nantikan aja ya Geeks!

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/